Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Api Kompor Gas Tidak Stabil

Api Kompor Gas Tidak Stabil, Ini Dia Cara Memperbaikinya!

Api Kompor Gas Tidak Stabil, Ini Dia Cara Memperbaikinya! – Cara mengatasi api kompor gas tidak stabil dapat dilakukan dengan teknik khusus. Hal ini bisa memperpanjang umur kompor dan membuatnya kembali mengalirkan panas yang optimal. Selain itu, masalah api kompor gas tidak stabil pasti menimbulkan berisiko.

Tips Mengatasi Api Kompor Gas Tidak Stabil

Seiringnya waktu, penggunaan kompor menjadi bagian aktivitas memasak sehari-hari pada setiap rumah maupun usaha kecil dan menengah. Jadi wajar saja jika ada halangan seperti api kompor gas tidak stabil. Namun, hal ini dapat diatasi dengan beberapa cara sebagai berikut.

1. Bersihkan Kuningan Pada Kompor

Salah satu indikasi api kompor gas tidak stabil bisa disebabkan karena kuningan burner yang kotor atau tersumbat oleh sisa-sisa pembakaran. Untuk membersihkan komponen tersebut, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Lepaskan burner dari kompor
  2. Sisihkan dan tempatkan di wadah yang tidak terpakai
  3. Tuangkan cairan pembersih lantai secukupnya atau sekitar 100ml
  4. Tambahkan sekitar 400ml air bersih
  5. Pastikan kedua cairan tercampur
  6. Lalu didiamkan selama 2 jam
  7. Bersihkan juga cerobong kompor
  8. Kemudian keluarkan tanpa menyentuh kuningan burner
  9. Bilas dengan air bersih dan cuci dengan sabun
  10. Keringkan dan taruh kembali di atas kompor
  11. Nyalakan kompor dan perhatikan apinya

2. Membersihkan Semua Komponen Kompor

Cara mengatasi api kompor gas tidak stabil selanjutnya adalah mencuci semua komponen kompor dengan sabun dan air. Hal ini akan membantu menghilangkan berbagai kotoran dan minyak dari semua bagian di sekitar kompor. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Lepas selang dari tabung gas untuk menghindari resiko kebakaran.
  2. Lalu lepas satu per satu mulai dari kompor, tatakan panci, dll.
  3. Lepas bagian pengait dengan obeng
  4. Lalu cuci seluruh rangkaian dengan sabun dan air
  5. Gunakan sikat atau kawat cuci piring
  6. Gosok perlahan dan bilas dengan air hingga bersih
  7. Tiriskan atau keringkan komponen kompor
  8. Sekarang pasang kembali masing-masing bagian tersebut
  9. Nyalakan kompor dan cek hasilnya

Baca Juga : Cara Membersihkan Kompor Gas Yang Tersumbat

3. Mengganti Dengan Burner Baru

Jika kuningan burner kamu dalam kondisi aus atau rusak, bukan hanya kotor. Maka sudah waktunya pengguna mengganti dengan perangkat baru. Komponen ini banyak tersedia di toko elektronik, marketplace dan toko alat rumah tangga.

Penting untuk mengetahui jenis kompor dan ukuran kuningan supaya kamu membeli suku cadang yang tepat. Hal ini karena masing-masing tungku memiliki jenis dan diameter perangkat burner yang berbeda. Setelah mengganti dengan burner yang baru, perhatikan keadaan nyala api.

Resiko Api Kompor Gas Tidak Stabil

Ketika kondisi api kompor gas tidak stabil, penting untuk menyiapkan solusi sesegera mungkin. Tentu saja ada risiko dan konsekuensi jika masalah tidak diselesaikan.

Misalnya, makanan yang dimasak mungkin tidak merata dan kompor dapat mati dengan sendirinya. Jika kamu terus mengabaikannya, kondisi kuningan burner akan semakin memburuk dan aktivitas memasak menjadi kurang maksimal.

Hal ini juga dapat mempengaruhi kualitas dan rasa makanan. Tentu saja, hal ini tidak diharapkan oleh ibu rumah tangga atau pedagang kuliner yang sering memasak setiap hari.

Baca Juga : Cara Meletakkan Kompor Gas yang Benar

Jadi pilihlah metode yang tepat dan segera atasi masalah api kompor gas tidak stabil. Kamu juga bisa menggantinya dengan perangkat baru. Itulah beberapa panduan tentang cara menangani api kompor gas tidak stabil. Semoga informasi di atas bermanfaat. Dapatkan regulator gas terbaik berkualitas tinggi dan sudah standar SNI di Gascompsuperlock.com. Hanya disini kamu akan menemukan berbagai macam regulator gas dan peralatan kompor gas berkualitas.