Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Jenis Kompor Restoran Yang Bisa Kamu Pilih

Jenis Kompor Restoran Yang Bisa Kamu Pilih – Kompor adalah peralatan masak yang paling penting dan wajib ada di dapur. Apalagi jika dapur merupakan bagian utama dari bisnis kamu. Pada zaman dahulu, memasak dengan kompor dilakukan dengan memanaskan tungku secara manual yang tentunya sangat sulit. Karena kamu membutuhkan kayu dan batu bara untuk menyalakan api kompor.

Namun, saat ini sudah banyak jenis kompor restoran yang harganya relatif terjangkau. Jika kamu ingin menjalankan usaha kuliner, kamu perlu memahami fungsi kompor dan memikirkan anggaran yang perlu diperhitungkan.

Seiring kemajuan teknologi yang pesat, kamu hanya perlu memutar knop pada kompor untuk menyalakan api. Selain itu, berbagai jenis kompor restoran mengalami banyak inovasi agar lebih serbaguna. Ingin tahu jenis kompor restoran apa saja? Simak penjelasannya dibawah ini.

Jenis Kompor Restoran Berdasarkan Sumber Energi

Kompor Gas

Kompor gas sangat populer di kalangan juru masak pemula maupun yang berpengalaman. Kompor ini memiliki pengatur api yang sederhana dan mudah. Berbeda dengan kompor listrik, pengatur api pada kompor listrik lebih detail.

Tidak hanya itu, kompor gas juga memudahkan untuk mengontrol ukuran besar api. Kamu hanya perlu memutar knop sesuai keinginan. Tentunya penggunaan jenis kompor restoran ini akan menambah biaya pembelian tabung gas.

Faktor perawatan yang harus kamu lakukan adalah membongkar dan membersihkan bagian-bagian kompor satu per satu. Agar kompor dapat bekerja dengan maksimal, kamu perlu memastikan tabung gas terhubung dengan baik ke kompor.

Kompor Listrik

Jenis kompor restoran ini juga populer di kalangan masyarakat. Kompor ini memiliki desain datar dengan tampilan yang lebih rapi. Permukaan datar kompor listrik lebih mudah dibersihkan. Kompor listrik juga mudah dipasang. Saat ini, kompor listrik hanya perlu disambungkan ke sumber listrik.

Ada dua jenis kompor listrik yaitu kompor listrik dengan gulungan kawat tembaga (electric hob) dan kompor listrik dengan permukaan halus (induction hob). Saat ini kompor listrik dengan lilitan tembaga relatif lebih murah.

Sedangkan kompor listrik dengan permukaan halus lebih mahal. Hal ini karena permukaan datar menghantarkan listrik sehingga menciptakan gesekan pada partikel logam di dalam panci. Selain itu, karena bersifat induksi, permukaannya tidak terasa panas saat dipegang. Jenis kompor restoran ini sangat cocok untuk mereka yang ingin menawarkan kemewahan dan kenyamanan.

Jenis Kompor Restoran Berdasarkan Jumlah Tungkunya

Kompor Satu Tungku

Jenis kompor restoran ini sangat ideal untuk bisnis yang tidak membutuhkan produktivitas tinggi dalam menyiapkan makanan. Cocok untuk kafe-kafe kecil, warung, dll. Kompor jenis ini biasanya hanya digunakan untuk memasak makanan yang mudah disiapkan seperti roti bakar, telur dadar, dan makanan siap saji. Kompor jenis ini biasanya dibeli hanya untuk menyiapkan menu sebagai hidangan tambahan.

Kompor Dua Tungku

Kompor 2 tungku ini merupakan kompor yang paling banyak diminati. Kompor ini digunakan di berbagai kalangan, mulai dari perumahan hingga hotel. Dengan kompor dua tungku, kamu dapat memasak dua jenis makanan sekaligus sehingga menghemat waktu.

Jenis kompor restoran ini cocok untuk para chef di hotel berbintang dan restoran mewah sehingga kamu dapat memantau sepenuhnya kualitas makanan yang kamu buat.

Kompor Empat Tungku atau Lebih

Jenis kompor restoran ini sering kamu lihat di acara memasak. Kompor 4 tungku sangat cocok bagi kamu yang membutuhkan produktivitas tinggi saat menyajikan makanan. Jenis kompor restoran ini biasanya digunakan di restoran dengan jumlah pelanggan yang relatif banyak.

Di restoran, waktu adalah faktor terpenting dalam pelayanan. Dengan lebih banyak jumlah tungku, maka kamu dapat menyiapkan makanan sekaligus dan menghemat lebih banyak waktu.

Baca Juga : Perbedaan Kompor Listrik dan Induksi, Yuk Kenali!

Jenis Kompor Berdasarkan Desain

Kompor Portable

Kompor portable merupakan kompor yang mudah dirakit dan dibongkar. Misalnya, kompor gas portabel biasanya digunakan di rumah maupun di warung. Kompor ini paling terjangkau diantara jenis kompor lainnya.

Kompor portabel biasanya berukuran kecil dan cukup diletakkan di atas meja. Saat menata selang dan tabung, biasanya diletakkan di bawah meja agar terlihat lebih rapi. Jika kamu tidak memiliki akses selang ke bagian bawah meja, kamu bisa mempertimbangkan untuk membuat lubang di bagian meja. Kompor portabel ini biasanya memiliki dua tungku.

Kompor Freestanding

Kompor jenis ini memiliki ukuran yang paling besar diantara jenis kompor lainnya, kira-kira seukuran mesin cuci. Struktur dudukan kompor ini berdiri sendiri, jadi tidak perlu menyiapkan meja untuk kompor freestanding.

Biasanya ada 4-6 tungku dalam satu kompor ini. Selain itu, kompor ini memiliki pelindung di bagian belakang, sehingga panasnya tidak mengotori dinding dapur. Kompor freestanding juga memiliki oven di bawahnya, membuatnya lebih praktis dibandingkan kompor lainnya. Namun tentu saja harga jenis kompor ini lebih tinggi dari yang lain.

Baca Juga : Jenis Burner Kompor Gas, Begini Cara Tepat Memilihnya

Kompor Built-in

Kompor jenis ini adalah kompor yang dipasang atau ditanamkan di dapur. Kompor tanam memiliki permukaan rapi dan tertanam langsung di dapur. Jenis kompor restoran ini cocok untuk usaha kuliner yang memberikan kesan rapi dan bersih. Temukan kompor gas berkualitas dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI di Gascompsuperlock.com