Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Keunggulan dan Kekurangan Kompor Gas Infrared

6 Keunggulan dan Kekurangan Kompor Gas Infrared

6 Keunggulan dan Kekurangan Kompor Gas Infrared – Ada beberapa jenis kompor yang beredar di pasaran, salah satunya kompor gas infrared. Pada artikel ini akan dijelaskan keunggulan dan kekurangan kompor gas infrared.

Memasak adalah hobi yang lumrah, terutama bagi ibu rumah tangga. Kegiatan memasak tidak lepas dari media pembakaran seperti kompor.

Penggunaan kompor dalam memasak sangat penting untuk mengolah jenis hidangan yang berbeda. Memilih kompor yang bagus dapat memberikan hasil memasak yang efisien dan proses memasak yang cepat.

Kompor gas infrared adalah jenis kompor gas yang menggunakan teknologi pembakaran yang canggih dengan menggunakan radiasi infra merah sebagai mekanisme pembakarannya.

Dengan begitu, kegiatan memasak dapat dilakukan dengan lebih aman, bersih dan efektif menggunakan kompor seperti ini.

Kompor gas infrared ini memiliki keunggulan karena mampu menghancurkan zat aktif berbahaya seperti karbon monoksida dan nitrat oksida.

Jenis kompor gas ini benar-benar tidak ada asap sama sekali. Selain itu, kompor gas infrared dapat memaksimalkan hasil pembakaran dari tabung gas yang keluar, sehingga hasil pembakaran lebih sempurna. Hal ini terjadi karena kompor gas infrared ini dapat mencapai tingkat panas yang jauh lebih tinggi.

Hal ini juga berdampak pada waktu memasak, dengan kompor yang berfungsi menghasilkan suhu tinggi lebih cepat, maka panas yang dihasilkan otomatis bisa lebih cepat. Dengan begitu, memasak tidak lagi memakan waktu yang lama.

Kompor gas infrared berbeda dengan kompor jenis lain, karena kompor gas biasa memiliki mekanisme pembakaran yang diinduksikan melalui percikan api dari pemantik listrik (yang biasa diputar oleh tangan).

Meskipun sama-sama menggunakan gas, namun kompor gas infrared menggunakan inframerah untuk mengkonsumsi gas, yang berarti kompor infrared tidak mengeluarkan api seperti yang terlihat pada kompor gas biasa. Gunakan kompor gas dan regulator gas terbaik dari Gascomp, karena semua perlengkapan dilengkapi dengan teknologi canggih sehingga 100% aman.

Keunggulan dan Kekurangan Kompor Gas Infrared

Sebelum kamu mengoperasikan kompor gas infrared, kamu dapat mempelajari berbagai keunggulan dan kekurangan kompor gas infrared. Berikut penjelasannya.

Keunggulan Kompor Gas Infrared

1. Hemat gas 40% lebih irit dari kompor gas biasa.
2. Mencegah timbulnya gas karbon monoksida dan nitrogen oksida.
3. Tidak membuat peralatan masak menjadi hitam/kotor.
4. Desain elegan dan dapat mencegah tangan kamu terkena panasnya api.
5. Kompor dilindungi dengan kaca, sehingga mudah dibersihkan.
6. Daya tahan yang kuat

Kekurangan Kompor Gas Infrared

1. Harganya sangat mahal
2. Permukaan produk kaca rentan pecah
3. Kurangnya teknisi dibandingkan dengan kompor gas biasa

Cara Kerja Kompor Infrared

Kompor gas infrared memiliki mekanisme kerja dengan cara mengubah hasil pembakaran dari gas panas menjadi radiasi infrared. Mekanisme ini dikatakan menghemat sebanyak 40% dari energi gas dibandingkan dengan penggunaan kompor gas biasa.

Dilansir dari hunker, infrared menghasilkan radiasi elektromagnetik dengan panjang gelombang lebih panjang dari cahaya yang terlihat.

Tentu saja, gelombang ini tidak dapat dilihat dengan mata manusia, tetapi panasnya dapat dirasakan. Menariknya, semua panasnya adalah hasil dari radiasi infrared.

Baca Juga : Cara Menggunakan Kompor Tanam Dengan Mudah

Fitur Kompor Gas Infrared

Kompor gas infrared adalah kompor modern menggunakan komponen khusus dengan inframerah untuk mekanisme pengoperasiannya. Pembakaran yang dihasilkan menghasilkan panas lebih cepat, sehingga proses memasak dapat diselesaikan dengan cepat.

Kompor Modern

Dengan mode pengoperasian yang canggih, jenis kompor ini juga didukung dengan tampilan yang elegan. Kesan modern sangat melekat pada penggunaan kompor jenis ini, biasanya kompor gas infrared sering ditemukan dengan berlapiskan kaca, sehingga mudah dibersihkan dan menambah nilai estetika.

Baca Juga : Perbedaan Regulator Tekanan Tinggi dan Rendah, Wajib Tahu!

Kompor gas infrared adalah jenis kompor canggih yang benar-benar dapat mengurangi kemungkinan kerusakan pada kompor. Dengan berbagai keunggulan dan kekurangan kompor gas infrared, penggunaan kompor ini sangat dianjurkan untuk proses memasak yang lebih efisien. Selain menghemat penggunaan gas, proses memasak juga jauh lebih cepat dari kompor gas biasa.