Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Cara Menghilangkan Bau Gosong Pada Nasi yang Dimasak Menggunakan Kompor

Cara Menghilangkan Bau Gosong Pada Nasi yang Dimasak Menggunakan Kompor – Tahukah kamu bahwa menanak nasi menggunakan kompor adalah cara yang sangat tradisional.

Namun para ibu rumah tangga sering melakukannya karena memasak nasi menggunakan kompor tentunya berbeda dengan memasak nasi menggunakan rice cooker.

Penyebab Bau Gosong Pada Nasi yang Dimasak Menggunakan Kompor

Sebelum membahas bagaimana cara menghilangkan bau gosong pada nasi, tentunya kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa penyebabnya.

Apabila kamu tidak mengetahui penyebabnya, maka kamu tidak dapat mengambil tindakan yang tepat. Berikut beberapa penyebab bau gosong pada nasi.

Gascompsuperlock Home

1. Salah Takaran Air dan Beras

Kesalahan yang biasanya terjadi saat memasak nasi menggunakan kompor adalah takaran air dan beras. Hal tersebut akan menyebabkan nasi menjadi terlalu lunak atau terlalu keras.

Dengan begitu, kamu perlu memperhatikan apakah takaran air dan beras sudah benar. Ketika kamu menanak nasi menggunakan kompor, kamu bisa menggunakan langkah berikut untuk menentukan jumlah beras dan air.

  • 200 gram beras bulir pendek membutuhkan 354 mililiter air.
  • 185 gram beras bulir panjang membutuhkan 414 mililiter air.
  • 190 gram beras cokelat membutuhkan 473 mililiter air.

2. Tidak Mencuci Beras Sebelum Dimasak

Kesalahan lainnya yang biasanya terjadi saat menanak nasi adalah tidak mencuci beras terlebih dahulu sebelum dimasak. Karena hal tersebut dapat menyebabkan nasi menjadi lengket ketika sudah matang.

Cara terbaik untuk mencegahnya adalah dengan mencuci beras terlebih dahulu untuk menghilangkan bubuk tepung pati yang ada pada beras.

Kamu juga bisa menambahkan sedikit minyak atau mentega saat memasak nasi agar nasi tidak menjadi lengket.

Baca Juga : Desain Dapur Minimalis 3×2 Sederhana dan Estetik!

3. Tidak Menutup Rapat Panci

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan saat menanak nasi adalah tidak menutup panci dengan benar.

Apabila tutup panci tidak tertutup rapat, maka uap yang bertugas untuk mematangkan nasi menjadi keluar.

Hal tersebut bisa menyebabkan nasi menjadi terlalu keras ketika sudah matang. Apabila tutup panci tidak bisa tertutup rapat, kamu bisa melapisi tutup panci menggunakan serbet atau kain bersih.

4. Nyala Api Terlalu Besar

Penggunaan api ketika menanak nasi juga perlu diperhatikan. Bagian bawah nasi sering gosong karena menggunakan api yang terlalu besar.

Oleh karena itu, saat menanak nasi pastikan memasaknya menggunakan api kecil atau nyala terendah.

Sebaiknya, uap dari air yang berfungsi untuk membuat nasi menjadi matang, bukan api kompor. Selain itu, saat menanak nasi jangan menggunakan panci yang bagian bawahnya terlalu tipis.

Gascompsuperlock Tokopedia

5. Mengaduk Nasi saat Baru Matang

Kesalahan lain yang biasanya terjadi saat menanak nasi menggunakan kompor yaitu langsung mengaduk nasi ketika baru matang.

Hal tersebut bisa menyebabkan nasi tidak matang secara merata. Oleh karena itu, sebaiknya tunggu sampai 15 menit supaya sisa panas menyebar secara merata. Tidak perlu terburu-buru.

Cara Menghilangkan Bau Gosong Pada Nasi

Apabila kamu memasak nasi menggunakan cara tradisional, bagian bawah nasi dapat menjadi gosong jika dibiarkan.

Tetapi jangan khawatir, supaya tidak semakin memburuk, silahkan bilas menggunakan saringan, kemudian tiriskan.

Apabila nasi masih lengket dan gosong, kamu masih bisa menyelamatkannya dengan cara menggunakan sisa nasi gosong untuk membuat nasi goreng.

Itulah penyebab dan cara menghilangkan bau gosong pada nasi. Semoga bermanfaat! Lengkapi kebutuhan dapur kamu seperti kompor dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI, silahkan kunjungi Gascompsuperlock.com untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Gascompsuperlock Instagram