Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Cara Menyimpan Frozen Food Tanpa Kulkas Supaya Tetap Awet

Cara Menyimpan Frozen Food Tanpa Kulkas Supaya Tetap Awet – Peluang usaha frozen food semakin berkembang, karena banyak orang yang sibuk bekerja sehingga tidak memiliki waktu untuk memasak.

Kondisi ini banyak orang yang memutuskan membeli frozen food karena lebih praktis untuk dimasak. Bagi kamu yang ingin mengambil kesempatan usaha frozen food, kamu dapat memulai bisnis ini dengan menjual berbagai macam produk seperti daging ayam, daging sapi, sayuran, aneka dimsum, dan lain sebagainya.

Frozen Food biasanya disimpan di kulkas, tetapi bisnis ini bisa juga dilakukan tanpa menggunakan kulkas.

Sehingga kamu tidak perlu khawatir jika kamu tidak mempunyai kulkas atau jika kulkas sudah penuh. Bagaimana caranya? Berikut cara menyimpan frozen food tanpa kulkas.

Gascompsuperlock Home

5 Cara Menyimpan Frozen Food Tanpa Kulkas

Menyimpan frozen food sebaiknya diletakkan pada suhu -18 derajat celcius untuk menjaga kualitas produk tersebut.

Tetapi jika kamu tidak mempunyai kulkas atau kulkas kamu sudah penuh, kamu bisa mengatasi masalah ini dengan beberapa cara di bawah ini.

1. Jangan Membuka Kemasan Produk

Sebaiknya jangan membuka kemasan produk baik yang terbuat dari plastik, alumunium atau bahan lainnya, karena kemasan tersebut berguna untuk melindungi makanan dan menjaganya supaya tetap segar.

Perhatikan juga segel kemasan dalam kondisi rapat sebelum diberikan kepada konsumen. Buatlah kemasan yang menarik karena sangat penting dalam pemasaran produk.

Kemasan berfungsi untuk melindungi makanan agar tidak terkontaminasi oleh bakteri, dan bertujuan agar konsumen tertarik dengan produk yang ditawarkan.

2. Gunakan Kemasan Vakum

Kamu dapat menggunakan kemasan vakum. Kemasan vakum bisa menghilangkan udara sebelum produk di segel. Sehingga membuat makanan lebih tahan lama dan biasanya bertahan sampai 15 hari.

Udara yang dihilangkan dapat menjaga produk dari oksidasi yang membuat makanan menjadi cepat rusak, dan mencegah bakteri masuk ke dalam makanan. Pengemasan vakum dapat dilakukan secara manual atau dengan mesin otomatis.

3. Gunakan Air Dingin

Cara menyimpan frozen food tanpa kulkas selanjutnya adalah menggunakan air dingin. Sediakan wadah yang cukup besar untuk menampung kemasan makanan, lalu isi dengan air dingin.

Selanjutnya masukkan makanan beku ke dalam wadah tersebut. Jangan lupa untuk mengganti air tersebut setiap 2 jam sekali agar suhu tetap dingin

Gascompsuperlock Shopee

4. Pilih Ruangan Yang Dingin

Cara menyimpan frozen food tanpa kulkas berikutnya yaitu simpan di ruangan yang dingin. Kamu bisa menggunakan pendingin ruangan atau air conditioner untuk membuat suhu yang dingin. Dan hindari produk dari tempat yang terkena sinar matahari langsung.

5. Stok Produk Dalam Jumlah Yang Cukup

Sebelum mengambil barang dari pemasok, yang perlu kamu perhatikan adalah menghitung jumlah persediaan yang kamu butuhkan supaya tidak terlalu banyak.

Oleh karena itu, makanan dapat dikirim langsung ke konsumen tanpa menyimpan produk dalam waktu yang lama.

Penyimpanan yang terlalu lama bisa mempengaruhi kualitas makanan, seperti perubahan warna, bintik gelap, dan pertumbuhan jamur. Pastikan produk tetap berkualitas sebelum di jual ke konsumen.

Itulah beberapa cara menyimpan frozen food tanpa kulkas. Walaupun suhu optimal untuk menyimpan makanan beku adalah -18 derajat Celcius atau lebih rendah, terdapat solusi praktis yang bisa kamu gunakan jika kamu tidak mempunyai kulkas atau isi kulkas sudah terlalu banyak.

Mulai dari penyegelan kemasan, penggunaan kemasan vakum, penggunaan air dingin, pemilihan ruang dingin, hingga memastikan stok produk yang cukup.

Baca Juga : Modal Usaha Rumah Makan Yang Harus Diperhatikan

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat menjalankan bisnis makanan beku secara efektif tanpa bergantung pada kulkas.

Jadi jangan ragu untuk memanfaatkan peluang bisnis yang satu ini dan memberikan pilihan makanan yang praktis dan lezat kepada konsumen kamu. Semoga membantu! Lengkapi kebutuhan dapur kamu seperti kompor dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI, silahkan kunjungi Gascompsuperlock.com untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Gascompsuperlock Instagram