Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

cara memperbesar api kompor gas

5 Cara Memperbesar Api Kompor Gas

5 Cara Memperbesar Api Kompor Gas – Kompor gas dengan api kecil sering menimbulkan masalah tersendiri karena proses memasak memakan waktu lebih lama dari biasanya.

Tentunya sebagai alat yang sangat diperlukan di dapur rumah, kondisi ini harus segera dibenahi. Apa penyebab kompor gas apinya kecil dan bagaimana cara memperbesar api kompor gas?

Penyebab dan Cara Memperbesar Api Kompor Gas

Tentu saja, untuk mengatasi masalah tersebut, kita harus terlebih dahulu menemukan penyebab masalahnya. Dengan mengetahui penyebabnya, maka akan lebih mudah dalam menemukan cara memperbesar api kompor gas.

1. Ada Sumbatan Karena Kotoran

Cara memperbesar api kompor gas yang pertama adalah rutin membersihkan kompor. Kebersihan kompor harus dijaga karena kotoran yang membandel akan berkerak jika tidak sering dibersihkan. Salah satu penyebab api kecil pada kompor gas adalah kotoran yang menyumbat bagian corong api.

Api tidak menyala secara optimal karena ada sumbatan pada bagian corongnya. Oleh karena itu, kompor kamu harus lebih sering dibersihkan agar tidak tersumbat lagi. Kerak dapat dibersihkan dengan soda kue dan lemon atau jeruk nipis agar lebih mudah terangkatnya kerak yang membandel.

2. Tungku Kompor Tertutup Kerak

Cara memperbesar api kompor gas selanjutnya yaitu dengan menjaga kebersihan tungku kompor karena merupakan bagian yang sangat penting dan pusat dimana api pada kompor bisa menyala. Tungku kompor yang kotor dan berkerak bisa menyebabkan api menjadi kecil.

Kamu harus sering membersihkan tungku kompor supaya menghindari munculnya kerak. Selain itu, bagian tungku adalah tempat meletakkan bahan-bahan untuk memasak. Oleh karena itu, tungku kompor sering terkena tetesan bahan makanan dan cipratan minyak goreng.

3. Masalah Pada Katup Gas

Katup gas yang rusak juga dapat menyebabkan api pada kompor gas kecil. Katup gas sendiri merupakan bagian penting pada kompor yang menghubungkan tabung gas dengan kompor.

Kamu harus memeriksanya dengan hati-hati atau menghubungi layanan profesional. Jika kamu salah ketika memperbaiki bagian ini, maka dapat mengakibatkan kesalahan fatal yang menyebabkan timbulnya kebakaran. Dalam kasus seperti itu, konsultasikan dengan pusat layanan dan serahkan kepada profesional.

Baca Juga : Perbedaan Kompor Minyak dan Kompor Gas

4. Aliran Gas Terhambat Karena Selang Kotor

Cara memperbesar api kompor gas berikutnya adalah dengan rutin membersihkan selang. Selang merupakan bagian yang menghubungkan tabung LPG dengan kompor sehingga dapat mengalirkan gas dan menyalakan kompor.

Selang yang kotor dapat menyebabkan api kompor gas menjadi kecil karena menghalangi aliran gas ke kompor. Karena selang gas juga merupakan bagian penting, oleh karena itu pemeriksaan rutin diperlukan.

Saat kamu melakukan pengecekan, kamu perlu memastikan tidak ada kebocoran. Jika perlu, kamu bisa memanggil teknisi untuk membersihkan selang.

5. Pemantik Api Tidak Maksimal Karena Kotor

Cara memperbesar api kompor gas yang terakhir yaitu membersihkan pemantik api. Pemantik api adalah bagian yang kamu putar untuk menyalakan kompor gas.

Jika tidak dibersihkan, maka dapat menyebabkan kerusakan pada pemantik api atau menghalangi nyala api sehingga mengakibatkan api kompor menjadi lebih kecil dan kurang optimal.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu harus sering membersihkan pemantik kompor gas. Bersihkan sesering mungkin agar kotoran tidak menempel dan memudahkan proses pembersihan. Untuk melakukan ini, kamu bisa mengelap atau mencuci komponen kompor.

Baca Juga : Cara Membersihkan Kompor Gas Yang Tersumbat

Cara memperbesar api kompor gas sangatlah mudah, biasanya disebabkan adanya kotoran pada bagian-bagian tertentu yang sangat penting. Oleh karena itu, jika ada sisa makanan atau minyak goreng di atas kompor, segera bersihkan! Dapatkan regulator gas terbaik berkualitas tinggi dan sudah standar SNI di Gascompsuperlock.com. Hanya disini kamu akan menemukan berbagai macam regulator gas dan peralatan kompor gas berkualitas.