Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Perbedaan Kompor Listrik dan Induksi, Yuk Kenali!

Perbedaan Kompor Listrik dan Induksi, Yuk Kenali! – Seiring perkembangan teknologi, Kompor yang digunakan untuk memasak juga semakin beragam. Misalnya kompor minyak tanah, kompor gas, kompor tanam, kompor listrik, kompor induksi, dll. Apa saja perbedaan kompor listrik dan kompor induksi yang harus kamu ketahui?

Banyak orang mengira kompor listrik dan kompor induksi adalah kompor yang sama. Namun pada kenyataannya, terdapat perbedaan kompor listrik dan induksi. Kedua jenis kompor ini bisa dibilang jenis yang paling modern, canggih dan tentu dengan fitur yang menarik.

5 Perbedaan Kompor Listrik dan Induksi

Tingkat Efisiensi Energi

Perbedaan kompor listrik dan induksi dari tingkat efisiensi energi, peralatan masak menjadi lebih efisien jika dipanaskan langsung daripada tidak langsung. Dalam hal efisiensi energi, kompor induksi direkomendasikan karena lebih hemat energi daripada kompor listrik.

Kompor induksi menggunakan reaksi elektromagnetik untuk menghantarkan panas ke makanan di dalam panci dengan tingkat efisiensi sekitar 80-90%, sedangkan kompor listrik hanya dapat mencapai tingkat efisiensi energi sekitar 70%.

Cara Pemanasan

Perbedaan kompor listrik dan induksi dari cara pemasangannya. Kompor induksi atau listrik adalah jenis kompor yang disukai generasi milenial saat ini. Karena kedua jenis kompor ini tidak perlu menyalakan api tetapi menggunakan metode pemanasan yang berbeda untuk menghantarkan panas.

Seperti namanya, kompor listrik menghantarkan panas melalui sumber listrik yang terhubung langsung ke kompor. Sedangkan kompor induksi dapat memanaskan panci dan wajan secara langsung melalui reaksi energi elektromagnetik.

Harga

Perbedaan kompor listrik dan induksi dari segi harga merupakan hal terpenting, sebelum membuat keputusan saat membeli kompor. Jelas bahwa harga yang lebih tinggi tentu menawarkan kualitas dan manfaat yang berbeda dibandingkan dengan harga yang lebih rendah.

Faktanya, kompor induksi sedikit lebih mahal dibandingkan dengan harga pasar kompor listrik karena teknologi yang digunakan pada kompor jenis ini relatif baru. Namun kompor ini lebih tahan lama dan hemat biaya listrik setiap bulannya.

Baca Juga : 6 Cara Membersihkan Penghisap Asap Dapur

Tingkat Keamanan

Perbedaan kompor listrik dan induksi dari tingkat keamanan. Kompor induksi umumnya direkomendasikan untuk remaja sampai orang dewasa karena tidak memerlukan api untuk menghantarkan sumber panas. Kompor ini hanya memanaskan partikel besi di dalamnya, sehingga meminimalisir terjadinya kebakaran.

Kompor induksi juga memiliki fungsi otomatis yang dapat mengatur durasi waktu memasak dan kapan kompor akan mati, sehingga aman meski ditinggalkan. Sedangkan kompor listrik tidak aman apabila disentuh sesudah selesai memasak.

Suhu Maksimum

Perbedaan kompor listrik dan induksi yang terakhir adalah suhu maksimum. Kompor induksi cenderung memiliki suhu maksimum yang lebih rendah daripada kompor listrik. Kompor induksi memiliki suhu yang mencapai hingga 351 derajat Celcius, sedangkan kompor listrik dapat mencapai suhu 393 derajat Celcius.

Namun, kompor induksi lebih cepat beralih dari suhu panas ke dingin. Sebaliknya, kompor listrik cenderung membutuhkan waktu lebih lama untuk beralih dari suhu panas ke dingin. Jadi tidak heran kompor induksi direkomendasikan karena lebih aman.

Baca Juga : Jenis Kompor Restoran Yang Bisa Kamu Pilih

Nah, itulah beberapa perbedaan kompor listrik dan induksi yang perlu kamu ketahui supaya tidak salah ketika ingin membeli kompor. Temukan kompor gas berkualitas dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI di Gascompsuperlock.com