Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Cara Menggunakan Soda Api Untuk Saluran Mampet, Wajib Tahu!

Cara Menggunakan Soda Api Untuk Saluran Mampet, Wajib Tahu! – Menggunakan soda api untuk saluran yang mampet dapat dengan mudah diaplikasikan di rumah atau di mana saja. Masalah saluran mampet seringkali mengganggu ketika terjadi pada saat digunakan.

Dengan begitu, ada baiknya mempelajari cara menggunakan soda api untuk saluran mampet. Soda api dikenal karena kemampuannya untuk membersihkan kerak. Oleh karena itu, sangat ideal untuk digunakan pada saluran yang tersumbat.

5 Cara Menggunakan Soda Api untuk Saluran Mampet

Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menghindari risiko penyumbatan yang biasa terjadi pada saluran air. Ikuti saja langkah-langkahnya, mudah dan tidak ribet.

1. Menyiapkan Alat dan Bahan

Sebelum mempelajari cara menggunakan soda api untuk saluran mampet lebih lanjut. Pertama, siapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk pembersihan. Kamu tentunya membutuhkan alat seperti ember, sendok, pengaduk, sarung tangan karet, soda api, dan air.

Untuk menghemat biaya, belilah peralatan dengan harga yang biasa saja. Tidak harus menggunakan yang berkualitas karena akan mahal. Oleh karena itu, kamu perlu menghemat biaya keseluruhan jika kamu ingin membersihkan saluran mampet.

Pembersihan saluran mampet sangat penting untuk kenyamanan di rumah kamu, saluran air yang tersumbat bisa menjadi masalah bahkan di tengah jadwal yang sibuk.

Gascompsuperlock Home

2. Larutan Soda Api

Cara menggunakan soda api untuk saluran mampet yaitu dengan melarutkan soda api. Tentu saja, jika ingin menggunakan bahan tersebut, kamu harus melarutkan bubuk soda api terlebih dahulu. Selalu gunakan air dingin agar larutan bekerja lebih efektif selama proses pembersihan.

Aduk menggunakan alat yang telah disiapkan pada langkah pertama. Saat melarutkannya, kamu harus menggunakan pengaduk, jangan menggunakan tangan secara langsung. Tutupi tangan kamu dengan sarung tangan karet untuk memastikan keamanan.

Perhatikan larutan tersebut, maka akan terlihat seperti asap apabila tercampur dengan air. Hal ini karena soda api memiliki efek panas dan merontokkan. Oleh karena itu kamu perlu hati-hati saat menggunakannya, karena akan berdampak buruk pada tangan.

3. Campurkan dengan Sabun Cuci

Cara menggunakan soda api untuk saluran mampet yang biasanya orang lakukan adalah membersihkan dengan mencampurkan sabun cuci. Mencampurkan sabun dengan soda api akan membantu menghilangkan noda lebih cepat. Tingkat kebersihannya akan lebih sempurna dan perabot menjadi lebih bersih.

Maka dari itu, cobalah mencampurnya dengan larutan yang kamu gunakan untuk membersihkan. Pembersihan seperti ini harus dilakukan agar kotoran yang melekat dapat terurai dan kembali lancar.

Baca Juga : Peralatan Dapur Dari Kayu Beserta Fungsinya

4. Tuangkan pada Saluran Tersumbat

Cara menggunakan soda api untuk saluran mampet berikutnya yaitu menuangkan larutan langsung pada saluran yang tersumbat. Untuk menghancurkan kotoran yang terdapat pada saluran mampet secara efektif, kamu harus menunggu setidaknya 40 menit dan melihat bagaimana reaksinya dalam membersihkan saluran yang tersumbat.

Larutan soda api seperti itu membutuhkan waktu proses dan menunggu. Jangan terburu-buru dalam proses pembersihan. Tunggu sampai proses perontokan secara mandiri.

Daripada langsung memanggil tukang service, ada baiknya kamu mencoba membersihkannya sendiri terlebih dahulu. Hal ini akan menentukan apakah masalah dapat diselesaikan.

Tetapi, jika masalah tidak dapat diselesaikan, kamu dapat menghubungi tukang service untuk menyelesaikan masalah tersebut. Selama ini sudah banyak yang membuktikan prosedur ini mampu membersihkan sumbatan dengan cepat.

Gascompsuperlock Shopee

5. Siram dengan Air Panas

Cara menggunakan soda api untuk saluran mampet yang perlu kamu lakukan yaitu dengan menyiram saluran air tersebut menggunakan air panas. Pertama, air dingin digunakan untuk melarutkan soda api, selanjutnya bilas dengan air panas.

Dengan cara ini, kotoran yang menyumbat akan mudah dihilangkan. Ulangi langkah ini berkali-kali sampai tidak ada lagi kotoran yang menyumbat saluran. Jika kamu tidak menyelesaikan pembersihan, penyumbatan tersebut akan terjadi lagi.

Baca Juga : 8 Sayuran Yang Tahan Lama Tanpa Kulkas

Perlu kamu ketahui jika dengan cara menggunakan soda api untuk saluran mampet ini tetap memiliki bahaya. Tingkat keamanannya juga cukup rendah. Oleh karena itu berhati-hatilah saat menanganinya dan lindungi diri kamu agar tidak bersentuhan langsung.

Cara menggunakan soda api untuk saluran mampet ini membuat pembersihan menjadi lebih mudah. Berhati-hatilah dengan tetap memperhatikan setiap sop agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Terutama bagi kamu yang baru mengenal jenis pembersihan ini. Lengkapi kebutuhan dapur kamu seperti kompor dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI, silahkan kunjungi Gascompsuperlock.com untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Gascompsuperlock Instagram