Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Cara Kerja Microwave, Ini Penjelasan Lengkapnya!

Cara Kerja Microwave, Ini Penjelasan Lengkapnya! – Microwave merupakan sejenis oven atau panggangan yang digunakan untuk memanaskan makanan secara instan. Selain itu, microwave dapat digunakan untuk merebus, memanaskan, dan mencairkan makanan beku.

Microwave memiliki banyak fungsi, dan cara kerja microwave juga sederhana sehingga cocok untuk memasak sehari-hari. Selain itu, makanan yang dipanaskan atau dimasak ke dalam microwave dianggap higienis. Cara kerja microwave tidak membutuhkan api atau minyak goreng.

Bagaimana Cara Kerja Microwave?

Microwave merupakan jenis oven yang menggunakan listrik untuk menghangatkan makanan. Tentu saja, cara kerja microwave ini berbeda dibandingkan oven konvensional.

Microwave menggunakan radiasi gelombang mikro untuk memanaskan makanan. Gelombang yang dipancarkan pada frekuensi 2500 MHz (2,5 GHz) akan diserap oleh air, lemak, serta gula pada makanan.

Gelombang tersebut menyebabkan molekul air, lemak, dan gula yang saling bertabrakan sehingga menghasilkan panas. Alhasil, makanan dengan kadar air tinggi akan lebih cepat matang saat dimasak menggunakan microwave.

Proses pematangan makanan dimulai dari bagian dalam dan kemudian bagian luar. Jadi, saat kamu memanaskan makanan di microwave, kamu akan mendapatkan makanan yang dimasak dengan sempurna.

Menariknya, gelombang yang dihasilkan saat makanan dipanaskan tidak diserap oleh wadah makanan yang biasanya terbuat dari kaca, plastik khusus yang aman untuk microwave, atau keramik.

Wadah makanan akan terasa hangat saat disentuh sehingga membuatnya mudah untuk diambil di dalam microwave, tetapi tidak sepanas makanan. Microwave memiliki piring berputar di dalamnya yang berfungsi untuk memutar makanan selama dipanaskan supaya matang secara merata.

Gascompsuperlock Home

Mengenal Komponen & Bagian-bagian Microwave

Microwave terdiri dari tiga komponen utama yaitu Magnetron, Waveguide, dan Microwave Stirrer. Fungsi masing-masing komponen microwave berbeda-beda satu sama lain. Ketiga perangkat bekerja sama untuk memanaskan makanan lebih cepat dan merata saat kamu menggunakan microwave.

Magnetron adalah inti dari microwave. Komponen ini berfungsi untuk mengubah energi listrik menjadi radiasi gelombang mikro. Waveguide merupakan komponen untuk mengarahkan gelombang mikro. Waveguide gelombang mikro terbuat dari bahan konduktor.

Microwave Stirrer digunakan untuk menyebarkan gelombang mikro dalam microwave. Komponen ini biasanya dipadukan dengan piringan yang bisa berputar di tempat alas makanan. Kombinasi baling-baling dan piring putar ini memungkinkan makanan menjadi matang lebih merata.

Cara Kerja Microwave Saat Memasak

Setelah kamu memahami komponen microwave dan bagian-bagiannya, selanjutnya mari kita bahas cara kerja microwave saat memasak. Tetapi, tidak semua microwave bekerja dengan cara yang sama, karena banyak microwave yang diperbarui kemampuannya seiring kemajuan teknologi.

Gelombang mikro adalah hasil dari radiasi yang ditransmisikan, dipantulkan, atau diserap tergantung pada bahan makanan yang berinteraksi dengannya. Cara kerja microwave ini memanfaatkan ketiga karakteristik gelombang mikro tersebut dalam proses memasaknya.

Gelombang mikro dihasilkan oleh Magnetron, dan gelombang ditransmisikan ke dalam Waveguide, kemudian gelombang dipantulkan ke dalam kipas Stirrer serta dinding ruangan didalam oven. Akhirnya gelombang diserap oleh makanan.

Dengan adanya microwave, berbagai bahan makanan dapat diproses ke dalam microwave. Berikut beberapa cara kerja microwave yang bisa kamu sajikan untuk keluarga.

Baca Juga : Cara Servis Regulator Kompor Gas Dengan Aman

1. Cara Kerja Microwave untuk Merebus

Salah satu cara kerja microwave adalah dapat memasak makanan. Mulai dari bahan makanan telur, mie, dan sayuran. Memasak menggunakan microwave lebih sehat karena tidak perlu menggunakan banyak minyak dan air.

Jika kamu tinggal sendiri dan membutuhkan makanan yang direbus, memasak dengan microwave adalah cara yang tepat. Tidak ada lagi masalah dengan menumis sayuran. Dengan cara kerja microwave ini memungkinkan kamu menumis sayuran dengan cepat.

Karena dilengkapi dengan wadah tahan panas, kamu dapat dengan mudah membuat sayuran tumis ke dalam microwave. Untuk membuat sayuran tumis yang enak, jangan mengisi wadah dengan air yang terlalu banyak. Selanjutnya atur waktu microwave sesuai dengan kematangan yang kamu inginkan.

2. Memanggang

Cara kerja microwave berikutnya yang paling umum adalah memanggang. Hasil memanggang makanan di microwave tidak jauh berbeda dengan memanggangnya di atas panggangan tradisional.

Cara kerja microwave lebih nyaman karena lebih sedikit mencuci peralatan masak setelah memanggang. Tetapi, memanggang dalam microwave membutuhkan waktu lebih lama daripada memanggang dalam oven.

3. Cara Kerja Microwave untuk Baking

Cara kerja microwave lainnya adalah untuk memanggang kue. Meskipun microwave tidak dapat memanggang semua jenis kue, kue seperti kue pisang dan kue cokelat dapat dibuat menggunakan microwave.

Saat ini kamu dapat mencari resep membuat kue dengan mudah hanya dengan menggunakan gelas dan mug saja. Kue mug sangat mudah dibuat karena hanya membutuhkan bahan dasar seperti telur, air dan terigu saja.

4. Cara Kerja Microwave untuk Menggoreng

Apakah kamu sudah mengetahui bagaimana cara kerja microwave untuk menggoreng makanan? Jika belum, terdapat fitur yang bisa kamu gunakan pada microwave. Namun, tidak semua makanan bisa digoreng dengan microwave.

Salah satu yang dapat dilakukan menggunakan cara ini adalah menggoreng kerupuk menggunakan microwave. Kamu dapat mengatur suhu maksimal untuk menggoreng kerupuk di dalam microwave.

Tunggu sebentar sampai mengembang, namun jangan sampai terlalu lama karena makanan bisa gosong. Hasilnya mungkin tidak terlihat seperti menggoreng dengan kompor, tetapi menggoreng dengan microwave memungkinkan kamu mengkonsumsi kerupuk yang bebas minyak.

Gascompsuperlock Shopee

Jenis Microwave Oven

Ada tiga jenis microwave oven di pasaran. Meski ada sedikit perbedaan tampilan, ketiga jenis microwave ini berbeda fungsinya. Berikut beberapa jenis microwave yang perlu kamu ketahui.

1. Microwave Biasa

Microwave biasa merupakan jenis microwave yang biasa digunakan di rumah. Fungsinya sangat sederhana yaitu menghangatkan makanan saja.

Jenis microwave ini dapat digunakan untuk memasak, tetapi hanya bisa yang simpel saja yaitu memasak mie rebus atau membuat sup. Microwave biasa juga digunakan untuk mencairkan daging beku.

2. Microwave Grill

Microwave ini tidak hanya digunakan untuk menghangatkan makanan saja, tetapi juga bisa digunakan untuk memanggang. Microwave ini biasanya mempunyai alas berjeruji yang digunakan untuk memanggang makanan.

Dengan microwave jenis ini, kamu bisa memanggang ikan, ayam, daging, dll. Karena microwave ini tidak terlalu besar, jadi kamu tidak bisa memanggang daging yang terlalu besar.

3. Convection Microwave

Microwave ini merupakan kombinasi dari microwave dan oven konvensional. Microwave jenis ini menggunakan suhu tinggi dan gelombang mikro untuk memanaskan makanan.

Makanan yang dimasak menggunakan microwave ini akan matang dengan cepat dan permukaan makanan akan berwarna kecokelatan.

Bagi yang suka membuat brownies dan pizza, microwave convection sangat direkomendasikan karena memberikan tekstur yang renyah dan matang sempurna.

Baca Juga : Fungsi Blender dan Perbedaannya dengan Juicer

Kelebihan dan Kekurangan Microwave Oven

Microwave oven mempunyai keunggulan dibandingkan oven konvensional. Bandingkan perbedaan antara microwave dan oven untuk mengetahui mana yang terbaik untuk kamu.

Kelebihan Microwave

  • Waktu memasak dan memanaskan lebih cepat karena memasak makanan dengan gelombang mikro.
  • Lebih sehat karena tidak membutuhkan minyak goreng untuk memanaskan makanan. Makanan yang dimasak menggunakan microwave mempunyai kandungan lemak dan kalori lebih sedikit karena kandungan tersebut akan hilang ketika sedang memasak.
  • Lebih mudah untuk mengatur suhu. Menggunakan microwave kamu dapat mengatur suhu yang lebih akurat, sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan makanan yang kamu masak menjadi gosong.

Kekurangan microwave

  • Tidak dapat menggunakan sembarang wadah. Karena ketika menggunakan microwave, sebaiknya kamu tidak menggunakan wadah logam karena gelombang mikro tidak dapat menembusnya. Jangan menggunakan wadah plastik atau melanin karena dapat mengeluarkan zat kimia ketika terkena gelombang mikro.
  • Tidak bisa buka tutup pintu Microwave. Apabila kamu terlalu sering membuka atau menutup microwave, maka akan membuat makanan menjadi tidak matang sempurna.
  • Tidak bisa menghasilkan makanan garing dan kecokelatan. Karena gelombang mikro akan menghangatkan makanan dari dalam, kemudian bagian luar. Sehingga bagian luar tersebut tidak bisa menjadi renyah atau berwarna kecokelatan.

Itulah informasi tentang cara kerja microwave, termasuk cara kerja setiap komponen dan jenis oven microwave terbaik di pasaran. Microwave adalah alternatif untuk memanaskan dan memasak makanan yang lebih sehat.

Namun, kamu perlu memperhitungkan pemakaian daya listrik yang tinggi untuk penggunaan di rumah. Jangan lupa mempertimbangkan ukuran microwave terbaik untuk dapur kamu. Lengkapi kebutuhan dapur kamu seperti kompor dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI, silahkan kunjungi Gascompsuperlock.com untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Gascompsuperlock Instagram