Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

cara meletakkan kompor gas yang benar

Cara Meletakkan Kompor Gas yang Benar

Cara Meletakkan Kompor Gas yang Benar – Penempatan kompor dan tabung gas yang tepat menjadi salah satu pertimbangan untuk kegiatan memasak di rumah yang aman dan nyaman. Namun, masih banyak masyarakat yang salah meletakkan kompor dan tabung gas.

Banyak orang yang mendekatkan keduanya tanpa memperhatikan aspek keselamatan. Padahal, penempatan kompor dan tabung gas yang tepat harus diperhatikan untuk menghindari bahaya ledakan.

Terjadinya ledakan kompor gas akibat tabung gas yang bocor dan menyalakan benda tersebut. Untuk menghindarinya, antara lain harus memperhatikan cara meletakkan kompor gas yang benar.

Untuk meminimalis kebocoran tabung gas, kamu bisa mendapatkan regulator gas terbaik berkualitas tinggi dan sudah standar SNI di Gascompsuperlock.com. Hanya disini kamu akan menemukan berbagai macam regulator gas dan peralatan kompor gas berkualitas.

7 Cara Meletakkan Kompor Gas yang Benar

1. Area dengan Sirkulasi Udara

Cara meletakkan kompor gas yang benar adalah di area dengan sirkulasi udara. Penempatan kompor dan tabung gas yang tepat adalah dimana terdapat sirkulasi. Sesuai dengan pedoman teknis penyimpanan tabung gas LPG, tabung gas harus ditempatkan di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik. Jika sirkulasi udara di dalam rumah terhambat dan terjadi kebocoran gas, maka kemungkinan ada risiko ledakan.

2. Adanya Ventilasi Udara

Cara meletakkan kompor gas yang benar selanjutnya yaitu adanya ventilasi udara. Sirkulasi yang baik biasanya didukung oleh ventilasi udara di area tersebut. Ventilasi berfungsi untuk pertukaran udara dari dalam ke luar. Jenis ventilasi rumah antara lain boven, jendela, jalusi, nako, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa memasang exhaust fan di dapur.

3. Posisi Tabung Gas Berdiri Tegak

Cara meletakkan kompor gas yang benar berikutnya adalah dengan menempatkan tabung gas berdiri tegak. Posisi tabung harus selalu tegak dengan katup mengarah ke atas. Tidak boleh menyimpan tabung LPG berdekatan dengan kompor dan juga tabung gas tidak boleh posisi miring atau terbalik.

4. Terhindar dari Panas

Tabung gas elpiji harus terlindung dari sinar matahari langsung. Biasanya dikarenakan desain dapur terbuka banyak ditemukan di rumah minimalis. Oleh karena itu, jauhkan kompor dan tabung gas dari sinar matahari atau cipratan air hujan. Karena hal itu bisa berisiko.

Baca Juga : Api Kompor Gas Tidak Stabil, Ini Dia Cara Memperbaikinya!

5. Jarak Kompor dan Tabung Gas

Cara meletakkan kompor gas yang benar minimal berjarak 1 meter. Selain itu, jangan letakkan di dekat arang atau kayu bakar, karena menimbulkan resiko terjadinya ledakan akibat kebocoran gas.

6. Simpan Kompor dan Tabung Gas Pada Permukaan yang Datar

Cara meletakkan kompor gas yang benar dengan menempatkan kompor atau tabung gas di permukaan yang datar. Jangan letakkan tabung gas atau kompor di atas benda apapun yang bisa membuatnya terjatuh. Selain itu, jauhkan dari bahan yang mudah terbakar di rumah.

7. Posisi Kompor dan Tabung Gas

Cara meletakkan kompor gas yang benar adalah tidak sejajar dengan tabung gas. Artinya jangan menyimpan tabung gas dan kompor secara berdekatan. Posisi yang benar adalah meletakkan kompor di atas meja dapur dan tabung gas di bawah meja dapur minimal berjarak 1 meter.

Baca Juga : Tips Memilih Kompor Gas Tanam, Jangan Sampai Salah!

Walaupun letaknya di bawah meja dapur, tabung gas perlu adanya ventilasi untuk menghindari ledakan akibat kebocoran gas. Sebaiknya jangan meletakkan tabung gas dalam keadaan yang tertutup rapat. Dapatkan regulator gas terbaik berkualitas tinggi dan sudah standar SNI di Gascompsuperlock.com. Hanya disini kamu akan menemukan berbagai macam regulator gas dan peralatan kompor gas berkualitas.