Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

cara memasang gas elpiji yang susah menyala

6 Cara Memasang Gas Elpiji Yang Susah Menyala

6 Cara Memasang Gas Elpiji Yang Susah Menyala – Kompor gas di rumah kamu tiba-tiba tidak bisa dinyalakan karena suatu hal. Namun, jika kamu tidak tau mengapa kompor gas kamu tidak mau hidup, tidak perlu khawatir. Pada artikel ini akan dijelaskan cara memasang gas elpiji yang susah menyala dan menemukan solusi yang tepat agar kompor kamu berfungsi kembali.

Kompor gas yang sudah lama tidak digunakan tentunya berbeda kualitasnya dengan kompor gas yang masih baru. Ada banyak penyebab kompor gas tidak mau hidup. Berikut beberapa penyebab kompor gas tidak mau hidup dan cara memasang gas elpiji yang susah menyala.

Cara Memasang Gas Elpiji Yang Susah Menyala

1. Saluran Kompor Tersumbat

Hal ini biasanya karena aliran gas dari tabung LPG ke kompor tersumbat. Masalah utamanya mungkin selang dan regulator yang rusak. Untuk mengatasinya, posisikan kembali dudukan regulator selang kompor dan pastikan tertutup rapat untuk mencegah kebocoran. Gunakan karet supaya pemasangan regulator pada ujung gas dapat lebih kuat dan rapat.

Gascompsuperlock Home

2. Terdapat Kerak

Kompor gas yang kotor terutama di area tungku, dapat menjadi penyebab utama api tidak bisa menyala karena tersumbat kerak yang membandel. Oleh karena itu kompor harus dibersihkan dari kotoran dan kerak supaya api dapat menyala dengan lancar.

3. Kompor Lembab dan Terkena Air

Jika kamu tidak sengaja memercikkan air ke atas kompor, otomatis api akan mati. Saat dihidupkan kembali, api akan sulit menyala karena sisa percikkan air pada tungku kompor. Simpan kompor di ruangan yang kering dan berventilasi baik.

Gascompsuperlock Tokopedia

4. Gas Habis

Jika kompor gas kamu tidak menyala, mungkin gasnya habis. Kompor tidak dapat menyala tanpa sumber bahan bakar. Solusi dalam hal ini adalah membeli tabung LPG baru sebagai penggantinya.

Periksa regulator untuk melihat apakah gas sudah habis atau belum. Saat jarum kompas menunjukkan warna merah artinya gas memang sudah habis. Namun, jika penanda tersebut rusak, kamu dapat memeriksa apakah ada bunyi desis di kompor gas.

Baca Juga : 4 Cara Mengatasi Gas yang Bunyi

5. Regulator Bermasalah

Regulator adalah komponen penting yang harus ada untuk menghubungkan selang, kompor, dan tabung LPG. Jika ada masalah pada regulator, maka secara otomatis akan memutus aliran gas ke kompor dan menyebabkan api tidak mau menyala.

Hal ini sering disebabkan oleh bola-bola gotri yang menghalangi lubang ventilator gas. Coba ketuk bagian atas regulator beberapa kali agar kamu dapat memposisikan ulang gotri tersebut. Kamu juga bisa pesan regulator gas terbaik di Gascompsuperlock

6. Selang Bocor

Selang adalah bagian yang menyalurkan gas dari tabung elpiji ke kompor. Jika selang bocor, gas di dalam tabung otomatis akan berhenti mengalir ke kompor. Kamu dapat mengetahui apakah ada bau gas yang menyengat dengan cara mengendus gas tersebut.

Jika kamu mencium bau gas yang menyengat, kamu mungkin mengalami kebocoran selang. Kamu dapat mengganti dengan selang yang baru.

Baca Juga : Cara Penggunaan Kompor Gas Yang Benar dan Aman

Itulah beberapa cara memasang gas elpiji yang susah menyala dan sangat mudah untuk diatasi. Hal terpenting saat kompor kamu tidak mau menyala adalah mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu.

Gascompsuperlock Instagram