Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Cara Memasak Nasi di Rice Cooker Supaya Pulen

Cara Memasak Nasi di Rice Cooker Supaya Pulen – Nasi merupakan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Nasi biasanya dimakan dengan berbagai lauk pauk. Namun, kamu juga bisa memasak nasi agar lebih nikmat sperti membuat nasi goreng dan nasi liwet.

Sebagai orang Indonesia, kebanyakan masyarakat lebih menyukai nasi pulen dengan tekstur yang lembut dan harum. Namun banyak yang beranggapan jika memasak nasi pulen harus menggunakan beras mahal.

Padahal, anggapan itu sama sekali tidak benar. Kamu bisa memasak nasi pulen bahkan menggunakan beras biasa. Rasanya pun tetap nikmat saat disajikan hangat dengan lauk pauk lainnya.

7 Cara Memasak Nasi di Rice Cooker

Apakah kamu ingin memasak nasi yang lembut dan nikmat? Nah, berikut beberapa cara memasak nasi di rice cooker supaya pulen, yuk simak penjelasannya dibawah ini.

Gascompsuperlock Home

1. Cuci Beras Hingga 3 Kali

Cuci bersih beras terlebih dahulu. Kamu bisa mencuci beras sebanyak tiga kali. Jangan mencuci beras dalam waktu yang lama, karena akan menghilangkan kandungan serat yang ada pada kulit beras.

2. Gunakan Takaran Beras dan Air 1 Banding 2

Masukkan beras dan air ke dalam wadah dengan perbandingan yang benar yaitu 1:2. Perbandingannya adalah 2 gelas air dengan 1 gelas beras.

3. Berikan Tepung Maizena

Tepung maizena bisa ditambahkan agar tekstur nasi tidak terlalu lembek. Takarannya adalah 1 cangkir beras dan tambahkan 1 sendok tepung maizena. Lalu aduk hingga tepung maizena tercampur rata.

Gascompsuperlock Tokopedia

4. Gunakan Bumbu Tambahan Untuk Menambah Aroma dan Rasa

Apabila kamu ingin nasi yang kamu masak terasa gurih, kamu bisa menambahkan sedikit garam atau ½ sendok minyak kelapa. Jika tidak ada minyak kelapa, kamu bisa menggunakan minyak zaitun.

Selain itu, tambahkan satu batang sereh supaya nasi semakin harum. Tambahkan juga air jeruk nipis atau lemon agar nasi tidak cepat rusak.

Baca Juga : Cara Kerja Mixer Yang Harus Kamu Ketahui

5. Rendam Beras Selama 30 Menit Hingga 1 Jam

Matikan rice cooker saat merendam beras selama 30 menit hingga 1 jam. Langkah ini penting untuk dilakukan supaya nasi menjadi pulen, Oleh karena itu jangan dilewatkan.

6. Nyalakan rice cooker

Selanjutnya, tekan tombol “cook” untuk menyalakan rice cooker. Tunggu hingga nasi selesai dimasak sesuai dengan waktu masing-masing rice cooker. Biasanya, saat nasi sudah matang, lampu “Keep Warm” akan menyala.

7. Aduk Saat Nasi Sudah Matang

Setelah nasi matang, buka penutup rice cooker dan segera aduk nasi supaya tidak lengket dan mengakibatkan kerak pada semua sisi rice cooker.

Saat memasak nasi dengan rice cooker, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu kamu perlu memastikan wadah rice cooker yang kamu punya memiliki lapisan anti lengket. Selain itu, pastikan rice cooker memiliki fungsi “keep warm” yang cukup lama selama 10-24 jam. Hal tersebut akan membantu kamu menjaga nasi tetap hangat sebelum dimakan.

Baca Juga : Cara Mencuci Lap Dapur Yang Berminyak

Itulah beberapa cara memasak nasi di rice cooker supaya pulen yang bisa kamu coba. Mudah, bukan? Kamu tentu membutuhkan kompor gas dan regulator gas terbaik saat memasak, yuk temukan di Gascompsuperlock.com

Gascompsuperlock Instagram