Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Cara Menggunakan Kompor Tanam

Cara Menggunakan Kompor Tanam Dengan Mudah

Cara Menggunakan Kompor Tanam Dengan Mudah – Bingung cara menggunakan kompor tanam di rumah? Jangan khawatir, memasang kompor gas tanam sangatlah mudah. Saat ini banyak orang yang memilih kompor gas tanam karena desainnya yang modern dan minimalis. Kompor gas ini menyatu bersama dengan kitchen set sehingga tidak memakan banyak ruang di dapur.

Saat ini Kompor Infrared Gas merk Gascomp sangat populer di kalangan rumah para milenials. Kompor gas tanam ini memiliki desain minimalis dan elegan yang akan mempercantik dapur kamu dan meningkatkan mood memasak.

Kompor gas tanam menjadi salah satu jenis kompor yang banyak diminati karena membuat dapur terlihat lebih modern dan elegan, rata-rata masyarakat masih bingung cara menggunakan kompor tanam, kamu tidak perlu khawatir, pada artikel ini akan dijelaskan semua cara menggunakan kompor tanam dengan mudah.

9 Cara Menggunakan Kompor Tanam

Memasang kompor gas tanam tidak seseram kelihatannya. Prosedur pemasangan harus dilakukan dengan hati-hati dan dalam urutan yang benar dari awal hingga akhir. Untuk memasang kompor gas tanam harus mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Pemilihan Jenis dan Ukuran Kompor Tanam yang Sesuai

Untuk alasan keamanan, pastikan kamu memiliki ukuran kompor yang tepat sebelum membeli kompor tanam. Untuk menghindari kebakaran, disarankan untuk meletakkan kompor tanam dengan jarak 70 cm dari kitchen set di bagian atas kompor. Tempatkan peralatan dapur lainnya berjauhan.

2. Menghentikan Aliran Gas

Jenis gas yang digunakan pada kompor tanam adalah LPG, namun ada juga yang menggunakan sumber listrik untuk menyalakan api. Untuk memastikan keamanan selama pemasangan, putar knob tegak lurus untuk menghentikan aliran gas.

3. Nyalakan Tungku Sementara

Khawatir masih ada gas di dalam selang, nyalakan semua kompor selama beberapa detik supaya gas yang tersisa didalam selang bisa dikeluarkan.

4. Lepaskan Aliran Gas

Gunakan kunci inggris untuk memasang mur di pipa dinding dan selang gas. Tahan kunci yang terpasang pada pipa dinding dan putar kunci yang terpasang pada selang gas berlawanan arah jarum jam untuk melepaskannya.

5. Pasang Selang Kompor Tanam

Hubungkan ujung selang ke bagian hose end di bagian bawah kompor dan sambungkan ke regulator untuk ujung selang satunya. Ingatlah untuk menggunakan ring di setiap ujung selang agar tidak terlepas saat digunakan.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Regulator Gas yang Mampet

6. Letakkan Kompor Tanam

Letakkan kompor tanam secara perlahan dan berhati-hati agar tidak merusak katup-katup yang ada di bawah. Ingatlah untuk memasukkan selang ke dalam lubang sebelum kompor diletakkan pada posisinya.

7. Pasang Selang Fleksibel

Kencangkan selang fleksibel dengan kunci inggris. Sebelum mengencangkan selang, oleskan perapat pada ulir di sambungan pipa dinding.

8. Tes Kebocoran Menggunakan Sabun dan Air

Buat larutan sabun dan air untuk memeriksa kebocoran. Larutan tersebut harus diaduk hingga rata lalu disemprotkan pada semua sambungan. Katup pipa gas harus diputar hingga searah dengan aliran gas.

Jika tidak ada bau gas dan tidak ada gelembung udara di sambungan, saluran gas aman dan bebas bocor. Namun, jika ditemukan kebocoran, segera menutup katup dan oleskan perapat lebih banyak lagi, setelah itu sambungkan kembali.

9. Nyalakan Tungku

Setelah uji kebocoran selesai dan semuanya terlihat baik, kamu dapat menyalakan kompor untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Tunggu hingga menyala.

Baca Juga : 6 Keunggulan dan Kekurangan Kompor Gas Infrared

Cara menggunakan kompor tanam di atas sangatlah mudah. Ikuti instruksi untuk menghindari kesalahan selama pemasangan. Proses pemasangan harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak menimbulkan kebakaran atau hal-hal yang tidak diinginkan. Supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, gunakan kompor gas dan regulator gas terbaik dari Gascomp, karena semua perlengkapan dilengkapi dengan teknologi canggih sehingga 100% aman.