Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Cara Kerja Mixer Yang Harus Kamu Ketahui

Cara Kerja Mixer Yang Harus Kamu Ketahui – Apakah kamu sudah mengetahui bagaimana cara kerja mixer? Roti merupakan salah satu makanan yang sangat digemari oleh masyarakat di berbagai negara. Banyak faktor yang mempengaruhi terciptanya roti yang sempurna dan enak, antara lain resep, penggunaan bahan dan alat, serta cara pembuatannya.

Ada dua metode dalam mengaduk adonan roti yaitu cara otomatis dengan alat atau secara manual. Alat yang biasa digunakan untuk mengaduk adonan roti adalah mixer.

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan alat yang satu ini, tapi apakah kamu sudah mengetahui bagaimana cara kerja mixer? Pada artikel kali ini, Gascomp ingin berbagi informasi seputar mixer dan tips memilih mixer yang tepat. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu Mixer?

Mixer merupakan alat yang digunakan untuk mencampur semua bahan adonan yang dimasukkan ke dalam sebuah mangkuk adonan ketika membuat kue atau roti. Tentu hal ini akan memudahkan kamu dalam mencampur bahan adonan yang berbeda untuk hasil yang sempurna.

Jika biasanya kamu menggunakan tenaga untuk mencampur dan menghaluskan bahan adonan, dengan adanya mixer akan membuat pekerjaan kamu sebelumnya menjadi lebih mudah.

Bukan itu saja. Mixer juga membuat adonan lebih higienis karena meminimalkan kotoran yang ada di tangan masuk ke dalam adonan. Kecepatan mixer dalam mengaduk adonan dapat mempercepat proses pembuatan roti.

Mixer hadir dalam beberapa jenis, antara lain planetary mixer, hand mixer, dough mixer, stand mixer, spiral mixer, dan lain sebagainya. Di dunia bakery, planetary mixer adalah jenis mixer yang paling umum digunakan untuk mengaduk adonan roti.

Gascompsuperlock Home

Bagaimana Cara Kerja Mixer?

Pada dasarnya, mixer bekerja dengan gerakan memutar untuk mencampurkan semua bahan ke dalam mangkuk mixer. Bukan itu saja, terdapat beberapa cara kerja mixer yang perlu kamu ketahui apabila tertarik dengan bisnis bakery

1. Sambungkan Ke Aliran Listrik

Sebagai alat yang bertenaga listrik, tentunya mixer harus terhubung ke listrik sebelum kamu menggunakannya. Cara kerja mixer yang pertama adalah menyambungkan kabel mixer ke stopkontak.

2. Persiapan Bahan

Cara kerja mixer selanjutnya adalah mempersiapkan bahan adonan, pastikan kamu memiliki semua bahan adonan yang diperlukan. Setelah kabel mixer sudah tersambung, masukkan semua bahan adonan ke dalam mangkuk mixer.

3. Menyesuaikan Mangkuk

Jika kamu memakai planetary mixer atau mixer duduk lainnya, kamu dapat menarik tuas pengunci untuk menaikkan kepala mixer. Kemudian letakkan mangkuk di bawah kepala mixer dan sesuaikan supaya posisinya berada di tengah.

Jika kamu memakai hand mixer, letakkan kain di bawah mangkuk sebagai alas supaya mangkuk tidak licin dan tetap di tempatnya sehingga tidak terlalu licin saat mixer menyala.

4. Pasang Pengaduk

Cara kerja mixer berikutnya yaitu memasang pengaduk. Mixer memiliki beberapa pilihan alat pengaduk. Beberapa di antaranya yaitu spiral, flat beater, dan whisk.

Kamu bisa memilih pengaduk sesuai dengan kebutuhan dan jenis adonan, selanjutnya pasang alat pengaduk ke bagian kepala mixer.

Setelah alat pengaduk sudah terpasang, turunkan kepala mixer. Perlu diketahui bahwa pemilihan alat pengaduk yang salah dapat merusak mixer apabila digunakan dalam waktu panjang.

Gascompsuperlock Lazada

5. Atur Kecepatan

Cara kerja mixer selanjutnya adalah mengatur kecepatan mixer. Atur kecepatan pada pilihan angka 1, 2, atau 3 sesuai keinginan. Semakin tinggi angkanya, maka semakin cepat mengaduk adonannya.

Saat mengaduk adonan untuk pertama kali, disarankan untuk menggunakan kecepatan rendah terlebih dahulu. Untuk mengubah kecepatan, pertama-tama matikan mesin, lalu ubah angka kecepatan dan hidupkan kembali.

Baca Juga : Bolehkah Memasukkan Makanan Panas Ke Kulkas, Ini Penjelasannya

Bagaimana Tips Untuk Memilih Mixer yang Bagus?

Sebelum memilih mixer, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Pemilihan mixer yang tepat juga dapat membantu proses pembuatan kue atau roti menjadi lebih cepat dan sempurna. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih mixer.

1. Ukuran yang Tepat

Sesuaikan ukuran mixer dengan kebutuhan, pertimbangkan juga ukuran ruang memasak di dapur. Jika terlalu besar, mixer akan membuat dapur kamu terasa sangat sesak dan penuh.

2. Kapasitas yang Sesuai

Kapasitas mixer perlu dipilih sesuai dengan jumlah roti atau kue yang akan akan kamu buat. Memilih kapasitas mixer yang tepat akan meningkatkan produktivitas, kualitas, dan efisiensi dapur kamu.

3. Tipe Mixer

Berbagai tipe mixer memungkinkan kamu untuk menggunakannya sesuai dengan kebutuhan. Jika kamu menginginkan mixer yang kecil dan simpel, maka hand mixer adalah pilihan yang tepat. Namun, jika kamu menginginkan mixer yang bisa bekerja secara otomatis saat kamu menyalakannya, maka stand mixer adalah pilihan yang tepat.

Sebagian besar masalah yang ada pada mixer adalah kabel yang putus dan motor yang sama sekali tidak berfungsi secara sempurna. Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memeriksa kabel yang menghubungkan mixer ke aliran listrik.

Jika kabel terputus akibat binatang atau tertimpa sesuatu, kamu bisa segera menggantinya dengan kabel yang baru. Namun, jika masalah terkait dengan motorik penggerak atau komponen lain di dalam mixer, kamu perlu menghubungi teknisi untuk memperbaiki masalah tersebut.

Baca Juga : Cara Memasak Nasi di Rice Cooker Supaya Pulen

Tidak dianjurkan untuk membongkar sendiri komponen mixer karena akan membahayakan dan bisa merusak bagian lain. Demikian informasi tentang cara kerja mixer yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat. Kamu tentu membutuhkan kompor gas dan regulator gas terbaik saat memasak, yuk temukan di Gascompsuperlock.com

Gascompsuperlock Instagram