Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Cara Membersihkan Bunga Es Tanpa Mematikan Kulkas, Simpel dan Cepat

Cara Membersihkan Bunga Es Tanpa Mematikan Kulkas, Simpel dan Cepat – Bunga es yang terdapat di dalam freezer tentu mempengaruhi performa mesin bukan? Hal ini dapat menghabiskan ruang penyimpanan lemari es dan mengurangi kemampuan lemari es untuk membekukan makanan.

Untungnya, terdapat cara membersihkan bunga es tanpa mematikan kulkas yang bisa kamu terapkan di rumah. Banyak orang percaya bahwa mematikan kulkas dapat mempengaruhi kualitas makanan seperti es krim. Oleh karena itu, cara membersihkan bunga es tanpa mematikan kulkas dibawah ini semoga membantu kamu.

7 Cara Membersihkan Bunga Es Tanpa Mematikan Kulkas

1. Menggunakan Air Panas

Cara membersihkan bunga es tanpa mematikan kulkas dapat kamu lakukan menggunakan air panas. Berikut beberapa cara yang bisa kamu ikuti.

  • Rendam kain ke dalam air panas yang berisi sabun, kemudian seka bunga es.
  • Saat bunga es sudah pecah, buang bagian es tersebut ke wastafel, dan seka bagian dinding dan dasar freezer menggunakan kain basah.
  • Bersihkan freezer menggunakan kain mikrofiber untuk menghilangkan noda membandel. Ulangi proses ini sampai pintu, dinding dan segel pintu freezer bersih.
  • Keringkan freezer menggunakan kain bersih untuk mencegah bunga es menumpuk.
  • Cuci laci dan rak menggunakan air sabun hangat sebelum mengembalikannya ke freezer. Biarkan mengering, masukkan kembali ke dalam freezer dan tutup pintunya.
  • Tunggu sampai 15 menit hingga freezer menjadi dingin.
  • Masukkan kembali makanan yang kamu keluarkan dan bunga es pun tidak lagi mengganggu kulkas kamu.

Gascompsuperlock Home

2. Menggunakan Pengering Rambut

Cara membersihkan bunga es tanpa mematikan kulkas selanjutnya adalah menggunakan pengering rambut atau yang biasa dikenal sebagai hair dryer. Cara ini terbilang aman dengan memperhatikan kabel untuk menjauhkannya dari genangan air dan fokus pada satu tempat saja.

Selain itu, jauhkan juga ujung pengering dari sisi freezer karena panas yang tinggi dapat merusak mesin. Jika perlu, letakkan handuk di bagian bawah freezer untuk menampung air es yang meleleh.

Selanjutnya, arahkan hair dryer sejajar dengan dinding freezer untuk mencairkan bunga es. Saat permukaan es mulai mencair, lanjutkan dengan menghembuskan udara panas ke arah bunga es dan gunakan pengikis plastik untuk mengikis bunga es dari dinding.

3. Menggunakan Kipas Angin

Fungsi kipas angin untuk mencairkan bunga es tidak jauh berbeda dengan pengering rambut. Namun, cara ini hanya bekerja jika suhu di rumah kamu hangat. Kamu hanya perlu memasang kipas di bagian luar freezer dengan pintu terbuka.

Hal ini tentunya akan mengalirkan udara hangat untuk mencairkan bunga es lebih cepat. Menggunakan kipas angin mungkin membutuhkan waktu lebih lama daripada menggunakan pengering rambut. Lamanya cara ini juga tergantung dari ketebalan bunga es yang terdapat pada kulkas.

Baca Juga : Ukuran Wastafel Cuci Tangan Untuk Rumah Kamu

4. Panaskan Spatula Berbahan Logam

Salah satu cara membersihkan bunga es tanpa mematikan kulkas yaitu menggunakan spatula logam panas. Tetapi cara ini sangat berbahaya, sehingga kamu harus melakukannya dengan hati-hati.

Pertama-tama, gunakan sarung tangan oven dan pegang spatula logam di atas api untuk memanaskannya. Kemudian letakkan spatula di atas bunga es dan biarkan meleleh.

Cara ini sebenarnya sangat berbahaya karena bisa membakar atau merusak lemari es. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui risikonya sebelum memilih cara ini.

5. Menggunakan Kain Hangat dan Rubbing Alcohol

Kain yang telah dicelupkan ke dalam air hangat dapat digunakan sebagai cara membersihkan bunga es tanpa mematikan kulkas. Tetapi, metode ini jauh lebih efektif menggunakan larutan alkohol.

Langkah pertama, rendam kain lap ke dalam air mendidih dan tuangkan alkohol di bagian atasnya. Kemudian bersihkan bunga es menggunakan kain tersebut. Fokus pada bagian kecil bunga es di tepi freezer sehingga bunga es akan mencair dengan cepat.

Metode mencairkan bunga es ini cenderung lebih efektif untuk lapisan es yang tipis daripada bunga es yang besar.

Gascompsuperlock Lazada

6. Menggunakan Alat Pengikis Es

Jika kamu terlalu malas untuk memiliki banyak alat, cobalah menggunakan alat pengikis es. Metode ini terbilang sangat aman.

Yang kamu butuhkan yaitu alat pengikis es, spatula plastik, dan sendok kayu. Hal ini bertujuan untuk mencegah cedera atau kerusakan pada dinding freezer. Tetapi, cara ini akan lebih maksimal jika digunakan dalam kombinasi metode di atas.

7. Menggunakan Vacuum Cleaner

Selain dipakai untuk menyedot debu, Kamu juga dapat menggunakan penyedot debu sebagai cara membersihkan bunga es tanpa mematikan kulkas. Kamu harus memilih noozle (ujung penyedot debu) dengan ukuran terkecil.

Kemudian, kamu dapat menyedot bunga es mulai dari atas sampai ke bawah. Namun, metode ini menimbulkan bahaya sengatan listrik dan harus digunakan dengan hati-hati.

Baca Juga : Peralatan Dapur Dari Kayu Beserta Fungsinya

Selain itu, kamu juga harus menggunakan penyedot debu yang dapat bekerja pada permukaan basah dan kering. Saat es mencair, ganti ke mode vakum untuk menyedot air dan es. Terakhir, ulangi proses tersebut sampai seluruh bagian freezer terasa kering.

Jika metode di atas tidak berhasil, mungkin sudah saatnya kamu perlu mengeluarkan akanan dan mematikan kulkas sebentar. Dengan demikian, bunga es tersebut akan mencair dengan sendirinya.

Itulah beberapa cara membersihkan bunga es tanpa mematikan kulkas yang bisa kamu terapkan di rumah. Semoga bermanfaat. Lengkapi kebutuhan dapur kamu seperti kompor dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI, silahkan kunjungi Gascompsuperlock.com untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Gascompsuperlock Instagram