Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Cara Menata Dapur Sempit Sederhana 4

Cara Menata Dapur Sempit Sederhana, Mudah Tanpa Ribet!

Cara Menata Dapur Sempit Sederhana, Mudah Tanpa Ribet! – Dapur merupakan hal yang sangat penting di dalam rumah. Belum lengkap rasanya jika rumah kamu tidak memiliki dapur yang mumpuni untuk menunjang aktivitas memasak dan makanan berkualitas.

Tentu dapur yang sederhana dan bersih membuat aktivitas memasak menjadi menyenangkan. Sayangnya, masih banyak orang yang menata perabot dapurnya secara tidak tepat sehingga terlihat sumpek dan berantakan.

Sebenarnya, ada beberapa cara menata dapur sempit sederhana dan membuat dapur kamu terlihat lebih luas meski di ruang yang kecil. Berikut 5 cara menata dapur sempit sederhana.

5 Cara Menata Dapur Sempit Sederhana

Dapur yang sempit sebaiknya ditata supaya bisa digunakan dengan baik dan sirkulasi udara menjadi lancar. Kenapa? Sebab udara bersih sangat dibutuhkan untuk kualitas makanan yang baik dan mengatur aroma di dapur. Berikut cara menata dapur sempit sederhana terlihat menarik.

Manfaatkan Ruang Kosong

Cara Menata Dapur Sempit Sederhana

Perhatikan sisi kosong yang ada pada ruang dapur kamu. Ada beberapa cara untuk menggunakan ruang kosong tanpa membuat daput terlihat sempit, yaitu:

  • Menggantung peralatan masak dengan pengait di ruang dapur yang kosong. Tempatkan gantungan sedikit lebih tinggi, tetapi masih mudah dijangkau.
  • Rak vertikal dengan desain sederhana dan murah. Selain bentuknya yang unik, harganya juga relatif murah.
  • Mirip dengan konsep kulkas, gunakan sisi pintu kulkas untuk meletakkan atau menggantung bahan-bahan dapur. Kamu dapat menggunakan rak kayu rakitan atau rangka rak besi.

Gunakan Konsep Desain L

Cara Menata Dapur Sempit Sederhana 2

Cara menata dapur sempit sederhana selanjutnya adalah konsep dapur ‘L’, yang menempel pada dinding di satu sisi. Selain itu, bagian bawah juga bisa digunakan sebagai rak peralatan dapur.

Sebagai saran, kamu bisa menggunakan warna kayu pilihan agar dapur kamu terlihat natural dan elegan. Gunakan juga warna-warna yang kamu sukai dan warna-warna terang yang mencerahkan suasana hati kamu selama beraktivitas di dapur. Menggunakan konsep dapur L dengan warna yang tepat akan membuat dapur kamu simpel dan cantik.

Tentukan Zona di Dapur

Cara Menata Dapur Sempit Sederhana 3

Pastikan untuk menentukan zona dapur yang sesuai agar aktivitas memasak tetap efisien dan bersih. Jadi kamu tidak perlu menggunakan area memasak untuk menyiapkan makanan atau mencampurnya di meja makan.

Zona-zona tersebut seperti:

  • Zona memasak. Zona ini berisi kompor dan terletak di dekat area persiapan makanan. Zona ini biasanya mencakup talenan, pisau, dan wajan.
  • Zona penyimpanan. Menempatkan zona ini di dekat wastafel supaya memudahkan kamu mengatur peralatan makan. Juga, tentukan area penyimpanan dan saringan.
  • Zona pantry. Zona ini harus menjadi tempat yang nyaman untuk menyiapkan dan mengatur makanan. Kelompokkan berdasarkan kategori seperti makanan kaleng, sereal, dan junk food supaya membuatnya lebih mudah ditemukan.
  • Zona makan. Jangan lupakan zona ini untuk menikmati makanan. Gunakan alas piring dan taplak meja yang bersih untuk menjaga kebersihan makanan.

Baca Juga : Nama Alat Dapur dan Gambarnya, Wajib Kamu Punya!

Hadirkan Jendela

Cara Menata Dapur Sempit Sederhana 4

Cara menata dapur sempit sederhana adalah dengan membuat ventilasi. Jika dapur kamu terlihat elegan dan luas, namun udara yang terbatas tetap membuat dapur terasa pengap.

Jadi apa solusinya? Sebelum menata dapur, ingatlah untuk menentukan posisi jendela terlebih dahulu. Konsep dapur kecil dengan jendela besar juga bisa digunakan agar terlihat lebih luas. Gunakan jendela sedang atau besar untuk sirkulasi udara yang lebih baik. Selain akan terlihat lebih lega dan udara segar dapat bersirkulasi.

Meja Makan Lipat di Dinding

Cara Menata Dapur Sempit Sederhana 5

Langkah penting untuk menghindari tata letak dapur yang sempit adalah dengan menjauhkan barang-barang dari orang yang lewat. Itulah mengapa penting memiliki tempat untuk meletakkan peralatan masak di dinding.

Baca Juga : Kompor Tanam Pakai Gas atau Listrik, Simak Penjelasannya

Salah satu perabot terpenting di dapur adalah meja makan. Seringkali meja ini memakan banyak ruang dan membuat dapur semakin kecil. Solusinya, gunakan meja panjang yang menempel ke dinding. Setelah selesai makan, kamu bisa melipatnya supaya terlihat lebih luas.

Tertarik untuk menata dapur dengan cara-cara di atas? Nah, untuk melengkapi semua langkah dan cara menata dapur sempit sederhana sesuai keinginan, Gunakan kompor dan regulator gas terbaik dari Gascomp agar perlatan dapur kamu terlihat lebih menarik.