Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Penyebab Api Kompor Gas Merah

Penyebab Api Kompor Gas Merah, Ini Dia Cara Mengatasinya!

Penyebab Api Kompor Gas Merah, Ini Dia Cara Mengatasinya! – Api merah pada kompor gas merupakan salah satu masalah yang paling umum. Penyebab api kompor gas merah bisa muncul secara tiba-tiba. Apa saja penyebab api kompor gas merah dan bagaimana cara mengatasinya?

3 Penyebab Api Kompor Gas Merah

Api kompor gas biasanya berwarna biru dengan sedikit api kecil berwarna merah. Api biru juga disebut-sebut sebagai pengapian terbaik pada suhu tertinggi. Jika kompor gas kamu menyala merah, mungkin ada beberapa masalah pada kompor gas. Berikut penyebab api kompor gas merah.

Kadar Hidrokarbon Tinggi

Nyala api yang berwarna merah menunjukkan jenis api dengan suhu panas paling rendah dibandingkan dengan warna kuning, jingga, dan biru. Suhu api merah ini berada di bawah 1000 derajat Celcius. Akan tetapi, tetap saja yang namanya api bisa membakar segalanya.

Penyebab api kompor gas merah menandakan kadar hidrokarbon yang tinggi di dalam tabung gas. Hal ini dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk kotoran dan kerak di corong api atau burner. Apalagi jika kotoran yang sudah lama tidak segera dibersihkan, maka akan menimbulkan kerak.

Kotoran Pada Corong Api

Kompor gas yang jarang dibersihkan dapat menimbulkan kotoran dan endapan kerak yang dapat disebabkan oleh partikel makanan yang tumpah atau cipratan minyak goreng yang menetes saat memasak.

Kotoran yang terdapat pada burner dapat menyebabkan hidrokarbon yang tinggi. Itu sebabnya api yang dihasilkan kompor gas berwarna merah. Jika bagian sprayer kompor terdapat kotoran akan menjadi penyebab api kompor gas merah.

Gas di Dalam Tabung Mulai Habis

Rendahnya gas pada tabung elpiji biasanya ditandai dengan nyala api yang berwarna merah pada kompor gas. Jadi kamu bisa melihat tanda pada regulator atau mendengar desisan untuk melihat apakah gas masih ada di dalam gas. Jika tabung gas sudah tidak ada isi gas didalamnya, maka siapkan tabung gas cadangan segera.

Baca Juga : Cara Membersihkan Tungku Kompor Gas Yang Berkerak

Cara Mengatasi Kompor Gas Apinya Merah

Cara mengatasi kompor gas apinya merah adalah dengan terlebih dahulu menghilangkan kerak dan kotoran pada sprayer dan tungku kompor. Sabun pembersih dapat digunakan untuk menghilangkan noda membandel dengan mudah seperti kerak yang menempel.

Setelah dibersihkan, biarkan burner dan kompor mengering sebelum dipasang kembali. Jika masih lembab, api pada kompor tidak akan menyala. Selalu bersihkan kompor kamu secara rutin agar tahan lama dan bebas dari kerak serta kotoran lainnya.

Kompor gas yang bersih tidak hanya mempengaruhi nyala api. Kompor yang bersih juga membuat dapur kamu lebih menarik dan memasak lebih menyenangkan.

Baca Juga : Cara Memasang Regulator Gas Agar Tidak Bocor

Setelah mengetahui penyebab api kompor gas merah, kamu bisa lebih mudah mengatasinya sesuai dengan faktor penyebabnya. Lakukan dengan hati-hati supaya kamu tidak terkena api atau menyebabkan kebakaran di rumah. Dapatkan regulator gas terbaik berkualitas tinggi dan sudah standar SNI di Gascompsuperlock.com. Hanya disini kamu akan menemukan berbagai macam regulator gas dan peralatan kompor gas berkualitas.