Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

6 Cara Membersihkan Penghisap Asap Dapur

6 Cara Membersihkan Penghisap Asap Dapur – Cooker hood atau alat penghisap asap adalah salah satu peralatan dapur yang sangat direkomendasikan, terutama jika ruang dapur kamu kekurangan ventilasi. Bagaimana cara membersihkan penghisap asap dapur yang benar agar awet dan tahan lama?

Cara Membersihkan Penghisap Asap Dapur

Salah satu cara untuk menjaga kebersihan dapur kamu adalah dengan membersihkan semua peralatan secara menyeluruh, termasuk mengetahui cara membersihkan penghisap asap dapur. Apalagi alat ini berfungsi untuk menyedot udara kotor dari sisa asap pembakaran, sehingga harus sering dibersihkan agar filter udara tetap dalam kondisi baik.

1. Siapkan Peralatan

Cara membersihkan penghisap asap dapur yang pertama adalah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan. Alat yang dibutuhkan untuk membersihkan penghisap asap dapur adalah air, detergen, spons, kain lap, dan sikat berbulu halus. Masing-masing bahan tersebut berperan penting dalam membersihkan setiap bagian cooker hood dan dapat memaksimalkan proses pembersihan.

2. Melepaskan Bagian Penutup

Cara membersihkan penghisap asap dapur selanjutnya yaitu melepaskan bagian penutup. Untuk membersihkan semua bagian cooker hood secara merata, penutup bawah cooker hood harus dilepas. Caranya adalah dengan membuka penjepit bagian filter yang terpasang di dalam penutup.

3. Rendam Filter yang Sudah Dilepas

Setelah melepas filter cooker hood, cara membersihkan penghisap asap dapur berikutnya filter harus direndam dalam larutan deterjen selama beberapa waktu. Ingatlah untuk mencuci dengan spons yang biasa untuk hasil yang lebih merata.

Untuk kotoran membandel seperti kerak, gunakan sikat berbulu halus. Tujuannya untuk menghilangkan kotoran seperti minyak yang menempel pada bagian filter cooker hood.

4. Bilas Dengan Air Bersih

Setelah semua filter dibersihkan dengan deterjen, air dan kain lap. Cara membersihkan penghisap asap dapur selanjutnya adalah membilas semua filter hingga bersih. Gunakan air bersih untuk membilas dan bilas semua bagian hingga tidak ada busa bekas mencuci yang tersisa.

Baca Juga : Cara Kerja Penghisap Asap Dapur dan Manfaatnya

5. Mengeringkan Filter

Keringkan filter basah di bawah sinar matahari agar cooker hood yang sudah dibersihkan dapat digunakan kembali. Filter kemudian dapat dipasang kembali pada cooker hood dan bisa digunakan seperti sedia kala.

6. Bersihkan Bagian Body

Membersihkan filter cooker hood tentu saja sangat penting, tetapi jangan lupa juga untuk membersihkan bagian body apakah ada kotoran dan noda yang menyiprat. Membersihkannya juga sangat mudah, kamu bisa menggunakan kain basah yang dicampur dengan cairan pembersih.

Setelah dilap secara merata, bilas dengan air bersih dan keringkan dengan lap kering. Setelah dirasa bersih dan kering, kamu bisa memasang kembali filter dan bagian body supaya bisa digunakan kembali.

Tips Merawat Cooker Hood

Ikuti beberapa tips merawat cooker hood dibawah ini agar alat penghisap asap dapur lebih tahan lama dan tidak mudah rusak.

  1. Bersihkan secara teratur semua bagian cooker hood dengan air sabun biasa.
  2. Saat menggunakan model cooker hood dengan cerobong asap, pastikan cerobong asap tidak terhalang
  3. Bersihkan dan lap bagian luar cooker hood secara teratur untuk mencegah korosi pada bagian body
  4. Filter karbon aktif memainkan peran penting dalam menghisap bau tidak sedap, jadi gantilah segera setelah habis.

Baca Juga : Perbedaan Kompor Listrik dan Induksi, Yuk Kenali!

Setelah kamu mengetahui cara membersihkan penghisap asap dapur dengan benar di atas, mulailah mempraktekkannya secara rutin untuk memastikan cooker hood kamu selalu bersih. Temukan kompor gas berkualitas dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI di Gascompsuperlock.com