Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Cara Membersihkan Wastafel Mampet

Cara Membersihkan Wastafel Mampet – Wastafel yang tersumbat adalah masalah yang cukup umum di rumah. Hal itu tentu sangat menjengkelkan dan tidak enak dilihat. Penyebab utamanya yaitu kotoran yang terkumpul di pipa pembuangan.

Jika kamu melihat hal tersebut, kamu mungkin secara otomatis menghubungi tukang ledeng untuk memperbaiki masalah wastafel yang tersumbat ini. Tapi tunggu dulu, ternyata ada cara membersihkan wastafel mampet di rumah. Berikut beberapa cara membersihkan wastafel mampet dari yang paling sederhana hingga yang sedikit lebih rumit.

7 Cara Membersihkan Wastafel Mampet

1. Dengan Air Mendidih

Air mendidih dapat membantu membersihkan saluran air yang tersumbat. Hal ini adalah cara membersihkan wastafel mampet yang paling mudah. Namun, jangan gunakan cara ini jika kamu menggunakan pipa PVC atau plastik. Karena air mendidih justru dapat merusak atau melelehkan pipa pembuangan sehingga bisa menyebabkan pipa bocor.

Jika kamu menggunakan pipa logam, coba bersihkan saluran pembuangan dengan air panas (sangat panas). Perlahan tuangkan air yang baru direbus ke saluran pembuangan. Tunggu beberapa menit hingga air panas melarutkan kotoran yang menumpuk dan membersihkan sumbatan.

2. Dengan Baking Soda dan Cuka

Jika wastafel kamu hanya sedikit tersumbat, kamu dapat menggunakan campuran soda kue dan cuka untuk membersihkan wastafel yang tersumbat dengan lebih efektif. Berikut cara membersihkan wastafel mampet dengan baking soda dan cuka.

  • Gunakan mangkuk atau sendok untuk menghilangkan genangan air dari bak cuci
  • Tuangkan secangkir soda kue ke saluran pembuangan wastafel
  • Tuangkan segelas cuka ke saluran pembuangan
  • Tutup saluran pembuangan dengan tutup sumbat pembuangan wastafel dan tunggu 5-10 menit
  • Buka tutup sumbat saluran pembuangan wastafel dan nyalakan air keran

Gascompsuperlock Home

3. Gunakan Plunger

Plunger atau penyedot tidak hanya membantu mengatasi masalah toilet mampet saja, tetapi juga salah satu cara membersihkan wastafel mampet.

Pertama, buat genangan air di wastafel. Kemudian letakkan cup plunger di atas saluran pembuangan. Pompa cup plunger ke atas dan ke bawah sesuai kebutuhan untuk melonggarkan dan membersihkan sumbatan. Kemudian, alirkan air keran ke saluran pembuangan selama beberapa menit untuk membersihkan sumbatan.

Baca Juga : Cara Seasoning Wajan Stainless Anti Lengket

4. Gunakan Sink Auger

Apabila cup plunger tidak dapat membersihkan saluran pembuangan wastafel. Coba gunakan sink auger untuk mengatasi sumbatan yang membandel.

Jika kamu tidak memilikinya, kamu bisa menggunakan alat dengan ukuran panjang dan tidak terlalu besar untuk masuk ke lubang pembuangan seperti drain stick.

Rentangkan kabel sink auger ke lubang pembuangan. Jika kamu merasa kabel sudah mencapai ke titik penyumbatan, putar ujung kabel sampai terasa longgar dan menarik kotoran yang menumpuk ke luar. Alirkan air ke saluran pembuangan selama beberapa menit untuk menghilangkan sumbatan yang tersisa.

5. Bersihkan Pipa P-trap

Jika cara membersihkan wastafel mampet di atas masih menyumbat wastafel kamu, periksa pipa P-trap atau yang biasa dikenal sebagai pipa siku di bawah wastafel. Mungkin saja terdapat penyumbatan di sana.

Dalam kasus seperti itu, pipa harus dibongkar untuk menghilangkan kotoran yang menyebabkan penyumbatan. Melepas dan membersihkan selang P-trap tidak berbahaya, tetapi biasanya tidak dapat dilakukan oleh kebanyakan orang.

Gascompsuperlock Shopee

Namun, cara ini tidak disarankan untuk orang yang tidak berpengalaman. Karena pemasangan pipa yang tidak tepat dapat mengakibatkan kebocoran pipa bahkan kerusakan yang lebih parah lagi.

Saat kamu sudah siap untuk membersihkannya, letakkan ember di bawah pipa P-trap untuk menampung air yang keluar setelah melepas pipa. Kemudian lepas semua mur pada pipa P-trap. Bersihkan kotoran atau sumbatan yang terdapat pada pipa P-trap. Kemudian pasang kembali pipa P-trap dan bilas saluran pembuangan dengan air keran untuk menghilangkan kotoran yang tersisa.

6. Hindari Pengunaan Pembersih Saluran Kimia

Memakai pembersih saluran kimia terlihat sebagai cara membersihkan wastafel mampet yang efektif. Namun karena produk pembersih saluran kimia dapat menimbulkan korosi pada pipa, maka seiring waktu dapat menyebabkan masalah yang lebih besar nantinya.

7. Hubungi Ahlinya

Jika cara membersihkan wastafel mampet di atas tidak dapat kamu selesaikan, sebaiknya hubungi tukang ledeng profesional.

Baca Juga : 3 Cara Menghilangkan Rasa Asin Pada Ikan Asin

Tips Mencegah Wastafel Mampet

  • Jangan gunakan saluran pembuangan wastafel sebagai tempat sampah. Sisa makanan yang banyak harus segera dibuang ke tempat sampah.
  • Jangan menuangkan minyak ke saluran pembuangan karena akan mengeras ketika cuaca dingin dan menyebabkan penyumbatan.
  • Gunakan saringan wastafel untuk menampung kotoran kecil dan membuatnya mudah dibersihkan.

Temukan kompor gas berkualitas dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI di Gascompsuperlock.com

Gascompsuperlock Instagram