Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Ide Renovasi Dapur Rumah Subsidi Type 36, Kekinian dan Modern

Ide Renovasi Dapur Rumah Subsidi Type 36, Kekinian dan Modern – Dapur adalah salah satu ruangan terpenting di dalam rumah. Banyak orang beranggapan bahwa renovasi dapur membutuhkan anggaran yang besar. Padahal, renovasi dapur rumah subsidi type 36 bisa dilakukan dengan budget terbatas, dan tentu saja terlihat keren. Terlebih lagi di perumahan bersubsidi, dapur biasanya berada di bagian belakang rumah dan memiliki area terbuka.

Seperti halnya merenovasi ruangan lain di rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat merenovasi dapur. Yuk simak apa saja hal yang perlu diperhatikan saat renovasi dapur rumah subsidi type 36.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Renovasi Dapur Rumah Subsidi Type 36

Renovasi dapur rumah subsidi type 36 tidak dapat dikerjakan sembarangan. Terdapat batasan tertentu yang harus dipatuhi saat merenovasi rumah bersubsidi. Nah, sebelum kamu merenovasi dapur pada rumah bersubsidi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misalnya, renovasi dilakukan secara bertahap.

Sebagai debitur, pemilik rumah umumnya diberi waktu minimal sekitar lima tahun untuk merenovasi rumahnya, terutama bagian depan atau fasad, dan mengubah rumah subsidi menjadi rumah bertingkat. Namun hal ini tidak berlaku untuk renovasi dapur atau pembangunan pagar di sekitar rumah.

Hal berikutnya yang harus kamu pertimbangkan yaitu menentukan anggaran untuk renovasi dapur rumah subsidi type 36. Apalagi jika kamu ingin melakukan renovasi dapur dengan budget terbatas.

Tentukan apa saja yang perlu dilakukan di dapur agar renovasi yang sedang berjalan bisa dilakukan dengan baik dan tidak sembarangan. Kamu juga bisa menemukan inspirasi untuk menentukan desain dapur dan konsep yang diinginkan.

Namun pastikan konsep yang kamu pilih sesuai dengan budget yang kamu miliki. Tentunya pemilihan desain yang tepat akan membantu kamu menentukan biaya renovasi dengan lebih akurat.

Gascompsuperlock Home

7 Ide Renovasi Dapur Rumah Subsidi Type 36

Saat melakukan renovasi dapur rumah subsidi type 36, kamu perlu memperhatikan desainnya. Tentunya desain dapur harus diperhatikan dengan matang agar tidak terjadi kesalahan yang dapat merusak kenyamanan dan estetika penghuninya. Berikut renovasi dapur rumah subsidi type 36.

1. Dapur Rumah Subsidi Sederhana

Renovasi Dapur Rumah Subsidi Type 36 1

Desain dapur rumah subsidi yang pertama memiliki konsep yang sederhana. Ukuran dapurnya tidak terlalu besar tetapi memiliki banyak ruang untuk kamu yang suka beraktivitas di dapur.

Walaupun ukurannya tidak besar, namun dapur memiliki banyak pilihan tempat untuk menyimpan berbagai peralatan. Memiliki kitchen set di dapur sangat berguna karena tidak memakan banyak ruang, dan kamu dapat menyimpan peralatan memasak dengan rapi dan tertata.

Saat melakukan renovasi dapur rumah subsidi type 36, kamu perlu memperhatikan keterbatasan ruang supaya semua kebutuhan terakomodasi dengan baik.

2. Dapur Rumah Subsidi Semi-Outdoor

Renovasi Dapur Rumah Subsidi Type 36 2

Jika ingin sesuatu yang berbeda, coba terapkan dapur semi outdoor. Desain ini sangat sesuai bagi kamu yang memiliki rumah dengan tipe 36. Dapur terletak di bagian belakang rumah, tidak memiliki dinding dan mengarah ke halaman belakang.

Terdapat bagian atap untuk melindungi peralatan masak dari matahari dan hujan. Dengan demikian, kegiatan memasak akan terlindung dari kepanasan dan kehujanan.

3. Dapur Rumah Subsidi Tengah

Renovasi Dapur Rumah Subsidi Type 36 3

Siapa bilang kamu tidak bisa memiliki dapur di tengah rumah? Desain dapur ini membuktikannya. Dapur terletak di bagian tengah rumah dan dilengkapi dengan minibar yang dapat digunakan sebagai meja makan.

Minibar juga bertujuan sebagai pembatas antara dapur dan ruang tamu. Warna putih dapat digunakan dalam kombinasi dengan peralatan masak stainless steel dan membuat dapur terlihat lebih luas dan cerah. Perpaduan warna putih dan silver dijamin makin keren dan modern.

4. Dapur Rumah Subsidi Minimalis

Renovasi Dapur Rumah Subsidi Type 36 4

Apakah kamu tidak ingin memiliki dapur berukuran besar? Desain dapur minimalis ini adalah pilihan yang pas. Seperti namanya, dapur ini tidak memiliki dimensi yang besar dan furnitur yang terbilang minim.

Dengan adanya kitchen set sangat penting untuk menyimpan dan menata peralatan makan supaya tetap rapi. Dinding juga bisa dijadikan rak, sehingga tidak memakan banyak tempat.

5. Dapur Rumah Subsidi Outdoor

Renovasi Dapur Rumah Subsidi Type 36 5

Ide renovasi dapur rumah subsidi type 36 berikutnya yaitu bergaya outdoor. Dapur ini terletak di luar rumah, biasanya di halaman belakang, dan dibangun di lahan “sisa” pada rumah tipe 36.

Agar lebih elegan, dapur perlu mempunyai kitchen set dari batu alam. Batu alam juga membuat dapur terlihat alami, nyaman dan pastinya unik. Terdapat minibar yang bisa digunakan sebagai meja makan atau tempat hangout saat tamu datang.

Gascompsuperlock Shopee

6. Dapur Rumah Subsidi Belakang

Renovasi Dapur Rumah Subsidi Type 36 6

Ide renovasi dapur rumah subsidi type 36 lainnya yaitu di belakang rumah. Desain ini memungkinkan dapur diletakkan di bagian belakang rumah dengan konsep terbuka.

Hal ini terlihat melalui jendela-jendela dapur untuk memberikan sirkulasi udara yang baik antara dapur dan rumah, serta pencahayaan alami yang baik.

Supaya tidak memakan banyak ruang, disarankan juga untuk menggunakan dinding dapur sebagai tempat penyimpanan.

7. Dapur Rumah Subsidi Depan

Renovasi Dapur Rumah Subsidi Type 36 7

Ide dapur di depan rumah mungkin terdengar tidak biasa, namun bisa menjadi solusi bagi yang menginginkan sesuatu berbeda. Di bagian depan rumah terdapat dapur berukuran sedang, dan dindingnya menyediakan ruang penyimpanan untuk berbagai peralatan dan piring.

Tidak ada sekat antara dapur dengan ruangan lain, seperti ruang tamu dan ruang keluarga. Hal ini akan membuat dapur terlihat lebih luas dan menjadi lebih lega. Selain itu, desain ini juga dapat membuat rumah menjadi lebih cozy.

Baca Juga : 15 Inspirasi Keramik Dinding Dapur Yang Bagus

Rincian Biaya Renovasi Dapur Rumah Subsidi Type 36

Biaya renovasi dapur rumah subsidi type 36 sangat bervariasi. Tentunya hal ini akan tergantung pada jasa konstruksi atau vendor yang digunakan. Pada umumnya, merombak dapur biasanya membutuhkan budget sekitar Rp 15 juta untuk mendapatkan hasil terbaik.

Namun, jika ingin merenovasi dapur, bisa saja menghabiskan budget lebih dari Rp 15 juta. Selain itu, biaya renovasi juga ditentukan oleh material yang digunakan, yang tentunya mempengaruhi kualitas material tersebut. Semakin baik kualitasnya, semakin mahal pula bahan yang digunakan.

Misalnya, jika kamu ingin menggunakan keramik di dapur, siapkan pasir, bata merah, besi, semen, bendrat, paku, pipa, keni, watermor, lem PVC, selotip, kuas, ember, saklar, kabel tanam, kaca, keramik, keran, kitchen sink, pintu dapur, galvalume, dan spandek dibutuhkan minimal Rp 7 juta.

Tambahan 2 tukang dengan biaya Rp200.000 hingga Rp300.000 per hari dalam waktu sekitar 14 hari. Total biaya untuk tukang bangunan sekitar Rp 5,6 juta. Apabila ditotal, maka akan menghabiskan Rp 12,6 juta untuk renovasi dapur rumah subsidi type 36.

Namun, biaya tersebut belum termasuk biaya pengecatan atau biaya tak terduga lainnya. Sehingga total keseluruhan bisa mencapai Rp 15 juta.

Tips Renovasi Dapur Rumah Subsidi Type 36

Pemerintah masih memperbolehkan merenovasi rumah bersubsidi, namun banyak peraturan dan ketentuan yang berlaku. Misalnya, kamu bisa merenovasi bagian dapur rumah subsidi, tetapi bagian fasad rumah tidak boleh. Berikut beberapa tips renovasi dapur rumah subsidi type 36 yang harus kamu ketahui supaya tidak terjadi kesalahan.

1. Ketahui Biaya Renovasi

Cari tahu tentang biaya renovasi dapur rumah subsidi type 36. Perlu diingat bahwa biaya renovasi umumnya dipengaruhi oleh model dan desain dapur yang diinginkan, serta material yang digunakan supaya sesuai dengan anggaran dan keinginan.

2. Membuat RAB

Pastikan untuk membuat RAB atau rencana anggaran biaya. Hal ini karena dapat mempengaruhi anggaran yang dikeluarkan untuk membangun dapur impian kamu. Pemilihan sistem borongan atau harian harus diperhitungkan dengan baik untuk menghindari biaya perbaikan yang membengkak.

Baca Juga : Cara Menggunakan Panci Presto Agar Tidak Meledak

3. Perhatikan Ongkos Tukang

Hal ini karena jasa yang diberikan oleh tukang berbeda-beda di setiap wilayah. Biaya renovasi dapur rumah subsidi type 36 tentunya akan berbeda. Hal yang sama berlaku untuk harga bangunan yang digunakan.

Itulah beberapa hal yang dapat menjadi gambaran untuk melakukan renovasi dapur rumah subsidi type 36. Semoga bermanfaat! Lengkapi kebutuhan dapur kamu seperti kompor dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI, silahkan kunjungi Gascompsuperlock.com untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Gascompsuperlock Instagram