Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Kelebihan Kompor Tanam

Kelebihan dan Kekurangan Kompor Tanam, Yuk Ketahui!

Kelebihan dan Kekurangan Kompor Tanam, Yuk Ketahui! – Bagi kamu yang ingin tinggal sendiri di rumah, kompor gas adalah sebuah kebutuhan yang harus kamu punya. Ada banyak jenis kompor, salah satunya adalah kompor tanam. Apa saja kelebihan dan kekurangan kompor tanam?

Kelebihan Kompor Tanam

Gascomp merupakan salah satu merk kompor yang paling populer dan banyak digunakan. Tersedia berbagai jenis kompor yang bisa digunakan untuk keperluan rumah tangga, termasuk kompor tanam. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan kompor tanam, antara lain:

1. Aman Digunakan

Kelebihan kompor tanam yang pertama adalah aman digunakan. Kompor memiliki unsur api dan bisa berbahaya jika tidak digunakan dengan hati-hati. Kompor ini dipasang langsung ke meja untuk meminimalkan kebocoran tabung gas.

Kompor ini sangat direkomendasikan untuk remaja atau orang dewasa yang baru mulai memasak. Kompor ini tidak hanya mudah digunakan, tetapi juga lebih aman saat kamu ingin memasak. Kompor ini juga memiliki fungsi otomatis mati ketika suhu kompor terlalu tinggi.

2. Dapur Tampak Rapi

Kelebihan kompor tanam selanjutnya yaitu dapur terlihat lebih rapi. Kompor tanam terintegrasi dengan meja kitchen set, sehingga membuat dapur kamu terlihat rapi dan elegan. Oleh karena itu, meja dapur menjadi lebih bersih, karena hanya tungkunya saja yang terlihat. Walaupun barang di kitchen set terlalu banyak, tetapi kitchen set tidak terlihat berantakan.

Pada kompor tanam, selang untuk mengalirkan gas dari tabung gas ke kompor berbeda dengan kompor gas pada umumnya. Jika ingin kompor yang lebih sederhana dan hemat energi, kamu bisa menggunakan kompor tanam yang menggunakan listrik.

3. Memiliki Fitur Modern

Salah satu kelebihan kompor tanam berikutnya adalah fiturnya yang modern dan canggih sehingga memudahkan proses memasak. Fitur yang paling umum digunakan adalah timer atau otomatis mati. Dengan fitur tersebut, kamu tidak perlu lagi khawatir gosong saat memasak.

4. Mudah Untuk Dibersihkan

Menjaga kompor tetap bersih sangatlah penting. Hal ini akan membuat kompor kamu bertahan lebih lama dan aliran gas tidak terhalang sehingga memungkinkan nyala api secara optimal. Hampir semua kompor tanam mudah dibersihkan sehingga terlihat bersih dan rapi.

Membersihkan kompor tanam mungkin yang paling mudah dibandingkan kompor lainnya karena kamu tidak perlu melepas banyak bagian. Kotoran yang berjatuhan di sekitar meja tempat kompor tanam bisa langsung dibersihkan dengan lap atau sabun.

Baca Juga : Inspirasi Dapur Minimalis Kompor Tanam

Kekurangan Kompor Tanam

1. Sulit Dipasang

Kompor gas biasa dapat dengan mudah dipasang sendiri. Namun, situasinya berbeda dengan kompor gas tanam yang pemasangannya jauh lebih rumit karena pipa harus tersembunyi dan pemasangan membutuhkan tenaga ahli yang berpengalaman.

2. Posisi Tidak Dapat Diubah

Karena kompor tanam dipasang secara permanen, maka posisi kompor tidak dapat diubah. Jadi kamu harus memastikan posisi kompor sudah benar. Saat menggunakan kompor tanam, alat yang kamu gunakan tidak boleh sembarangan.

Karena kompor tanam menggunakan gelombang elektromagnetik, maka hanya dapat memakai panci, teflon dan peralatan memasak yang berisi magnet.

3. Fungsi Terbatas

Tidak semua hidangan bisa dimasak menggunakan kompor tanam. Salah satunya adalah kamu tidak bisa memasak menggunakan oven pada kompor jenis ini. Hal ini karena permukaan kompor tidak sesuai dengan bentuk oven.

4. Boros Listrik

Saat menggunakan kompor tanam, tagihan listrik kamu pasti akan meningkat. Tentunya daya listrik yang dibutuhkan tidak sedikit, apalagi jika kamu sering memasak. Perhatikan juga bahwa peralatan memasak pada kompor tanam tidak sembarangan.

Baca Juga : Kelemahan Kompor Listrik, Wajib Tahu!

Itu dia kelebihan dan kekurangan kompor tanam. Pilihlah kompor tanam yang menggunakan gas supaya lebih hemat dari segi biaya dan bisa memasak lebih efektif dan ekonomis. Temukan kompor gas berkualitas dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI di Gascompsuperlock.com.