Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

kelemahan kompor listrik

Kelemahan Kompor Listrik, Wajib Tahu!

Kelemahan Kompor Listrik, Wajib Tahu! – Apa saja kelemahan kompor listrik untuk dapur minimalis? Simak informasi pada artikel di bawah ini.

Dengan konsep sederhana dan mewah, rumah minimalis ini menjadi pilihan yang tepat untuk menggunakan kompor listrik sebagai peralatan memasak. Bahkan, kompor listrik dan kompor induksi semakin populer di kalangan masyarakat umum.

Banyak rumah dengan konsep minimalis menggunakan kompor listrik sebagai peralatan memasak di dapur. Lalu apa saja kelemahan kompor listrik?

Sebelum mengetahui kelemahan kompor listrik, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa itu kompor listrik. Seperti namanya, kompor ini menggunakan listrik sebagai bahan bakar.

Memasak dengan kompor ini lebih bersih dan hemat energi. Namun, dengan adanya kompor listrik, tidak semua peralatan dapur bisa digunakan untuk memasak. Jadi pertama-tama kamu harus memahami kompor ini.

Kompor listrik adalah kompor yang menciptakan reaksi elektromagnetik antara panic dan induction cooking zone. Kompor induksi bekerja ketika menempelkan besi atau baja ke permukaan magnet, dan selanjutnya kompor induksi menghasilkan panas melalui reaksi magnetik.

Kompor listrik zaman dulu bekerja dengan memanaskan elemen pemanas dan memindahkan panas ke panci. Namun, kompor listrik saat ini menghasilkan panas pada panci itu sendiri.

Namun sebagai informasi, kompor listrik hanya berfungsi jika kamu menggunakan peralatan masak datar seperti panci, besi atau stainless steel. Untuk mengetes apakah alat masak di rumah minimalis kamu bisa bekerja di atas kompor listrik, coba letakkan magnet di dekat alat masak tersebut. Setelah magnet saling menempel, kamu dapat menggunakan peralatan masak atau panci di atas kompor listrik.

Apa Saja Kelemahan Kompor Listrik?

1. Hanya bisa menggunakan alat masak yang alasnya datar

Kompor listrik memiliki permukaan yang rata, sehingga alat masak yang kamu gunakan harus memiliki alas datar. Oleh karena itu, memasak dengan wajan menjadi sulit. Namun, adaptor wajan listrik masih bisa digunakan.

2. Hanya bisa menggunakan alat masak tertentu

Hanya peralatan masak yang terbuat dari besi atau stainless steel yang dapat digunakan. Selain itu, kompor listrik tidak merespons peralatan masak.

3. Tumpahan yang tidak bisa dikontrol

Jika kamu menumpahkan sesuatu di kompor listrik, tumpahan akan cepat jatuh ke lantai karena permukaan kompor listrik yang rata.

4. Harus berhati-hati

Kompor listrik kaca mudah tergores permukaannya, jadi kamu perlu sedikit berhati-hati saat menggunakan kompor listrik. Peralatan tertentu juga dapat menggores permukaan kompor listrik dan merusak lapisan pelindung.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Kompor Tanam, Yuk Ketahui!

5. Masalah listrik

Kompor ini menggunakan bahan bakar listrik, jika ada air yang tumpah ke bagian kaca kompor listrik dapat menyebabkan masalah kelistrikan yang serius.

6. Terkadang tidak efisien

Ada beberapa merek kompor listrik yang memiliki fungsi detector tumpahan. Jadi jika ada cairan di permukaan kompor listrik, maka kompor akan otomatis mati.

7. Harganya masih cukup tinggi

Harga kompor listrik memang semakin terjangkau, namun tidak semua orang sanggup membelinya.

Baca Juga : Cara Kerja Penghisap Asap Dapur dan Manfaatnya

8. Boros listrik

Kompor ini menggunakan listrik, sehingga tagihan listrik kamu akan naik. Jika kamu sering memasak, pastinya tagihan listrik akan menjadi lebih tinggi. Itulah beberapa kelemahan kompor listrik dan ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan. Temukan kompor gas berkualitas dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI di Gascompsuperlock.com.