Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Cara Membersihkan Kompor Gas Yang Tersumbat

Cara Membersihkan Kompor Gas Yang Tersumbat

Cara Membersihkan Kompor Gas Yang Tersumbat – Kompor gas yang tersumbat bisa menjadi masalah serius jika tidak segera ditangani. Akibatnya kompor gas yang tersumbat menjadi tidak mau menyala.

Terutama jika terjadi saat kamu ingin memasak makanan untuk keluarga. Banyak ibu rumah tangga yang resah dengan keterlambatan proses memasak. Apa yang menyebabkan kompor gas tersumbat dan bagaimana cara membersihkan kompor gas yang tersumbat?

Sebenarnya, hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Beberapa diantaranya akan dijelaskan dalam artikel ini. Jadi pastikan untuk membaca artikel ini sampai akhir. Karena di artikel ini juga akan dijelaskan cara membersihkan kompor gas yang tersumbat, tentu saja cara ini bisa kamu lakukannya sendiri.

Penyebab dan Cara Membersihkan Kompor Gas Yang Tersumbat

Berikut beberapa penyebab kompor gas kamu tidak mau menyala dan cara membersihkan kompor gas yang tersumbat.

1. Masalah dibagian regulator

Regulator memainkan peran penting pada kompor gas. Alat ini berfungsi untuk membantu gas dari tabung LPG mengalir melalui selang, dan selanjutnya ke bagian spuyer. Jika regulator tidak dipasang dengan benar, akan terjadi penyumbatan dan gas tidak akan keluar. Bahkan seal yang keras dapat menyebabkan penyumbatan yang tidak dapat dihindari.

Kualitas regulator yang kurang baik, sering kali mengalami kerusakan lebih awal. Jadi pilihlah regulator gas terbaik merk Gascomp yang sudah dilengkapi dengan parameter dibagian atas. Jadi kamu dapat dengan mudah memeriksa apakah regulator sudah terpasang dengan benar. Parameter ini juga dapat digunakan sebagai acuan atau untuk mengukur apakah gas masih ada atau sudah habis.

Cara mengatasi regulator yang tersumbat

Lepas regulator, periksa bagian lubangnya dan pastikan tidak ada kotoran di dalamnya. Selanjutnya, periksa juga seal pada mulut tabung LPG. Pastikan seal masih cukup lentur dan tidak keras. Jika dicek semuanya tidak ada masalah, silahkan pasang kembali.

Pastikan tidak ada suara mendesis untuk mencegah adanya kebocoran gas, jika kamu yakin pemasangannya sudah benar, tetapi tetap tidak ada gas yang keluar, kemungkinan besar regulatornya rusak.

Dalam hal ini, kamu dapat menggantinya dengan regulator baru. Kamu bisa mendapatkan regulator gas terbaik berkualitas tinggi dan sudah standar SNI di Gascompsuperlock.com. Hanya disini kamu akan menemukan berbagai macam regulator gas dan peralatan kompor gas berkualitas.

2. Masalah pada spuyer

Spuyer memiliki peran penting karena gas yang keluar dari tabung akan melalui komponen ini dan tersalurkan ke bagian burner. Kemudian dengan bantuan pemantik akan berubah menjadi api.

Jelas bahwa kompor gas tidak dapat digunakan jika spuyer ini tersumbat. Masalah umum yang terjadi adalah lubang spuyer tersumbat kotoran. Oleh karena itu, harus dibersihkan agar aliran gas kembali lancar.

Tips membersihkan spuyer kompor gas

Untuk membersihkannya, kamu perlu membalikkan kompor gas. Namun jika ada cover yang menutupnya, tentunya kamu harus membukanya terlebih dahulu.

Kemudian gunakan kompresor udara atau blower untuk membersihkannya terutama bagian lubangnya. Lubang Spuyer sangat kecil sehingga cenderung tersumbat oleh kotoran. Namun, kamu bisa menggunakan jarum kecil untuk membersihkan sumbatan.

3. Kondiri burner kotor

Burner ini berbentuk bulat dan memiliki lubang kecil di bagian tepinya. Fungsi lubang tersebut adalah untuk mengeluarkan api. Burner yang kotor sering menjadi penyebabnya kompor gas menjadi tersumbat. Dalam hal ini sering terjadi pada kompor gas yang tidak dijaga kebersihannya.

Tentunya untuk menghindari hal tersebut, kamu harus membersihkan kompor gas kesayangan dengan lebih hati-hati. Kamu dapat langsung membersihkan kompor gas setelah selesai memasak, supaya cipratan minyak tidak menempel lebih lama.

Jika kamu tidak punya banyak waktu, kamu bisa membersihkannya seminggu sekali. Selain itu, kamu juga bisa meminta bantuan teknisi profesional.

Dampak dari kompor yang kotor tidak hanya menyumbat tapi juga menyebabkan nyala api kompor gas menjadi merah. Jika kamu berencana membersihkan kompor gas kamu sendiri, cobalah cara membersihkan kompor gas yang tersumbat berikut ini.

Baca Juga : 5 Cara Memperbesar Api Kompor Gas

Cara membersihkan burner kompor gas

  • Alat yang dibutuhkan: sikat, sabun pembersih noda dan amplas halus.
  • Lepaskan bagian burner kompor gas.
  • Cuci dengan air dan sabun yang disediakan.
  • Gunakan sikat untuk noda berminyak dan amplas untuk noda membandel.
  • Setelah selesai, lap dengan kain kering dan pastikan sisa air benar-benar bersih.
  • Terakhir, pasangkan burner ke kompor gas seperti sebelumnya.

Penyumbatan Selang Gas

Selang gas ini bertugas mengalirkan gas dari tabung ke kompor. Sumbatan biasanya disebabkan oleh kondisi selang yang rusak. Untuk mengatasinya, ganti selang dengan yang baru. Sebaiknya pasang pengaman tambahan di bagian luar selang gas supaya lebih awet.

Baca Juga : Api Kompor Gas Tidak Stabil, Ini Dia Cara Memperbaikinya!

Itulah beberapa cara membersihkan kompor gas yang tersumbat. Semoga bermanfaat. Dapatkan regulator gas terbaik berkualitas tinggi dan sudah standar SNI di Gascompsuperlock.com. Hanya disini kamu akan menemukan berbagai macam regulator gas dan peralatan kompor gas berkualitas.