Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Cara Memasak Nasi di Kompor Gas, Anti Gagal!

Cara Memasak Nasi di Kompor Gas, Anti Gagal! – Kemajuan teknologi telah membuat segalanya menjadi lebih simple, termasuk juga pada saat memasak. Sebagai ibu rumah tangga di zaman sekarang, semuanya sudah dimudahkan saat memasak.

Memasak nasi adalah hal terpenting yang harus dikuasai seorang ibu rumah tangga. Apalagi saat ini sudah tersedia rice cooker, kamu hanya perlu mencolokannya dan nasi secara otomatis matang dengan sendirinya. Namun apa yang harus dilakukan jika listrik mati dan nasi masih belum matang?

Itu sebabnya, ada baiknya juga belajar cara memasak nasi di kompor gas. Hal ini penting karena tidak hanya dapat diandalkan saat listrik padam, tetapi juga lebih menghemat listrik, dan kamu tidak perlu menunggu terlalu lama hingga nasi kamu menjadi matang.

Kali ini, Gascomp akan menjelaskan cara memasak nasi di kompor gas. Orang zaman dulu lebih mengetahui cara memasak nasi di kompor gas. Bahkan, ternyata rasanya lebih enak dari nasi yang dimasak di rice cooker. Berikut beberapa cara memasak nasi di kompor gas.

Bahan dan Alat untuk Memasak Nasi di Kompor Gas

Tentunya sebelum dijelaskan lebih lanjut tentang cara memasak nasi di kompor gas, kamu membutuhkan bahan dan peralatan masak yang pastinya bukan rice cooker.

Untuk memasak nasi di kompor gas, kamu perlu menyiapkan beberapa bahan dan peralatan masak sebagai berikut.

  • Beras sesuai porsi
  • Air sesuai dengan takaran beras
  • Panci anti lengket
  • Dandang atau Panci Kukusan
  • Kompor Gas beserta Gasnya

Gascompsuperlock Home

2 Cara Memasak Nasi di Kompor Gas

Nah, sebelum mulai menanak nasi, penting untuk menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Berikut 2 cara memasak nasi di kompor gas.

Kukus

Cara memasak nasi di kompor gas ini memakan waktu kurang dari 30 menit. Sesudah beras dicuci bersih, tambahkan air sekitar 2 ruas jari agar air menutupi beras.

Kemudian masak di atas kompor gas dengan api sedang. Tunggu sampai airnya benar-benar terserap, tetapi jangan sampai kering.

Kemudian matikan kompor dan aduk nasi tersebut hingga ke dasar panci. Setelah itu, masukkan nasi ke dalam panci pengukus dengan air yang sudah mendidih.

Masak sekitar 15-20 menit tergantung porsi nasi, masak hingga matang sepenuhnya. Nasi yang dimasak dengan benar yaitu nasi yang tidak keras ketika dimakan.

Aron

Cara memasak nasi di kompor gas selanjutnya adalah dengan cara aron. Nasi aron yaitu nasi yang dimasak setengah matang dengan cara direbus hingga airnya habis.

Kuncinya pada takaran air yang tepat saat memasak nasi. Jumlah air harus lebih tinggi satu ruas jari dari permukaan beras. Apabila terlalu banyak air, maka nasi akan menjadi lunak dan tidak matang dengan baik.

Apabila ingin hasil yang lebih sempurna, setelah mencuci beras, rendam beras terlebih dahulu dalam air selama kurang lebih 10 menit. Kemudian, masak beras dalam dandang atau kukusan menggunakan air yang telah merendam beras.

Masak menggunakan api sedang hingga nasi menjadi setengah matang dan airnya sudah meresap. Selanjutnya, siram nasi setengah matang menggunakan air panas. Biarkan selama sekitar 10 menit. Kemudian, panaskan kembali kukusan dan masak kembali nasi selama kurang lebih 20 menit hingga matang sepenuhnya.

Cara memasak nasi di kompor gas mungkin terlihat ribet, tetapi begitu kamu berlatih dan terbiasa, nasi akan cepat matang dalam waktu yang singkat. Dan hasilnya pasti lebih enak.

Baca Juga : Peralatan Dapur Dari Plastik, Ini Dia Kelebihan dan Kekurangannya

Keuntungan Memasak Nasi di Kompor Gas

Memasak nasi dengan rice cooker mungkin terlihat mudah, tetapi mempelajari cara memasak nasi di kompor gas juga penting karena memiliki beberapa keuntungan. Berikut beberapa keuntungan memasak nasi di kompor gas.

1. Nasi Lebih Enak dan Sehat

Keuntungan menggunakan cara memasak nasi di kompor gas yaitu kualitas nasinya. Teksturnya kenyal, rasanya lebih enak, dan kandungan vitaminnya tetap terjaga.

Memasak nasi menggunakan cara aron akan mengurangi kadar gula yang tinggi. Dengan begitu, nasi yang dihasilkan lebih enak dan sehat untuk dimakan.

2. Nasi Cepat Matang

Cara memasak nasi di kompor gas tidak hanya membuatnya lebih enak, tetapi juga lebih cepat matang. Terlebih lagi ketika memasak nasi dalam jumlah yang sedikit, tentu lebih cepat matang menggunakan cara memasak nasi di kompor gas.

3. Lebih Hemat Listrik

Sebaiknya, kamu perlu mempelajari cara memasak nasi di kompor gas untuk antisipasi listrik padam. Jika kamu sudah mahir dalam memasak nasi di kompor gas, hal ini tentunya akan menghemat pemakaian listrik. Hanya saja menjadi boros gas. Tetapi, jika kamu memasak dalam jumlah yang sedikit, kompor gas tentunya menjadi lebih hemat.

Gascompsuperlock Shopee

Tips dan Cara Memasak Nasi di Kompor Gas

Walaupun terlihat mudah, ternyata terdapat trik untuk memasak nasi di kompor gas. Supaya hasilnya sesuai harapan, kamu harus belajar agar terbiasa. Berikut beberapa tips dan cara memasak nasi di kompor gas yang bisa kamu coba.

1. Cuci Bersih Beras

Cuci sampai bersih beras yang akan kamu gunakan. Terdapat teknik untuk mencuci beras yaitu harus ditempatkan di bawah air mengalir dalam wadah berlubang kecil seperti keranjang. Sehingga kotoran benar-benar terbuang. Beras yang dicuci dengan cara yang salah akan menjadi lembek dan cepat basi, serta akan berdampak buruk pada hasil.

2. Takaran Air yang Sesuai

Rahasia nasi pulen adalah jumlah air yang digunakan untuk memasak nasi. Hal ini penting apabila ingin hasil nasi yang maksimal.

Air harus di atas nasi sekitar 1 ruas jari, seperti yang dijelaskan pada cara memasak nasi di kompor gas sebelumnya. Terlalu banyak air akan membuat nasi menjadi lembek.

Jika airnya kurang, tentunya nasi akan menjadi kering dan cepat gosong. Oleh karena itu, pastikan kamu menggunakan jumlah air yang tepat.

3. Aduk Berkala

Setelah itu, aduk nasi secara berkala. Proses pengadukan nasi ketika memasak akan mempengaruhi kematangan nasi secara merata. Apabila nasi tidak diaduk, nasi bisa gosong atau menjadi kerak nasi.

Baca Juga : Teknik Memasak Dengan Pemanasan Kering, Wajib Kamu Pahami!

Itulah cara memasak nasi di kompor gas yang bisa kamu coba. Semoga membantu, terutama untuk ibu-ibu zaman sekarang yang menginginkan sesuatu serba praktis. Lengkapi kebutuhan dapur kamu seperti kompor dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI, silahkan kunjungi Gascompsuperlock.com untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Gascompsuperlock Instagram