Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Cara Menggunakan Panci Presto Agar Tidak Meledak

Cara Menggunakan Panci Presto Agar Tidak Meledak – Panci presto adalah salah satu alat masak yang banyak digunakan untuk saat ini. Panci presto sering digunakan untuk memasak daging dan ayam dengan tekstur yang empuk. Menggunakan panci presto dapat menghemat hingga 50% waktu memasak.

Walaupun memasak menggunakan panci presto, namun tetap mempertahankan nutrisi dan cita rasa bahan makanan. Dibandingkan dengan cara memasak lainnya, memasak dengan uap jauh lebih sehat, menghemat waktu, tenaga, dan sumber daya.

Tetapi, menggunakan panci presto bisa sedikit rumit dan tentunya membutuhkan keahlian. Karena makanan dimasak dengan uap bertekanan tinggi, bisa berbahaya jika tidak mengikuti metode aman menggunakan panci presto.

Apalagi saat kamu membuka panci presto setelah memasak bahan makanan, di mana uap air yang ada di dalam bisa menyebabkan panci meledak jika tidak ditangani dengan benar. Simak di bawah ini cara menggunakan panci presto agar tidak meledak.

Gascompsuperlock Home

3 Cara Menggunakan Panci Presto Agar Tidak Meledak

1. Membuka Panci Presto Setelah Merebus Masakan

Ketika membuka panci presto, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu cara mengeluarkan uap dan kapan harus membuka tutupnya pada waktu yang tepat. Untuk melakukan ini, ikuti metode di bawah ini.

Sebelum memakainya untuk memasak, pastikan terlebih dahulu mempersiapkan panci presto yang benar. Saat membeli atau menggunakan panci presto, pastikan tidak ada retakan atau penyok. Dan pastikan juga peluit panci presto tidak rusak.

Gascompsuperlock Lazada

Panci presto memanfaatkan tekanan uap untuk memasak bahan makanan. Namun, panci presto dapat menghasilkan terlalu banyak uap karena kebocoran dan retakan, sehingga dapat menyebabkan kecelakaan. Dengan begitu, perawatan khusus harus dilakukan saat menggunakannya.

2. Cara Melepaskan Uap

Jangan membuka tutup panci presto terlalu cepat. Karena bisa mengakibatkan bencana uap yang berlebihan. Selalu gunakan spatula baja yang panjang dan angkat peluit sedikit dengan spatula.

Baca Juga : Ide Renovasi Dapur Rumah Subsidi Type 36, Kekinian dan Modern

Hal ini bertujuan untuk membantu melepaskan uap, dan setelah 10 menit kamu dapat dengan mudah membuka tutup panci presto. Kamu juga dapat meletakkan panci di wastafel dan mengalirkannya dengan air dingin, hal ini akan memungkinkan kamu untuk menurunkan suhu pada panci.

3. Cara Membuka Tutup Panci Presto

Pastikan panci presto agak dingin sebelum membuka tutupnya. Hal ini karena uap panas membutuhkan waktu untuk mengendap. Direkomendasikan melepas tutup panci presto hanya setelah uap keluar dengan salah satu cara di atas. Periksa juga suara uap, dan jika tidak ada suara uap, buka tutupnya.

Baca Juga : Cara Menata Dapur Kecil Memanjang Agar Terlihat Rapi dan Bersih

Itulah beberapa cara menggunakan panci presto agar tidak meledak yang bisa kamu terapkan di rumah. Semoga bermanfaat. Lengkapi kebutuhan dapur kamu seperti kompor dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI, silahkan kunjungi Gascompsuperlock.com untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Gascompsuperlock Instagram