Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

3 Cara Menghilangkan Rasa Asin Pada Ikan Asin

3 Cara Menghilangkan Rasa Asin Pada Ikan Asin – Ikan asin adalah makanan yang dibuat dengan mengawetkan daging ikan dengan tambahan garam. Rasanya yang gurih, membuat ikan asin sangat menggugah selera.

Apalagi ditambah sambal dengan sayur asam, sangat lezat bukan? Sayangnya, sebagian orang tidak mengetahui cara menghilangkan rasa asin pada ikan asin yang berlebihan.

Kandungan garam yang terdapat pada ikan asin memang lumayan banyak, sehingga bisa disimpan dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, penderita hipertensi mungkin tidak mau makan ikan asin.

Oleh sebab itu, pada artikel ini akan dijelaskan beberapa cara menghilangkan rasa asin pada ikan asin yang berlebihan. Yuk simak caranya pada uraian dibawah ini.

Gascompsuperlock Home

Cara Menghilangkan Rasa Asin Pada Ikan Asin yang Berlebihan

1. Rebus Dalam Air Tawar

Cara menghilangkan rasa asin pada ikan asin yang pertama yaitu kamu bisa melakukannya dengan merebus ikan asin di air tawar. Namun, jika kamu terlalu lama merebusnya, maka tekstur ikan asin akan berubah.

Kamu bisa merebus ikan asin selama sekitar 1 menit saja. Ikan asin yang sudah di rebus bisa disimpan lagi atau langsung digoreng. Namun, apabila kamu menyimpannya kembali, kamu perlu memperhatikan jika air pada ikan asin sudah tiris supaya tidak mudah busuk.

2. Rendam Dalam Larutan Garam Beryodium

Cara menghilangkan rasa asin pada ikan asin yang berlebihan dapat dihilangkan dengan merendamnya dalam larutan garam beryodium.

Gascompsuperlock Lazada
Usahakan agar kandungan garam dalam larutan tetap rendah sehingga terjadi aliran garam pada konsentrasi tinggi ke rendah.

Dengan cara tersebut, kandungan garam yang tinggi pada ikan asin akan mengalir ke dalam larutan hingga kedua kadarnya stabil. Jika masih terlalu asin, kamu bisa melakukannya lebih dari sekali.

Baca Juga : Cara Membersihkan Wastafel Mampet

3. Rendam dengan air dan kertas buram.

Jika kedua cara menghilangkan rasa asin pada ikan asin di atas tidak mengurangi rasa asin yang berlebihan, pilihan lainnya adalah merendamnya di air tawar dan menutupinya dengan kertas buram.

Menggunakan kertas buram saat merendam ikan asin di air tawar membantu menyerap kadar garam yang tinggi pada ikan asin. Oleh karena itu, rasa asin pada ikan asin akan hilang dengan sendirinya.

Baca Juga : Cara Menggunakan Microwave Untuk Memanggang Kue

Itulah beberapa cara menghilangkan rasa asin pada ikan asin yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi kadar garam yang tinggi pada ikan asin. Semoga bermanfaat. Kamu tentu membutuhkan kompor gas dan regulator gas terbaik saat memasak ikan asin, yuk temukan di Gascompsuperlock.com

Gascompsuperlock Instagram