Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Api Kompor Berwarna Hijau

Api Kompor Berwarna Hijau, Perhatikan Hal Ini!

Api Kompor Berwarna Hijau, Perhatikan Hal Ini – Jika kamu memiliki kompor gas dan apinya berubah menjadi hijau, jangan panik. Api kompor berwarna hijau memang tidak normal untuk kompor gas, karena api kompor gas umumnya berwarna biru. Sehingga kamu menganggap jika kompor gas rusak dan ingin segera memperbaikinya.

Perawatan kompor gas sangatlah penting. Jika kompor gas tidak berfungsi, dapat mengeluarkan emisi berbahaya yang dapat mencemari makanan atau menyebabkan masalah pernapasan.

Api kompor berwarna hijau pada kompor gas menandakan adanya masalah pada proses pembakaran. Karena warna nyala api tergantung dari proses pembakarannya dan apa sebenarnya yang terbakar. Lantas bagaimana proses pembakaran pada kompor gas yang berfungsi dengan sempurna?

Pada dasarnya kompor gas mencampurkan gas dengan oksigen, dan reaksi kimia dari pembakaran untuk menghasilkan karbondioksida, uap air, dan panas. Ini berlaku untuk kompor gas LPG dan PNG.

Jika warna api kompor berwarna hijau, berarti oksigen tidak cukup untuk sejumlah besar gas atau zat lain yang mencemari campuran bahan bakar. Ada beberapa alasan umum mengapa warna api kompor berwarna hijau. Jika kompor gas kamu mengeluarkan warna api berwarna hijau, bisa jadi disebabkan oleh salah satu faktor berikut ini:

Faktor Api Kompor Berwarna Hijau

1. Campuran bahan bakar berlebihan

Pembakaran bahan bakar berlebih dalam kondisi oksigen rendah dapat mengakibatkan warna api kompor berwarna hijau. Namun, harus diingat bahwa gas tidak dapat terbakar dengan lebih sedikit oksigen atau lebih banyak bahan bakar.

Oleh karena itu, kompor gas harus memiliki rasio udara bahan bakar yang benar. Jika campuran bahan bakar terlalu banyak, tetapi oksigen tidak cukup untuk gas dalam jumlah tinggi, reaksi kimianya akan berbeda dari baisanya. Api kompor berwarna hijau bisa jadi pertanda masalah ini.

2. Ada sisa cairan pembersih

Jika kamu melihat api kompor berwarna hijau setelah membersihkan kompor gas dengan cairan pembersih, ini menjelaskan perubahan warna pada api.

Beberapa cairan pembersih sering tertinggal di pembakar dan pipa. Cairan ini dapat mencemari campuran bahan bakar yang menyebabkan api kompor berwarna hijau. Hal ini biasanya terjadi pada cairan pembersih yang mengandung klorin.

Baca Juga : Cara Memasang Regulator Gas Agar Tidak Bocor

3. Pembakaran tembaga

Bagian tembaga yang terkorosi pada peralatan dan perkakas dapat mencemari campuran bahan bakar-udara dan mengirim ion tembaga ke dalam nyala api.

Untuk faktor ini, penting untuk membeli kompor gas yang berkualitas supaya mengurangi kemungkinan bagian tembaga yang terkorosi yang menyebabkan api kompor berwarna hijau.

Baca Juga : Perbedaan Kompor Minyak dan Kompor Gas

Jangan abaikan api kompor berwarna hijau. Jika kamu merasa masalahnya rumit, jangan ragu untuk memperbaiki kompor gas kamu. Dapatkan regulator gas terbaik berkualitas tinggi dan sudah standar SNI di Gascompsuperlock.com. Hanya disini kamu akan menemukan berbagai macam regulator gas dan peralatan kompor gas berkualitas.