Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Cara Servis Regulator Kompor Gas Dengan Aman

Cara Servis Regulator Kompor Gas Dengan Aman – Kebocoran gas pada regulator kompor gas terjadi karena seal-seal karet yang ada pada tuas sakelar pembuka dan penutup menjadi keras, kehilangan kelenturannya, dan tidak mampu menutup rongga bagian dalam. Rongga ini berfungsi sebagai saluran keluar gas dari tabung ke tungku.

4 Cara Servis Regulator Kompor Gas

Cara Servis Regulator Kompor Gas 1

Karena tekanan udara di selang lebih tinggi dibandingkan tekanan udara di luar regulator, gas akhirnya akan keluar melalui lubang tempat saklar pembuka dan penutup.

Apabila karet seal pada tuas masih berfungsi dengan baik, lentur, dan memiliki daya pegas yang baik, maka gas tidak akan keluar melalui lubang saklar, namun akan keluar menuju selang kompor.

Jadi, apabila regulator bocor, berarti ada masalah dengan seal karetnya (lihat gambar nomor 4). Kamu mungkin perlu membongkar regulator dan mengganti karetnya daripada membeli regulator baru.

Tetapi, jika kamu ingin membeli regulator baru, kamu bisa mencoba bebrapa cara servis regulator kompor gas dibawah ini. Yuk simak!

Gascompsuperlock Home

1. Congkel Kancing Warna Merah Dengan Obeng Kecil

Cara servis regulator kompor gas yang pertama adalah membuka kancing berwarna merah (lihat gambar nomor 7) menggunakan obeng kecil atau ujung pisau.

Regulator yang tidak pernah dibongkar akan sangat sulit dibuka. Sehingga diperlukan obeng kecil dan lancip.

Setelah agak sedikit keluar, masukkan ujung obeng ke lubang kecil di kancing warna merah dan cungkil hingga terbuka, lalu tarik keluar. Lihat gambar di atas. Setelah kancing merah dapat dilepas, tarik tuas buka/tutup (lihat gambar 10).

Apabila kamu ingin melihat isi dalam regulator, tarik saja kancing warna hitam (gambar nomor 9) dan selanjutnya ambil tuas pengait (lihat gambar 8).

Cara Servis Regulator Kompor Gas 2

2. Melepas Karet Seal Yang Ada di Tuas Saklar Buka/Tutup

Jika kamu sudah membongkar isi regulator kompor gas, maka kamu akan melihat dua karet seal.

Karet seal inilah yang menjadi penyebab utama kebocoran gas dari regulator. Untuk memastikannya, gunakan obeng kecil untuk mencabut karet seal dari rongganya.

Jika kamu memegang karet seal tersebut, maka karet seal akan terasa keras, kaku, dan tidak lentur.

Baca Juga : 7 Desain Tempat Cuci Piring Sederhana Dari Kayu

3. Ganti Karet Seal Yang Keras dan Kaku

Cara servis regulator kompor gas selanjutnya adalah mengganti karet seal. Setelah kamu melepas karet seal yang keras dan kaku, kamu dapat menggantinya menggunakan karet seal yang baru.

Disarankan untuk mengganti ke 2 karet seal tersebut. Jika kamu ingin membeli karet seal, kamu dapat menemukannya di toko bangunan atau toko onderdil sepeda motor.

Jangan mengganjal menggunakan apapun untuk mengakali karet, seperti diganjal menggunakan isolatif atau plastik. Hal ini tentunya tidak membantu sama sekali, tetapi justru membuat risiko yang dapat membahayakan. Prosedur yang benar dan aman adalah mengganti karet seal.

Cara Servis Regulator Kompor Gas 3

4. Mengetahui Cara Kerja Regulator Kompor Gas

Apabila kamu ingin mengetahui cara kerja regulator kompor gas, lihat fungsi utama tuas saklar buka/tutup (gambar nomor 10).

Ujung sakelar (lihat Gambar 5) berada di samping saat sakelar dalam posisi mati. Saat sakelar dalam posisi on, ujung sakelar dalam posisi kebawah dan mendorong plunger (lihat gambar nomor 6).

Gascompsuperlock Tokopedia

Plunger yang didorong ujung sakelar akan membuka pintu tabung, hal ini memungkinkan gas keluar menuju selang kompor.

Bersamaan dengan plunger yang terdorong, tuas saklar (lihat desain tuas saklar di gambar nomor 3) juga menarik tuas pengait, hal tersebut akan mengait bibir tabung gas, dengan begitu regulator mencengkeram tabung dengan kuat.

Tuas saklar memainkan peran dalam mengatur pergerakan beberapa media kerja secara bersamaan seperti plunger dan tuas pengait.

Memahami cara mengganti karet seal di regulator dan cara kerja regulator kompor gas, akan mempermudah dalam memperbaiki regulator bocor di masa mendatang. Kamu juga bisa membantu tetangga yang mengalami kebocoran gas karena regulator rusak.

Baca Juga : Cara Kerja Microwave, Ini Penjelasan Lengkapnya!

Itulah beberapa cara servis regulator kompor gas dengan aman, semoga bermanfaat. Lengkapi kebutuhan dapur kamu seperti kompor dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI, silahkan kunjungi Gascompsuperlock.com untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Gascompsuperlock Instagram