Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

2 Penyebab Lampu Indikator Rice Cooker Tidak Menyala

2 Penyebab Lampu Indikator Rice Cooker Tidak Menyala – Bagi para ibu rumah tangga, kehadiran rice cooker tentunya sangat membantu selama di dapur. Dengan adanya perangkat elektronik ini, memasak nasi tidak lagi secara manual.

Namun terdapat beberapa masalah yang cukup sering terjadi seperti lampu indikator rice cooker tidak menyala, sehingga kamu tidak bisa memasak nasi.

Apa penyebab lampu indikator rice cooker tidak menyala dan bagaimana cara memperbaikinya? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Penyebab Lampu Indikator Rice Cooker Tidak Menyala

1. Kerusakan Saklar Otomatis

Jika lampu indikator rice cooker tidak menyala dapat mengindikasikan adanya kendala pada perangkat tersebut. Karena lampu indikator merupakan tanda bahwa rice cooker sedang bekerja, baik sedang menanak nasi atau sekedar memanaskannya.

Salah satu penyebab lampu indikator rice cooker tidak menyala yaitu rusaknya saklar otomatis. Sakelar tersebut terletak di dalam rice cooker, dan berfungsi untuk memutus aliran listrik ke tungku pemanas utama.

Gascompsuperlock Home

Sakelar otomatis bekerja sesuai dengan perintah thermostat, yang berfungsi sebagai sensor menutup dan memberi perintah pada sakelar otomatis untuk memutus aliran listrik saat nasi sudah matang.

Oleh karena itu, jika saklar otomatis rusak, maka perintah dari thermostat juga tidak akan dijalankan. Saklar ​​tidak akan memutus aliran listrik atau tidak menyuplai arus listrik ke arah tungku pemanas. Akibatnya lampu indikator rice cooker tidak menyala dan rice cooker tidak berfungsi.

2. Putusnya Elemen Tungku Pemanas

Penyebab lainnya dari lampu indikator rice cooker tidak menyala adalah elemen pemanas yang rusak. Hal ini dikarenakan elemen pemanas dari rice cooker berperan untuk memanaskan bagian teflon yang berisi nasi. Dengan adanya kerusakan ini, pemanas tentunya akan membuat proses memasak nasi tidak terjadi.

Selain dua masalah diatas, kemungkinan juga terdapat kerusakan pada lampu indikator itu sendiri. Kamu bisa mengetahuinya dengan mengecek apakah nasi bisa dimasak atau tidak.

Baca Juga : Model Kitchen Set Minimalis Mewah dan Inspiratif!

Jika demikian, masalahnya terdapat pada lampu indikator itu sendiri dan dapat diketahui dari nilai resistor lampu indikator rice cooker.

Apabila lampu indikator rice cooker menyala semua, mungkin juga ada masalah dengan elemen tersebut. Walaupun tidak secara langsung mempengaruhi kinerja perangkat, tetapi akan sangat mengganggu pengguna jika lampu indikator rice cooker tidak menyala atau menyala semua.

Cara Mengatasi Permasalahan pada Rice Cooker

1. Lampu Indikator Mati

Untuk memperbaiki lampu indikator rice cooker tidak menyala, kamu bisa periksa bagian pcb indikator. Cari bagian tersebut dan periksa apakah terdapat komponen yang rusak.

Gunakan multimeter kemudian arahkan selector ke bagian ohm x 1k. Namun pastikan bahwa multimeter sudah dikalibrasi. Apabila terdapat komponen yang rusak, multimeter jarum tidak menampilkan nilai hambatan.

Dalam kebanyakan kasus, komponen yang rusak dapat langsung dikenali dari kondisi fisiknya. Bagian yang gosong pada pcb indikator sering menunjukkan tanda-tanda kerusakan.

Untuk memperbaikinya, kamu hanya perlu mengganti resistor yang rusak menggunakan yang baru. Namun pastikan nilai resistornya sama supaya lampu indikator bisa menyala dan gunakan solder untuk mengganti resistor.

Gascompsuperlock Tokopedia

2. Kerusakan Lain

Jika lampu indikator rice cooker tidak menyala karena kerusakan lain, tentunya cara mengatasinya akan berbeda. Contohnya memperbaiki rice cooker yang konslet seperti penjelasan diatas yaitu saklar otomatis rusak atau elemen tungku yang putus, maka dapat diperbaiki dengan mengganti komponen yang rusak.

Karena terletak di dalam rice cooker, maka kamu harus membongkarnya terlebih dahulu. Oleh karena itu, dibutuhkan peralatan dan pengenalan komponen untuk menghindari kesalahan penanganan pada bagian-bagian rice cooker. Selanjutnya komponen yang rusak dapat diganti menggunakan yang baru.

Baca Juga : 7 Penyebab Gas Cepat Habis Padahal Jarang Dipakai

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki lampu indikator rice cooker tidak menyala atau mengalami masalah lainnya. Lengkapi kebutuhan dapur kamu seperti kompor dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI, silahkan kunjungi Gascompsuperlock.com untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Gascompsuperlock Instagram