Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Peralatan Dapur Dari Plastik, Ini Dia Kelebihan dan Kekurangannya

Peralatan Dapur Dari Plastik, Ini Dia Kelebihan dan Kekurangannya – Istilah dapur tentunya selalu berkaitan dengan memasak. Karena dapur adalah tempat berlangsungnya kegiatan memasak, menggoreng, dan kegiatan memasak lainnya.

Setiap bangunan pastinya memiliki dapur, baik itu rumah, hotel, kantor, dan lain sebagainya. Karena dapur merupakan bagian penting dari sebuah bangunan. Tentunya setiap peralatan dapur dari plastik memiliki fungsinya masing-masing dan mendukung kegiatan memasak kamu.

Kelebihan Peralatan Dapur Dari Plastik

Tentu saja, plastik memiliki kelebihan dibandingkan bahan lainnya. Terutama dalam hal kekuatan dan fleksibilitas. Oleh karena itu, peralatan dapur terutama peralatan makan, banyak yang terbuat dari plastik. Berikut beberapa kelebihan peralatan dapur dari plastik.

1. Kuat

Bahan plastik termasuk bahan yang memiliki ketahanan yang kuat dari berbagai kondisi. Bahan plastik umumnya tidak memiliki berat yang berlebihan, sehingga kecil kemungkinannya untuk pecah atau bocor jika terjatuh.

2. Fleksibel

Sifat utama peralatan dapur dari plastik yaitu fleksibel. Oleh karena itu, sifat ini membedakan bahan plastik dari bahan lainnya, terutama bahan stainless steel. Bahan plastik bisa dibuat menjadi berbagai motif, desain, ukuran dan warna agar terlihat lebih menarik dan cantik.

3. Ringan

Salah satu bahan yang paling ringan yaitu plastik. Kamu bisa membawa material plastik kemanapun sesuai dengan kebutuhan kamu. Peralatan dapur dari plastik banyak dicari oleh semua kalangan karena bentuknya yang ringan dan ukurannya yang beragam.

4. Tahan Karat

Plastik tidak hanya memiliki ketahanan yang kuat, tetapi juga tahan karat. Karena bahan plastik tidak mengandung unsur logam, sehingga tidak berkarat dan aman.

Gascompsuperlock Home

5. Mudah Dibentuk

Bahan plastik sangat fleksibel, oleh karena itu bisa dibentuk sesuai dengan kebutuhan kamu. Bisa juga dibentuk seperti karakter kartun untuk menarik perhatian anak-anak.

6. Isolator

Plastik adalah isolator yang sangat baik. Bahannya tidak mudah menghantarkan panas, jadi kamu bisa menggunakannya dengan aman untuk hidangan yang panas.

7. Mudah diberi warna

Warna merupakan hal yang paling menarik. Bahan plastik mudah diwarnai dan warnanya bisa bertahan lama. Berbagai peralatan dapur dari plastik warna-warni dapat membuat dapur kamu lebih menarik secara visual.

8. Murah

Peralatan dapur dari plastik tersedia dengan harga yang sangat terjangkau. Dari ribuan sampai ratusan tergantung jenis, bentuk dan motif peralatan dapur dari plastik tersebut.

Baca Juga : 8 Sayuran Yang Tahan Lama Tanpa Kulkas

Kekurangan Peralatan Dapur Dari Plastik

Selain memiliki kelebihan, peralatan dapur dari plastik juga memiliki kekurangan. Kekurangan tersebut biasanya terjadi karena berbagai hal, salah satunya karena unsur pembentuk plastik itu sendiri. Berikut beberapa kekurangan peralatan dapur dari plastik.

1. Terdapat Plastik Yang Tidak Tahan Panas

Tidak semua peralatan dapur dari plastik bisa menghantarkan panas dengan baik. Terdapat beberapa jenis plastik yang tidak tahan terhadap panas. Oleh karena itu, bahan plastik mudah meleleh, berubah bentuk, atau menjadi penyok. Plastik dengan ketahanan panas yang rendah biasanya tipis, rapuh, atau tidak kuat.

2. Non Bio Degradable

Plastik adalah bahan yang susah terurai. Apabila dibuang sembarangan, sampah plastik tidak bisa dimusnahkan begitu saja. Untuk menghancurkan bahan plastik, harus dibakar sampai meleleh.

3. Mengandung Bahan Kimia

Peralatan dapur dari plastik harus dicuci bersih sebelum digunakan untuk menghilangkan bau plastik di dalamnya. Karena sisa bahan kimia dapat membahayakan orang yang menggunakannya.

4. Bisa Berjamur

Peralatan dapur dari plastik memang tahan terhadap karat, tetapi lemah terhadap jamur. Menempatkan peralatan dapur dari plastik di ruangan tertutup, terutama pada suhu yang lembab, membuatnya rentan terhadap serangan jamur.

Gascompsuperlock Tokopedia

7 Macam Peralatan Dapur Dari Plastik

1. Spatula

Spatula adalah alat yang digunakan untuk mengaduk bahan makanan saat memasak. Spatula dilengkapi dengan beberapa kelengkapan yang berguna saat memasak. Spatula bisa digunakan untuk mengaduk, membalik, dan mengangkat makanan yang baru dimasak.

2. Telenan

Alat peniris makanan terbuat dari stainless steel atau kayu. Dengan alat peniris ini, kamu dapat memotong makanan dengan baik tanpa merusak meja atau tempat lainnya.

3. Gagang Pisau

Pisau dapur adalah alat dapur untuk memotong bahan makanan seperti sayuran dan buah-buahan. Karena ujungnya yang tajam, pisau harus disimpan dengan aman di tempat pisau khusus.

4. Rak Dapur

Gunakan rak dapur untuk menyimpan peralatan memasak seperti wajan, panci, dan lain sebagainya. Rak Dapur adalah rak yang dapat ditumpuk terbuat dari bahan stainless yang membuat peralatan dapur tertata rapi.

Baca Juga : Cara Memasak Nasi di Kompor Gas, Anti Gagal!

5. Tempat Bumbu

Alat dapur lainnya adalah tempat bumbu. Tempat bumbu dipakai untuk menyimpan berbagai jenis bumbu. Dengan begitu, kamu tidak akan salah saat mengambilnya, dikarenakan bentuk bumbu yang hampir mirip.

6. Sendok dan Garpu

Peralatan dapur dari plastik seperti sendok dan garpu tersedia dalam berbagai macam warna dan ukuran. Oleh karena itu, sangat cocok digunakan untuk alat makan anak-anak.

7. Piring dan Mangkuk

Alat makan ini sebagian besar terbuat dari plastik. Peralatan dapur dari plastik sangat efektif baik dari segi bentuk, model, perawatan maupun harga.

Dapur adalah ruangan yang harus selalu dijaga kebersihannya. Kebersihan peralatan dapur, lantai dan dinding harus diperhatikan. Peralatan dapur harus sering dibersihkan, karena jika peralatan dapur bersih, maka dapur akan selalu indah dan bebas penyakit. Lengkapi kebutuhan dapur kamu seperti kompor dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI, silahkan kunjungi Gascompsuperlock.com untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Gascompsuperlock Instagram