Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Cara Membersihkan Kompor Gas Biar Apinya Biru

4 Cara Membersihkan Kompor Gas Biar Apinya Biru

4 Cara Membersihkan Kompor Gas Biar Apinya Biru – Kompor gas merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang wajib kamu jaga kebersihannya. Saat memasak di rumah, kompor gas seringkali kotor disebabkan sisa makanan dan cipratan minyak.

Agar kualitas api kompor gas tetap bagus tentunya diperlukan perawatan yang rutin. Hal ini bertujuan supaya cipratan minyak, kuah tumpah saat memasak, dan kotoran lainnya tidak menempel terlalu lama yang menyebabkan jamur dan karat.

Selain itu, kompor gas harus dibersihkan secara teratur. Hal ini penting untuk menjaga kualitas api dan kompor kamu serta mencegah supaya tidak cepat rusak.

Cara Membersihkan Kompor Gas Biar Apinya Biru

Sebelum kamu mulai membersihkan kompor gas, sebaiknya perhatikan beberapa hal penting berikut ini saat membersihkan bagian utama kompor gas:

  • Lepaskan ring kompor gas terlebih dahulu, cuci dan keringkan secara terpisah.
  • Jangan membersihkan tungku dengan air. Gunakan krim pembersih dapur khusus yang dioleskan ke bagian tungku kompor, selanjutnya sikat atau lap dengan kain.
  • Bersihkan permukaan kompor gas dengan cairan khusus pembersih kompor dan lap dengan kain.
  • Sebelum membersihkan, tutup regulator tabung gas dan cabut selang gas kompor.

Meski awalnya terlihat sulit, cara membersihkan kompor gas biar apinya biru sebenarnya sangat mudah. Berikut adalah beberapa cara membersihkan kompor gas biar apinya biru dan langkah-langkah untuk menjaga kompor gas bebas dari kotoran dan minyak.

1. Lepaskan Ring Kompor Gas Dari Tungku dan Rendam Ring Dalam Larutan Air Panas

Ring kompor gas biasanya bisa dilepas langsung dari tungkunya. Namun, jika ringnya menyatu di tungku, silakan kamu baca buku panduan terlebih dahulu untuk melepas dan membersihkannya.

Setelah dilepas, rendam ring dalam larutan air panas yang mengandung sabun cuci piring dan 1 sendok makan asam sitrat selama 2-4 jam untuk menghilangkan kotoran dan kerak. Terakhir, bersihkan ring dengan cara disikat menggunakan sikat gigi bekas, bilas, dan keringkan dengan kain.

2. Gunakan Krim Khusus Untuk Membersihkan Tungku Kompor

Jangan gunakan air sabun karena akan membuat api tidak menyala dengan sempurna, setelah mengoleskan krim khusus, diamkan krim di atas kompor selama beberapa menit agar krim bekerja dengan baik dan menghilangkan minyak dan kotoran. Gunakan sikat gigi dan sikat bekas untuk area yang sulit dijangkau. Terakhir, lap dengan spons atau kain.

Baca Juga : 4 Perbedaan Dapur Bersih dan Dapur Kotor

3. Bahan-Bahan Alami Untuk Menggosok Permukaan Kompor Gas

Selain menggunakan larutan pembersih berbahan kimia, kamu juga bisa menggunakan bahan alami untuk menggosok permukaan kompor gas supaya mengkilap. kamu bisa menggunakan bahan-bahan seperti:

  • Baking soda. Larutkan 2 sendok makan baking soda dalam air hangat dan masukkan ke dalam botol semprot. Semprotkan larutan tersebut pada permukaan kompor gas, diamkan selama beberapa menit, lalu bersihkan menggunakan kain dan pastikan tidak meninggalkan cairan yang sudah kamu semprot.
  • Cuka apel dan jeruk nipis. Gosokkan sepotong jeruk nipis atau cuka apel pada permukaan kompor gas dan diamkan sebentar. Gosok permukaan kompor gas dengan kain lembab dan keringkan dengan kanebo.
  • Tepung terigu. Taburkan sedikit tepung pada permukaan kompor gas yang berminyak dan bersihkan dengan kain lembab.

4. Bersihkan Tabung Gas

Tabung gas juga harus dibersihkan untuk mencegah karat dan kebocoran tabung. Sebelum membersihkan tabung gas, lepas dulu regulatornya. Kemudian bilas seluruh tabung dengan air dan gosok menggunakan sabun untuk membersihkan tabung. Setelah disikat, bilas dengan air sampai bersih. Sebagai langkah terakhir, lap tabung hingga benar-benar kering.

Setelah mengetahui cara membersihkan kompor gas biar apinya biru, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat merawat kompor gas.

  • Biasakan untuk membersihkan kompor gas dan sekitarnya setelah memasak
  • Jangan menyalakan kompor ketika tidak ada peralatan memasak diatasnya
  • Bersihkan tombol dan kenop kompor setelah kamu selesai memasak
  • Ingatlah untuk membersihkan tabung gas secara teratur.

Baca Juga : Cara Membersihkan Kompor Tanam, Dijamin Bersih dan Kinclong

Kompor gas yang dibersihkan secara rutin akan menjaga kualitas api supaya tetap biru dan mendistribusikan panas secara merata ke seluruh peralatan masak. Jadi jangan malas untuk selalu lap kompor gas setelah selesai memasak. Dapatkan regulator gas terbaik berkualitas tinggi dan sudah standar SNI di Gascompsuperlock.com. Hanya disini kamu akan menemukan berbagai macam regulator gas dan peralatan kompor gas berkualitas.