Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Fungsi Fire Blanket dan Cara Menggunakan Fire Blanket

Fungsi Fire Blanket dan Cara Menggunakan Fire Blanket – Fire blanket adalah alat untuk memadamkan api tahap awal yang disebabkan oleh minyak atau konsleting listrik. Fire blanket adalah alat sederhana dan cocok untuk diletakkan di dapur serta mudah digunakan.

Apa yang akan kamu lakukan jika terjadi kebakaran di dapur? Panik saat berhadapan dengan api memicu refleks mengambil air dan menyiramkannya ke api. Meski tidak semua api bisa dipadamkan dengan air. Kebakaran yang disebabkan minyak atau korsleting listrik sulit dipadamkan dengan metode ini.

Kebakaran di dapur sangat mungkin terjadi di rumah. Kelalaian merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan kebakaran di dapur. Pastikan untuk mengambil tindakan pencegahan, terutama jika kamu sering memasak di rumah. Salah satu pilihannya adalah dengan menggunakan fire blanket atau selimut api.

Oleh karena itu, keselamatan harus menjadi prioritas nomor satu dengan memiliki alat ini di rumah yang dapat digunakan siapa saja untuk pertolongan pertama kebakaran kecil atau memadamkan kebakaran yang disebabkan oleh minyak atau konsleting listrik. Di bawah ini adalah pengertian, fungsi fire blanket dan cara menggunakan fire blanket.

Apa Fungsi Fire Blanket?

Fire blanket adalah alat pemadam kebakaran kecil berupa selimut yang terbuat dari bahan tahan api seperti benang fiber, serat kaca, serat aramid (kevlar), dan kain fiber glass. Terbentuk dari benang fiber yang sangat efisien sebagai bahan peredam panas yang dapat menahan panas hingga 550°C.

Fungsi fire blanket sangat banyak mulai dari bentuknya yang praktis sehingga cocok untuk disimpan di dapur, serta memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan fire extinguishers. Cara kerja fire blanket adalah memutus aliran oksigen dari titik api, dimana udara dan oksigen merupakan salah satu elemen dari segitiga api, sehingga api otomatis padam saat aliran oksigen berhenti.

Fire blanket hadir dalam berbagai ukuran yang terdiri dari 1m x 1m, 1.2m x 1.2m, 1.2m x 1.8m dan 1.8m x 1.8m. Kamu dapat menyesuaikan ukuran sesuai dengan kebutuhan. Ukuran yang lebih kecil biasanya hanya cocok untuk kebakaran di dapur, seperti memadamkan panci di atas kompor, sedangkan ukuran yang lebih besar dimaksudkan untuk melindungi seseorang jika terjadi kebakaran.

Fungsi Fire Blanket

Fungsi fire blanket adalah membantu mencegah kebakaran yang memiliki sumber panas dan mengurangi kerusakan. Hal tersebut merupakan bagian penting dari proteksi kebakaran di dapur. Berikut adalah beberapa fungsi fire blanket yang perlu kamu ketahui.

Untuk kebakaran kecil, seperti kompor yang terbakar, konsleting listrik, atau kebakaran kecil lainnya, berikan pertolongan pertama sebelum api menjalar ke bagian lain.

  • Alat pemadam api yang sederhana dan sangat praktis untuk digunakan.
  • Tidak memakan banyak tempat penyimpanan, cukup digantung di dinding dapur.
  • Diproduksi dari 100% bahan fiberglass/serat kaca yang dapat menahan suhu api hingga kurang lebih 550°C.
  • Sebagai tindakan pertolongan pertama jika terjadi kebakaran, dapat digunakan tidak hanya untuk menutupi sumber api, tetapi juga sebagai selimut untuk membungkus diri saat ingin keluar dari api yang semakin membesar.

Baca Juga : Alat Memasak Burger Agar Cepat Matang

Cara Menggunakan Fire Blanket yang Benar dan Aman

Cara menggunakan fire blanket belum banyak diketahui oleh masyarakat umum. Padahal produk ini wajib untuk keselamatan jika terjadi kebakaran kecil. Kehadiran alat ini melengkapi sistem proteksi kebakaran rumah, apartemen, dan perkantoran. Dapat digunakan untuk memadamkan api tahap awal dan penyelamatan. Di bawah ini terdapat beberapa cara menggunakan fire blanket yang perlu diperhatikan.

  • Sebelum menggunakan harap perhatikan ukuran api terlebih dahulu. Fire blanket hanya digunakan untuk kebakaran kecil atau kebakaran yang tidak terlalu besar.
  • Selalu gunakan sarung tangan tahan panas sebelum menggunakan fire blanket untuk melindungi dari panas dan gatal akibat kontak langsung. Hal ini karena bahan fiberglass (serat kaca) yang terkandung di dalamnya.
  • Buka fire blanket dengan cara menarik masing-masing ujung tali yang menjuntai hingga blanket terbuka dari tempat penyimpanannya.
  • Posisikan dengan menutup sisi lengan. Untuk melihat titik api, pastikan penglihatan tidak terhalang. Posisikan diri searah dengan arah angin (jangan melawan arah angin).
  • Dekati area api, bentangkan fire blanket, dan tutupi seluruh area api dengan cepat.
  • Jika memungkinkan, matikan sumber panas seperti listrik, kompor, air fryer, oven listrik, dan sebagainya.
  • Segera menjauh dari area kebakaran dan tutupi sumber api selama 30 menit lebih agar area tersebut aman dan tidak ada api yang menyala kembali.

Baca Juga : Wajan Yang Bagus Untuk Kesehatan, Awet dan Aman

Jika upaya pemadaman api tidak berhasil, segera hubungi pemadam kebakaran. Fire blanket hanya dapat digunakan satu kali setelah api benar-benar padam dan tidak dapat digunakan kembali. Untuk mencegah terjadi kebakaran, kamu memerlukan kompor gas berkualitas dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI di Gascompsuperlock.com