Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Cara Menyimpan Daging Sapi di Kulkas Dengan Benar dan Tahan Lama

Cara Menyimpan Daging Sapi di Kulkas Dengan Benar dan Tahan Lama – Daging sapi merupakan salah satu makanan paling populer di dunia. Pada artikel ini akan dijelaskan beberapa cara menyimpan daging sapi di kulkas dengan benar.

7 Cara Menyimpan Daging Sapi di Kulkas

1. Jangan Mencuci Daging Sapi Terlebih Dahulu

Cara menyimpan daging sapi di kulkas yang pertama adalah jangan mencuci daging terlebih dahulu. Kebanyakan orang sudah terbiasa mengeluarkan daging dari kemasan dan mencucinya dengan air setelah mereka sampai di rumah. Lalu apakah daging harus dicuci terlebih dahulu?

Para ahli menyarankan untuk tidak melakukannya. Tidak mungkin semua bakteri yang ada pada daging sapi dapat dihilangkan dengan cara mencucinya. Bakteri dapat dihilangkan jika daging dimasak dengan benar.

Tergantung pada kualitas air keran yang kamu gunakan, mencuci daging sapi dapat menimbulkan bakteri baru yang dapat memengaruhi rasa dan umur simpan daging tersebut.

Gascompsuperlock Home

2. Potong Daging Sapi Menjadi Beberapa Bagian Sebelum Disimpan

Cara menyimpan daging sapi di kulkas selanjutnya yaitu hindari dari paparan terhadap perubahan suhu. Pergantian suhu yang sering terjadi seperti dari dingin ke hangat dan kembali lagi, dapat membantu pertumbuhan bakteri pada daging. Jadi sebaiknya jangan mengeluarkan daging dari kulkas sampai kamu benar-benar ingin memasaknya.

Potong daging sapi menjadi potongan-potongan kecil sebelum disimpan. Jika kamu memotong daging menjadi potongan-potongan kecil sebelum memasukkannya ke dalam lemari es, kamu dapat menggunakan berapa pun daging yang ingin kamu masak tanpa mempengaruhi sisanya.

Baca Juga : Cara Menggunakan Microwave Untuk Memanggang Kue

3. Masukkan Daging Sapi Ke Dalam Kulkas Dengan Cepat

Jika kamu pernah mendengar istilah “cold chain” sebelumnya, Dalam proses penyimpanan yang profesional dan mengangkut bahan makanan seperti daging, produk selalu didinginkan untuk menghindari pembusukan.

Aturan yang sama saat kamu membeli daging sapi dari supermarket. Jangan tinggalkan daging mentah di meja dapur atau di dalam mobil yang panas. Para ahli merekomendasikan agar selang waktu antara mengeluarkan daging dari lemari es supermarket dan menyimpannya di lemari es di rumah tidak lebih dari satu atau dua jam.

4. Bungkus Daging Sapi Dengan Benar

Cara menyimpan daging sapi di kulkas berikutnya adalah membungkusnya dengan cara yang benar. Jika kamu membeli daging dengan kemasan vakum, biarkan di dalam kemasan sampai kamu siap menggunakannya.

Pengemasan vakum sangat membantu untuk memperpanjang umur simpan daging, sehingga tidak perlu dibuka. Aturan yang sedikit berbeda berlaku untuk daging kemasan non-vakum.

Jika kamu mendinginkan daging sapi di kulkas, kamu perlu meletakkannya di atas piring dan menutupinya dengan bungkus plastik. Tujuannya supaya ada aliran udara di sekitar daging untuk mencegah daging sapi “berkeringat”.

Gascompsuperlock Shopee

5. Lacak Tanggal Pakai Daging Sapi

Cara menyimpan daging sapi di kulkas selanjutnya adalah melacak tanggal pakai daging sapi, hal tersebut juga sangat penting dilakukan saat kamu membekukan daging sapi. Tulis langsung di bungkusnya atau gunakan catatan tempel untuk menandai tanggal pembelian atau tanggal penggunaan daging.

Dengan begitu, kamu tidak perlu bertanya-tanya tentang potongan daging yang kamu temukan di dalam freezer selama berbulan-bulan kemudian, atau memeriksanya dari plastik untuk melihat apakah daging tersebut masih terlihat segar.

6. Jangan Memasukkan Daging Sapi Kembali Setelah Kamu Mengeluarkannya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, perubahan suhu yang sering terjadi dapat membantu pertumbuhan bakteri pada daging. Oleh karena itu, mencairkan dan membekukannya kembali dapat membantu pertumbuhan bakteri dan menurunkan kualitas daging.

7. Pastikan Kulkas Tetap Bersih

Cara menyimpan daging sapi di kulkas yang terakhir adalah memperhatikan kebersihan kulkas. Baik itu daging, sayuran, atau bahan lainnya, kebersihan sangat penting untuk menjaga kesegaran bahan makanan.

Baca Juga : Cara Menyimpan Buah Tanpa Kulkas Agar Tetap Segar

Kulkas yang kotor memungkinkan pertumbuhan bakteri dan mencemari makanan. Bersihkan kulkas kamu setiap 3-4 bulan dan lakukan pembersihan ringan seminggu sekali.

Itulah beberapa cara menyimpan daging sapi di kulkas dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat. Temukan kompor gas berkualitas dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI di Gascompsuperlock.com

Gascompsuperlock Instagram