Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

cara memasang gas elpiji

Cara Memasang Gas Elpiji yang Benar dan Aman

Cara Memasang Gas Elpiji yang Benar dan Aman – Selain keterampilan memasak yang baik, kamu juga membutuhkan kemampuan memasang tabung gas sendiri. Memasang tabung gas ke kompor tidak serumit atau menakutkan seperti yang kamu bayangkan.

Yang penting jangan takut saat mempraktikannya agar bisa memasang tabung gas dengan benar dan aman. Berikut beberapa cara memasang gas elpiji yang mudah dan aman.

7 Cara Memasang Gas Elpiji yang Benar dan Aman

1. Pastikan sirkulasi udara di dapur lancar untuk meminimalisir terjadinya ledakan saat tabung gas bocor

Buka jendela dan pintu lebar-lebar selama pemasangan tabung gas dan memeriksa kebocoran tabung gas. Cara ini bisa menghindari ledakan jika tabung gas benar-benar bocor saat pemasangan.

2. Pastikan tabung gas tidak mengalami kebocoran sebelum memulai pemasangan.

Sebelum memasang tabung gas, kamu perlu memastikan bahwa tabung gas tidak bocor. Karena tabung gas bocor yang tersambung dengan kompor yang menyala dapat menyebabkan kebakaran. Jauhkan tabung gas terlebih dahulu dari api dan pastikan selang tidak terjepit benda berat lainnya. Kemudian periksa kebocoran selang dengan mengoleskan air sabun ke leher selang. Jika muncul gelembung, jangan gunakan tabung gas tersebut karena berpotensi bocor.

3. Sebelum memasang tabung gas, pastikan juga kompor sudah dimatikan.

Matikan kompor sebelum memasang tabung gas untuk menghentikan aliran gas dari tabung ke kompor sehingga meminimalkan kebakaran. Disarankan untuk membersihkan kompor terlebih dahulu.

4. Pastikan juga rubber seal atau karet penahan masih lentur, halus dan tidak sobek.

Rubber seal adalah karet yang melingkari leher tabung, dan fungsinya untuk menahan tekanan jarum pada regulator, orang-orang sering menyebutnya karet seal.

Untuk menjamin keamanan saat memasang gas, cara memasang gas elpiji selanjutnya adalah memastikan karet seal masih lentur, halus, dan tidak sobek, serta sesuai dengan diameter leher tabung gas.

Jika kamu merasa bahwa karet seal bawaan tabung gas kamu kurang bagus, kamu dapat membeli karet seal berkualitas dari toko-toko terdekat.

Baca Juga : Cara Mencabut Regulator Gas yang Baik dan Benar

5. Setelah memastikan rubber seal terpasang dengan benar, langkah selanjutnya adalah memasang regulator.

cara memasang gas elpiji selanjutnya adalah dengan memasang regulator. Pasang regulator secara tegak lurus pada leher tabung gas. Tekan sekuat tenaga untuk memastikan jarum regulator tertancap kuat di leher tabung.

Jika sudah pas, putar penguncinya (biasanya di samping regulator) searah jarum jam atau hingga posisi kemiringannya 180 derajat. Biasanya, jarum regulator akan bergerak ke kanan jika regulator dipasang dengan benar.

6. Jika terdengar suara mendesis setelah pemasangan, lepas regulator dan ganti rubber seal dengan yang lain.

Jika kamu mendengar suara mendesis setelah memasang regulator, kemungkinan terjadi kebocoran pada karet seal. Segera lepas regulator, ganti karet dan pasang regulator kembali.

Jika kamu tidak lagi mendengar suara mendesis atau bau gas, berarti gas berhasil dipasang dan kompor kamu siap digunakan. Metode ini harus diikuti dengan hati-hati untuk menghindari kerjadian yang tidak diinginkan.

7. Jika kompor tidak menyala padahal regulator sudah terpasang dengan benar, kamu perlu mengecek jarum indikator pada regulator.

Periksa jarum regulator terlebih dahulu. Jika tidak bergerak ke kanan, regulator mungkin rusak. Matikan kompor terlebih dahulu, lepas regulator dan ketuk-ketuk beberapa kali, lalu pasang kembali regulator pada leher tabung gas.

Kamu bisa juga menggoyangkan selang yang menghubungkan tabung dengan kompor, kemungkinan mengalami penyumbatan. Jika tidak berhasil, ganti tabung gas dengan yang baru.

Baca Juga : Regulator Gas Otomatis Mati Sendiri, Kenali Cara Kerjanya!

Itulah beberapa cara memasang gas elpiji yang benar dan aman. Jika kamu masih belum berani memasang tabung gas sendiri, kamu bisa mencoba langkah-langkah di atas. Pastikan mengikuti petunjuk dengan benar agar proses pemasangannya aman dan tidak ada masalah. Dapatkan regulator gas terbaik berkualitas tinggi dan sudah standar SNI di Gascompsuperlock.com. Hanya disini kamu akan menemukan berbagai macam regulator gas dan peralatan kompor gas berkualitas tinggi.