Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Cara Memasang Regulator Gas Agar Tidak Bocor

Cara Memasang Regulator Gas Agar Tidak Bocor

Cara Memasang Regulator Gas Agar Tidak Bocor – Sebagian besar masyarakat Indonesia menggunakan kompor gas sebagai peralatan memasak. Supaya api pada kompor gas dapat menyala, diperlukan sumber bahan bakar berupa tabung gas elpiji. Bagaimana cara memasang regulator gas agar tidak bocor?

6 Cara Memasang Regulator Gas Agar Tidak Bocor

Regulator merupakan bagian penting yang berperan sebagai penghubung antara kompor gas dan tabung gas elpiji. Metode pemasangan juga harus dipertimbangkan dengan baik. Berikut langkah-langkahnya:

  • Masukkan salah satu ujung selang dengan pipa gas yang terletak di bagian belakang kompor
  • Pasang cincin penjepit ke ujung pipa gas yang sebelumnya terhubung ke selang untuk mengamankan dan mengencangkan selang
  • Pastikan ujung selang terhubung dengan kuat pada pipa gas di belakang kompor
  • Kencangkan selang dengan cincin penjepit
  • Pasang ujung selang yang satunya ke regulator gas dan kencangkan dengan cincin supaya lebih aman
  • Periksa ulang semuanya dari awal untuk memastikan tidak ada kebocoran

Cara Memasang Tabung Gas

Tabung gas yang dipasang tidak benar sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kebocoran dan tentu saja menimbulkan kebakaran. Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, berikut cara memasang tabung gas dengan baik dan aman.

1. Segel Plastik Dibuka

Tabung gas yang baru dibeli biasanya disegel dengan plastik untuk menjaga kualitas gas di dalamnya. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuka segel plastik agar tabung gas bisa terpasang.

2. Pasang Karet atau Rubber Seal

Fungsi karet atau rubber seal adalah untuk menutup tabung gas agar tidak bocor saat dipasang pada regulator. Karet pelindung ini biasanya berukuran kecil dan berbentuk seperti cincin berwarna merah.

3. Pasang Regulator dengan Benar

Cara memasang regulator gas agar tidak bocor harus dipasang tepat di atas lubang gas dalam posisi tegak lurus. Tujuannya untuk mencegah kebocoran gas selama proses pemasangan regulator.

Baca Juga : Penyebab Api Kompor Gas Merah, Ini Dia Cara Mengatasinya!

4. Kunci Regulator

Setelah kamu memastikan bahwa sambungan terpasang dengan benar dan tidak ada kebocoran, langkah selanjutnya adalah mengunci regulator dengan tuas pengunci. Untuk melakukan ini, putar tuas pengunci berwarna hitam 180 derajat ke kanan.

5. Pastikan Pemasangan Gas Sudah Sesuai

Setelah memasang regulator dengan benar, kamu harus memeriksa kebocoran gas. Metodenya sangat sederhana yaitu mengendus jika ada bau gas yang menyengat di dalam ruangan. Kamu juga dapat memeriksa apakah tabung gas mengeluarkan suara mendesis.

6. Nyalakan Kompor

Setelah semuanya diatur dengan baik, langkah terakhir adalah menyalakan kompor gas melalui pemantik apakah menyala atau tidak. Jika api sudah menyala maka kompor gas sudah bisa kamu gunakan.

Baca Juga : Api Kompor Berwarna Hijau, Perhatikan Hal Ini!

Tips Menggunakan Tabung Gas

Proses pemasangan tabung gas ke kompor harus dilakukan dengan urutan dan tahapan yang benar. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli dan menggunakan tabung gas untuk memasak. Berikut adalah beberapa diantaranya:

  • Beli tabung di toko resmi
  • Periksa kondisi segel plastik pada tabung gas
  • Pastikan karet atau rubber seal terpasang dengan baik
  • Menggunakan regulator dengan Standar Nasional Indonesia (SNI)
  • Jauhkan selang dari api untuk menghindari kebakaran
  • Simpan tabung gas di tempat yang aman dengan permukaan yang rata
  • Bersihkan kompor secara teratur

Cara memasang regulator gas agar tidak bocor dan tips memasang tabung gas diatas bisa kamu lakukan dengan mudah. Pastikan kamu mengambil tindakan yang tepat untuk menghindari kebocoran gas. Dapatkan regulator gas terbaik berkualitas tinggi dan sudah standar SNI di Gascompsuperlock.com. Hanya disini kamu akan menemukan berbagai macam regulator gas dan peralatan kompor gas berkualitas.