Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Cara Seasoning Wajan Stainless Anti Lengket

Cara Seasoning Wajan Stainless Anti Lengket – Tahukah kamu bahwa peralatan masak stainless steel sangat bagus dan aman untuk memasak? Stainless steel berbeda dengan alumunium, teflon, dan alat masak anti lengket lainnya yang mengandung bahan berbahaya.

Peralatan stainless steel, terutama penggorengan dan wajan tidak dapat langsung dipakai begitu saja, karena harus di seasoning terlebih dahulu supaya tidak lengket dan lebih nyaman digunakan.

Kenapa perlu di di-seasoning terlebih dahulu? Hal itu karena wajan terbuat dari baja yang memiliki pori. Oleh karena itu wajan menjadi lebih mudah lengket. Yuk simak cara seasoning wajan stainless yang benar supaya tidak lengket.

8 Cara Seasoning Wajan Stainless

1. Gosok dengan Spons dan Sabun

Cara seasoning wajan yang pertama adalah wajan harus digosok dengan spons dan sabun untuk menghilangkan semua minyak dan debu pabrik yang menumpuk di wajan selama pengiriman. Kamu perlu menggunakan sabun serta spons abrasif untuk membersihkan wajan.

2. Cuci dengan Air Panas

Cuci wajan dengan air panas dan sabun. Gosok bagian dalam dan luar wajan dengan sabut gosok. Bilas wajan secara menyeluruh. Keringkan wajan dengan handuk bersih dan kering. Tempatkan di atas kompor dengan api sedang-tinggi supaya wajan benar-benar kering dan air yang tersisa menguap.

Gascompsuperlock Home

3. Panaskan Wajan

Panaskan wajan dengan api besar untuk membuka pori-pori logam. Pastikan ruang di sekitar kompor bersih karena panci akan menjadi sangat panas dan berasap.

Baca Juga : Ide Desain Dapur Kecil Ukuran 2×2 M

4. Balikkan Wajan

Miringkan dan balikkan wajan untuk memanaskan bagian depan, belakang, dan samping. Wajan berubah warna saat terkena panas.

5. Taburi Garam

Ketika wajan dibalik sambil dipanaskan. Taburi bagian bawah wajan dengan garam untuk menutup pori-pori baja.

6. Dinginkan Wajan

Balikkan kembali wajan sehingga bagian cekungnya menghadap ke bawah. Biarkan wajan mendingin hingga aman untuk disentuh.

Gascompsuperlock Tokopedia

7. Lapisi Wajan

Gunakan handuk kertas untuk melapisi wajan dengan minyak. Jaga agar lapisan minyak tetap tipis agar permukaannya halus dan tidak lengket. Bumbu dapur juga bertindak sebagai penghambat karat.

8. Oleskan Lebih Banyak Minyak

Olesi juga bagian luar pada wajan. Kembalikan wajan ke kompor dan panaskan dengan api sedang-tinggi. Saat minyak berhenti mengeluarkan asap, oleskan lebih banyak minyak. Balik dan miringkan wajan untuk seasoning setiap bagian.

Baca Juga : Cara Membersihkan Wastafel Mampet

Itulah beberapa cara seasoning wajan yang bisa kamu terapkan di rumah. Bilas wajan dengan air panas dan gunakan sikat wajan bambu untuk membersihkan wajan. Temukan kompor gas berkualitas dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI di Gascompsuperlock.com

Gascompsuperlock Instagram