Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Perbedaan Dapur Bersih dan Dapur Kotor

4 Perbedaan Dapur Bersih dan Dapur Kotor

4 Perbedaan Dapur Bersih dan Dapur Kotor – Dapur merupakan ruangan yang sangat penting di dalam rumah. Hal ini karena berbagai hidangan untuk keluarga datang dari dapur setiap harinya. Tidak jarang dapur didesain dengan memperhatikan secara detail agar fungsionalitas dapur sesuai dengan kebutuhan kamu.

Bahkan, sebagian orang menggunakan dua jenis dapur sekaligus dalam satu rumah dan menyamakan dapur kotor dengan dapur bersih. Meskipun kedua dapur tersebut mirip, akan tetapi sangat berbeda. Kedua jenis dapur ini sangat berbeda dalam penataan, desain, dan fungsinya.

Namun, kebanyakan orang tidak mengetahui perbedaan dapur bersih dan dapur kotor. Bagi kamu yang penasaran dengan perbedaan dapur bersih dan dapur kotor. Gascomp akan membagikan informasi selengkapnya melalui ulasan dibawah ini.

Perbedaan Dapur Bersih dan Dapur Kotor

1. Perbedaan Letak Dapur

Perbedaan dapur bersih dan dapur kotor yang pertama adalah letaknya. Umumnya, dapur yang bersih dibuat menyatu dengan ruangan lain seperti ruang makan dan ruang keluarga. Berbeda dengan dapur kotor yang biasanya terpisah dengan ruangan lainnya.

Bahkan dapur kotor biasanya dikelilingi dengan tembok dan dilengkapi pintu. Namun, jika tidak ingin dapur kamu terlalu tertutup dan pengap, kamu bisa menggunakan tirai untuk membuat banyak jendela di dapur kamu.

Tujuannya untuk melancarkan sirkulasi udara di dapur. Selain itu, lebih banyak jendela memungkinkan lebih banyak sinar matahari masuk ke dapur, sehingga lebih sehat.

2. Perbedaan Fungsi Dapur

Perbedaan dapur bersih dan dapur kotor selanjutnya adalah fungsinya. Banyak orang yang mengira bahwa kedua dapur ini memiliki fungsi yang sama. Jika dilihat secara detail, kedua dapur tersebut mirip tetapi memiliki fungsi yang berbeda.

Dapur bersih biasanya digunakan untuk memasak makanan ringan seperti memanaskan makanan, memotong buah dan kue, membuat minuman, dan memasak makanan cepat saji. Oleh karena itu, dapur bersih tidak memiliki peralatan masak yang lengkap dan hanya peralatan masak dasar saja yang diletakkan di dapur ini.

Dapur kotor digunakan untuk kegiatan memasak yang sesungguhnya. Kegiatan memasak ringan, sedang, hingga kompleks bisa dilakukan di dapur ini. Misalnya, membersihkan bahan makanan, membuat bumbu, hingga mengolah makanan mentah menjadi santapan lezat untuk keluarga kamu.

3. Perbedaan Desain

Perbedaan dapur bersih dan dapur kotor berikutnya adalah desainnya. Dapur yang bersih biasanya lebih rapi dan bersih. Karena dapur bersih biasanya dibuat menyatu dengan ruangan lainnya. Oleh karena itu, penting untuk tampil rapi dan bersih.

Sedangkan dapur kotor sebaliknya, biasanya didesain lebih sederhana. Dapur kotor juga dipisahkan dari ruangan lain yang sengaja dibuat tidak terlihat dari dalam rumah. Namun pada dapur kotor ini, kamu perlu memberikan ventilasi yang baik agar dapur tidak pengap dan kamu bisa memasak dengan nyaman.

Baca Juga : 4 Cara Membersihkan Burner Kompor Gas

4. Perbedaan Jenis Peralatan

Karena kedua jenis dapur ini memiliki fungsi yang berbeda, peralatan di dapur juga berbeda. Pada dapur bersih, biasanya jenis peralatan lebih sederhana dan lebih sedikit. Peralatan memasak yang tersedia biasanya berupa kompor, wajan, blender, pisau, dan beberapa peralatan memasak dasar lainnya.

Sedangkan dapur kotor memiliki berbagai macam peralatan masak mulai dari yang dasar seperti chopper, oven dan masih banyak lagi. Jadi pada dapur kotor peralatannya lebih banyak daripada dapur bersih.

Baca Juga : 4 Cara Membersihkan Kompor Gas Biar Apinya Biru

Itulah informasi mengenai perbedaan dapur bersih dan dapur kotor. Semoga memberikan wawasan tentang perbedaan antara keduanya. Semoga bermanfaat! Dengan menggunakan kompor gas tanam dan regulator gas terbaik akan semakin memperindah area dapur kamu. Dapatkan regulator gas terbaik berkualitas tinggi dan sudah standar SNI di Gascompsuperlock.com. Hanya disini kamu akan menemukan berbagai macam regulator gas dan peralatan kompor gas berkualitas.