Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Cara Penggunaan Kompor Gas

Cara Penggunaan Kompor Gas Yang Benar dan Aman

Cara Penggunaan Kompor Gas Yang Benar dan Aman – Kompor gas yang kamu gunakan untuk memasak sehari-hari dapat merusak seluruh rumah jika tidak tau cara penggunaan kompor gas yang benar dan aman.

Sebagai pemilik sekaligus pemakai, kamu harus mengetahui cara mengoperasikan kompor gas dengan benar. Hal ini karena mengetahui cara menggunakannya dengan benar dapat meminimalisir hal-hal negatif yang dapat terjadi.

Pada artikel ini menjelaskan cara penggunaan kompor gas yang benar dan aman, serta membahas komponen pelengkap yang membantu kompor gas menyalakan api sehingga kamu dapat memasak.

Komponen pada Kompor Gas

Di Indonesia penggunaan kompor gas sudah sangat besar dan lebih dari 95% masyarakatnya di negara ini menggunakan kompor gas. Kompor gas banyak digunakan karena energi dari gas dianggap lebih hemat dibandingkan minyak tanah atau kayu.

Perlu diketahui bahwa kompor gas bukan sekedar tabung saja, melainkan ada karet seal, regulator, selang, dan kompor itu sendiri. Karet seal pada tabung LPG biasanya hanya digunakan sekali dan dipasangkan pada tutup tabung. Bagian ini memastikan bahwa gas di dalam tabung tidak akan keluar. Dengan kata lain, mencegah gas bocor dari tabung LPG.

Gascompsuperlock Home

Bagian penting lainnya adalah regulator dan selang yang digunakan untuk mengalirkan gas dari tabung ke kompor. Pada regulator, terdapat bagian terpenting yang terpasang yaitu stopper yang berfungsi secara otomatis. Stopper ini otomatis menyala saat kompor tidak digunakan, sehingga menghentikan aliran gas.

Di bagian kompor sendiri terdapat semacam kran yang memutus aliran gas ke tungku. Komponen ini digunakan untuk mengatur besar kecilnya api saat memasak. Kompor gas merupakan alat memasak yang praktis, namun jangan asal menggunakannya tanpa mengikuti prosedur yang benar.

Mengabaikan prosedur atau cara penggunaan kompor gas yang benar dapat berakibat fatal dan mengancam keselamatan seluruh keluarga. Tapi jangan khawatir, dengan menggunakan kompor gas dan regulator gas terbaik dari Gascompsuperlock.com, kamu akan merasa lebih aman ketika memasak, karena semua perlengkapan dilengkapi dengan teknologi canggih sehingga 100% aman.

Cara Penggunaan Kompor Gas yang Sesuai Prosedur Keselamatan

1. Gunakan Perlengkapan Kompor Berlabel SNI

Cara penggunaan kompor gas yang pertama yaitu menggunakan perlengkapan kompor berlabel SNI. Banyak ledakan tabung gas disebabkan oleh peralatan di bawah standar. Untuk itu, sebagai langkah pencegahan, penting untuk mulai menggunakan kompor gas dengan memilih peralatan yang bertanda Standar Nasional Indonesia (SNI).

Lakukan riset pada saat pembelian untuk memastikan perlengkapan yang kamu beli adalah asli SNI dan bukan palsu. Jangan mudah tergiur dengan harga yang murah. Lebih baik mengeluarkan lebih banyak uang dan membeli peralatan asli sehingga aman digunakan, daripada membeli peralatan murah tetapi berpotensi menimbulkan bencana.

Gascompsuperlock Lazada

2. Pastikan Sirkulasi Udara di Dapur Baik

Pastikan dapur kamu memiliki ventilasi yang baik agar panas dari api kompor dapat keluar dari ruangan saat memasak. Selain itu, gas dapat keluar langsung dari ruangan/rumah jika terjadi kebocoran yang tidak disengaja. Namun, jika dapur kamu tidak memiliki sirkulasi udara yang cukup, buka jendela dan pintu terlebih dahulu sebelum mulai memasak.

3. Jauhkan Tabung dari Bahan yang Mudah Terbakar

Tips dan cara penggunaan kompor gas selanjutnya adalah mengatur penempatan tabung gas. Tahukah kamu jika meletakkan tabung gas terlalu dekat dengan kompor atau bahan lain yang dapat menimbulkan percikan api dapat menyebabkan ledakan.

Penjelasannya, jika tabung gas bocor, gas yang keluar dari tabung bisa langsung disambar api dan berpindah ke bahan yang mudah terbakar. Selain itu, sangat berbahaya untuk mendekatkan kompor minyak dan kompor gas atau menggunakannya bersama-sama di ruangan yang sama. Untuk meminimalkan potensi bahaya, sangat penting untuk memahami teknis penempatan tabung gas dan kompor yang aman.

Baca Juga : 4 Cara Mengatasi Gas yang Bunyi

4. Pastikan Selang dan Regulator Terpasang dengan Baik

Cara penggunaan kompor gas berikutnya yaitu selang dan regulator terpasang dengan baik, Pemasangan selang dan regulator yang tidak tepat seringkali menjadi penyebab kecelakaan ringan. Oleh karena itu, sebelum menyalakan kompor gas, pastikan selang sudah terhubung dengan benar ke regulator.

Pastikan juga regulator terpasang erat pada mulut tabung gas. Jika kamu mendengar suara mendesis atau bau gas, berarti regulator tidak terpasang dengan benar.

Pertama, perbaiki posisinya dengan menekan tuas pengaturnya hingga terdengar bunyi “klik”. Lakukan ini sebelum menyalakan kompor. Selain itu, pastikan selang gas tidak tertekuk atau terjepit karena dapat membatasi aliran gas dari tabung ke kompor. Selang yang tertekuk dapat dengan mudah menjadi rapuh dan pecah atau menyebabkan kebocoran gas.

Jadi selalu pastikan selang gas dan regulator terpasang dengan benar dan ingat untuk melakukan pengecekan rutin setiap minggu.

5. Perhatikan peletakkan kompor dan tabung gas

Cara penggunaan kompor gas yang terakhir adalah penempatan tabung harus aman dari segala gangguan. Selalu letakkan kompor dan tabung gas di permukaan yang datar dan kokoh.

Jika tabung gas diletakkan di atas permukaan yang tidak rata atau jika ada benda yang bertumpuk, maka tabung gas bisa jatuh. Jika perlu, siapkan potongan kayu yang rata sebagai alas tabung gas. Kayu ini membantu memperlambat penyusutan gas saat diletakkan diatas lantai.

Resiko lainnya adalah selang dan regulator dapat tertarik dan menjadi longgar seiring waktu. Longgarnya regulator ini, pada akhirnya dapat menyebabkan gas bocor dan menyebabkan ledakan.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Regulator Gas yang Mampet

Insiden seperti ini sudah jarang terjadi karena adanya regulator gas terbaik dari Gascompsuperlock.com yang memiliki teknologi canggih 100% aman. Mungkin itu saja tips dan cara penggunaan kompor gas yang benar dan aman. Semoga bermanfaat!

Gascompsuperlock Instagram