Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Wajan Yang Bagus Untuk Kesehatan, Awet dan Aman

Wajan Yang Bagus Untuk Kesehatan, Awet dan Aman – Menggunakan peralatan masak yang bersih dan aman untuk kesehatan menjadi cara yang tepat untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Oleh karena itu, kamu perlu memilih wajan yang bagus untuk kesehatan.

Beberapa jenis wajan yang bagus untuk kesehatan, bisa membuat kamu tetap sehat karena bahannya aman dan tidak ikut terurai bersama makanan yang kamu masak. Apa saja wajan yang bagus untuk kesehatan? Berikut penjelasannya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kesehatan adalah harta yang tidak ternilai harganya. Oleh karena itu, untuk menjadi sehat perlu menjaga kesehatan tubuh supaya bisa melakukan aktivitas yang padat setiap hari.

Kamu bisa mulai memperhatikan wajan yang bagus untuk kesehatan, karena banyak orang seringkali tidak menyadarinya. Kamu mungkin tahu bahwa wajan hanyalah wajan yang tidak lebih dari peralatan untuk menggoreng.

Namun, beberapa bahan pada wajan memiliki efek secara tidak langsung pada kesehatan, jadi penting untuk memilih wajan yang bagus untuk kesehatan. Berikut beberapa jenis wajan yang bagus untuk kesehatan.

6 Wajan Yang Bagus Untuk Kesehatan

Wajan Enamel

Wajan yang bagus untuk kesehatan yang pertama yaitu enamel. Seperti yang sudah dikutip dari Healthy Cookware yang dikeluarkan oleh FDA yang menyatakan bahwa peralatan masak yang terbuat dari enamel aman.

Lapisan didalamnya bisa mencegah zat besi larut ke dalam makanan. Walaupun tidak berbahaya bagi kesehatan, tetapi penggunaan terus menerus dengan intensitas tinggi dapat merusak enamel. Area yang retak mungkin mengandung lead ataupun cadmium yang dapat masuk ke dalam makanan olahan yang digoreng.

Jika mulai retak, kamu harus mempertimbangkan untuk membeli yang baru. Harap dicatat bahwa ada banyak wajan enamel di pasaran. Jangan tertipu dengan wajan enamel palsu.

Wajan Stainless Steel

Selanjutnya wajan stainless steel yang juga masuk dalam kategori wajan yang bagus untuk kesehatan. Wajan stainless steel relatif murah dan memiliki stabilitas yang baik pada suhu yang tinggi.

Teflon

Tentu kamu tahu atau setidaknya kenal dengan teflon bukan? Barang ini banyak digunakan, coba periksa dapur, biasanya alat ini menjadi penghuni wajib di area dapur. Perlu kamu ketahui bahwa teflon sebenarnya adalah nama bahan kimia sintetis yang terdiri dari atom fluorine dan karbon. Teflon sendiri memiliki permukaan yang tidak lengket dan mudah dibersihkan.

Teflon juga termasuk dalam kategori wajan yang bagus untuk kesehatan, karena tidak membutuhkan banyak minyak dan dapat diganti dengan mentega sehingga cocok untuk memasak dan menggoreng. Namun, hal itu juga bisa berbahaya saat dipanaskan sampai suhu tinggi tertentu karena lapisannya bisa melepaskan partikel beracun.

Wajan Bare Cast

Jika digunakan dengan benar, wajan bare cast menjadi permukaan anti lengket yang ideal. Seperti dilansir amyersmd.com, wajan ini juga dapat memasukkan sejumlah zat besi ke dalam makanan. Itu sebabnya wajan bare cast adalah wajan yang bagus untuk kesehatan.

Baca Juga : Fungsi Fire Blanket dan Cara Menggunakan Fire Blanket

Wajan Marble

Wajan marble termasuk wajan yang bagus untuk kesehatan. Bahan ini dianggap lebih aman dibandingkan wajan anti lengket yang dibuat dengan bahan kimia beracun. Wajan marble tidak mudah tergores dan bertahan lebih lama, tetapi kamu juga harus hati-hati dalam penggunaannya.

Wajan Keramik 100%

Menggunakan wajan 100% dari keramik relatif lebih sehat jika kamu mencari manfaat tersebut, karena keramik tidak melepaskan bahan kimia saat wajan sedang digunakan (direbus atau digoreng).

Baca Juga : 8 Kelebihan dan Kekurangan Wajan Marble

Namun, wajan keramik cenderung sedikit lebih mahal dan lebih berat daripada kebanyakan wajan pada umumnya. Itulah beberapa wajan yang bagus untuk kesehatan, semoga bermanfaat. Tentu saja, kamu juga memerlukan kompor gas berkualitas dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI di Gascompsuperlock.com