Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Cara Menggunakan Microwave Untuk Memanggang Kue

Cara Menggunakan Microwave Untuk Memanggang Kue – Apakah kamu suka membuat kue? Memanggang kue tidak hanya bisa dibuat dengan oven. Ada banyak cara untuk memanggang kue yaitu dengan menggunakan microwave.

Cara Menggunakan Microwave Untuk Memanggang Kue Bolu

Kamu dapat menggunakan microwave untuk memanggang kue bolu atau menggunakan mug untuk memanggang kue sederhana. Cara membuatnya pun tidak jauh berbeda dengan memanggang di oven.

Cara menggunakan microwave untuk memanggang kue, langkah pertama yaitu campur adonan kue. Gunakan mangkuk atau wadah yang cukup besar untuk mengaduk adonan. Adonan biasanya terdiri dari mentega atau margarin, gula pasir atau gula halus, dan tepung terigu. Takaran umumnya bervariasi dari setiap resep.

Gascompsuperlock Home
Menggunakan tepung terigu yang biasa akan memberikan tekstur kue seperti brownies. Berbeda jika kamu menggunakan tepung self-rising. Campur semua bahan menjadi satu dengan spatula atau sendok pengaduk, lalu tambahkan susu, telur, perasa pilihan kamu, dan baking soda atau baking powder. Aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata.

Panci logam tidak bisa digunakan untuk memanggang kue. Cara terbaik adalah menggunakan wadah kaca atau Pyrex. Karena microwave berbeda dengan oven, sebaiknya gunakan loyang datar yang tidak terlalu tinggi untuk hasil kue yang sempurna.

Panggang selama sekitar 3-4 menit menggunakan daya penuh. Kue akan mengembang sama seperti kamu menggunakan oven. Namun, ingatlah untuk mematikan microwave setelah 4 menit, meskipun kue masih mengembang.

Setelah itu, kamu bisa menggunakan lidi atau tusuk gigi untuk mengecek apakah kue sudah matang. Tusuk perlahan ke dalam kue dan tarik keluar lagi. Periksa apakah sisa-sisa kue menempel pada tusuk gigi atau tidak.

Jika tidak, maka kue sudah matang. Jika masih ada sisa kue, nyalakan kembali microwave dan panggang kue lagi selama 1 menit. Jangan terlalu lama memanggangnya kembali di microwave karena nanti akan membuat kue mengering.

Gascompsuperlock Tokopedia

Membuat Kue Sederhana dalam Mug

Cara menggunakan microwave untuk memanggang kue selanjutnya yaitu dengan mug, kamu dapat menggunakan mug apa saja untuk memanggang kue di microwave.

Baca Juga : 3 Cara Menghilangkan Rasa Asin Pada Ikan Asin

Mug dengan ukuran kecil atau pendek akan membuat kue menjadi keras seperti brownies, sedangkan mug dengan ukuran yang tinggi atau besar akan membuat kue menjadi lembut.

Seperti sebelumnya, kamu bisa menggunakan tepung terigu biasa atau tepung self-raising untuk membuat kue. Kamu juga bisa menggunakan bahan yang sama seperti sebelumnya yang sudah dijelaskan di atas. Perbedaannya yaitu kamu membutuhkan takaran lebih sedikit dibandingkan membuat kue bolu besar.

Setelah semua bahan di dalam mug tercampur rata, masukkan mug berisi kue ke dalam microwave dan mulailah memanggang. Panggang kue dengan daya penuh selama 50 detik.

Setelah mematikan microwave, kamu perlu menusuk kue dengan tusuk gigi atau lidi seperti sebelumnya untuk mengecek apakah kue sudah benar-benar matang. Apabila masih terdapat adonan kue yang menempel pada lidi, panggang kembali selama sekitar 30 detik.

Tidak seperti oven, microwave mungkin tidak mendistribusikan panas secara merata. Oleh karena itu, setelah mengeluarkan kue dari microwave, letakkan kue sebentar agar panas kue merata sebelum kamu menikmatinya.

Baca Juga : Cara Menyimpan Daging Sapi di Kulkas Dengan Benar dan Tahan Lama

Ingatlah untuk menggunakan sarung tangan atau kain saat mengeluarkan mug dari microwave karena mug sangat panas untuk dipegang. Itulah cara menggunakan microwave untuk memanggang kue. Semoga berhasil. Kamu tentu membutuhkan kompor gas dan regulator gas terbaik saat memasak, yuk temukan di Gascompsuperlock.com

Gascompsuperlock Instagram