Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Teknik Memasak Dengan Pemanasan Kering, Wajib Kamu Pahami!

Teknik Memasak Dengan Pemanasan Kering, Wajib Kamu Pahami! – Memasak memang menyenangkan apalagi memasak adalah hobi. Bagi sebagian orang, memasak adalah tempat untuk menghilangkan stres. Selain menguasai berbagai teknik memasak, memiliki ilmu dibidang kuliner juga menjadi nilai plus.

Memasak lebih dari sekedar menggoreng atau merebus makanan, melainkan menggunakan teknik-teknik tertentu supaya makanan menjadi lebih enak. Pernah mendengar tentang teknik memasak dengan pemanasan kering? Jika belum, silakan baca artikel ini sampai selesai ya.

Apa Itu Teknik Memasak Dengan Pemanasan Kering?

Teknik memasak dengan pemanasan kering merupakan pemanasan makanan secara langsung tanpa menggunakan cairan atau sedikit cairan. Cara ini umumnya dilakukan dengan menggunakan teknik memanggang, membakar atau menggoreng.

Teknik memasak dengan pemanasan kering bisa membantu menjaga tekstur dan rasa makanan serta mengurangi hilangnya nutrisi. Contoh makanan yang dapat dimasak menggunakan teknik memasak dengan pemanasan kering antara lain daging, ikan, sayuran dan bahan makanan lainnya.

Gascompsuperlock Home

1. Deep Frying

Meskipun teknik deep fry membutuhkan minyak yang banyak, teknik ini juga masuk dalam kategori teknik memasak dengan pemanasan kering karena tidak merubah tekstur utama bahan makanan.

Minyak yang digunakan dalam teknik memasak dengan pemanasan kering ini juga harus panas, dan jika dilakukan dengan benar walaupun menggoreng makanan dengan cara menceburkan makanan, maka tidak akan menghasilkan makanan yang berminyak.

Minyak hanya menempel di permukaan makanan, sehingga dapat dihilangkan menggunakan tissue minyak yang akan membuatnya menjadi kering.

Tujuan dari teknik memasak dengan pemanasan kering ini adalah untuk menghasilkan makanan yang renyah dan kering di luar namun tetap juicy, dan menggunakan lebih banyak minyak untuk pematangan yang lebih merata.

Baca Juga : Cara Memasak Nasi di Kompor Gas, Anti Gagal!

2. Saute

Saute adalah cara memasak yang banyak dikenal dengan sebutan tumis. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan aroma dan cita rasa pada bahan makanan, seperti bawang yang biasa dimasak menggunakan cara saute.

Namun bahan lain seperti sayuran, jamur, daging, dan makanan laut juga bisa dimasak menggunakan teknik ini.

3. Grilling

Apakah kamu pernah melihat seseorang membuat sate? Cara ini adalah bagian dari teknik memasak dengan pemanasan kering. Makanan yang diproses dengan teknik ini bertujuan untuk mendapatkan kematangan yang baik karena tidak kontak langsung dengan panci, teflon, wajan dan lain sebagainya. Oleh karena itu, masakan akan kontak langsung dengan panasnya bara api.

Gascompsuperlock Lazada

4. Roasting

Sama seperti dengan teknik memasak dengan pemanasan kering sebelumnya, tetapi roasting digunakan untuk bahan makanan yang lebih besar seperti ayam utuh, kambing, dan kalkun. Bumbui bahan dan olesi dengan mentega sebelum memasukkannya ke dalam oven untuk mendapatkan rasa yang lezat.

5. Smoking

Seperti namanya, teknik memasak dengan pemanasan kering ini menggunakan asap sebagai media memasaknya. Makanan yang diolah dengan teknik ini menghasilkan cita rasa yang sangat berbeda namun unik.

Baca Juga : Ventilasi Atap Dapur Sederhana, Paling Direkomendasikan!

Walaupun menggunakan asap, tetapi makanan akan matang jika asapnya panas. Namun cara ini membutuhkan waktu memasak yang cukup lama. Ketika rasa asap masuk ke dalam makanan, maka terciptalah rasa nikmat yang unik. Lengkapi kebutuhan dapur kamu seperti kompor dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI, silahkan kunjungi Gascompsuperlock.com untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Gascompsuperlock Instagram