Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Perbedaan Dapur Basah dan Dapur Kering, Yuk Kenali

Perbedaan Dapur Basah dan Dapur Kering, Yuk Kenali – Apakah kamu ingin merenovasi rumah dan ingin membuat dapur tampak rapi? Karena saat ini dapur rumah modern tidak hanya untuk memasak saja. Tetapi sebagai tempat untuk bertemu keluarga dan teman, sekaligus menikmati makanan dan camilan, atau hanya minum teh.

Oleh karena itu, rumah yang memiliki ukuran cukup besar, dapur akan dibagi menjadi dua bagian yaitu dapur basah dan dapur kering. Namun sebelum membuat desain dapur basah dan dapur kering, sebaiknya kamu mengetahui perbedaan keduanya. Yuk simak apa saja perbedaan dapur basah dan dapur kering.

5 Perbedaan Dapur Basah dan Dapur Kering

1. Fungsi Dapur Basah dan Dapur Kering

Dapur Basah

Dapur basah atau yang biasa disebut dapur kotor ini berfungsi untuk mengolah makanan. Baik itu makanan mentah sampai makanan menjadi matang. Dapur basah ini juga memungkinkan kamu untuk menyiapkan bahan masakan, menambahkan bumbu, dan menyelesaikan proses memasak.

Dapur Kering

Di sisi lain, dapur kering atau biasa disebut dapur bersih ini berfungsi sebagai tempat menyiapkan dan menyajikan makanan serta membuat minuman yang mudah disiapkan.

Selain itu, dapur kering juga dapat dijadikan salah satu tempat favorit di rumah karena mempunyai bar yang cocok untuk berkumpul bersama keluarga dan teman. Dan biasanya dapur kering ini digunakan untuk tempat meletakkan makanan.

Gascompsuperlock Home

2. Ukuran Dapur Basah dan Dapur Kering

Dapur Basah

Ukuran dapur basah biasanya lebih besar dibandingkan dapur kering. Dapur basah memang seharusnya mempunyai ukuran yang lebih besar, karena dapur basah menjadi tempat proses memasak berlangsung. Apabila dapur basah berukuran kecil, tentunya hal tersebut membuat proses memasak menjadi tidak nyaman.

Dapur Kering

Dapur kering tidak memiliki banyak fungsi dan aktivitas seperti dapur basah, dapur kering ini berukuran lebih kecil dan tidak memakan banyak ruang. Selain itu, dapur kering yang berukuran kecil sangat cocok dengan kegunaannya. Setidaknya dapur kering ini dibuat dalam ukuran 1 x 2 meter.

3. Posisi Dapur Basah dan Dapur Kering

Dapur Basah

Dapur basah biasanya terletak di bagian belakang rumah atau terkadang di bangunan yang terpisah. Dapur basah ini sering disebut dapur kotor sehingga tidak perlu dipamerkan atau diperlihatkan kepada tamu. Cukup dengan membuat ruang rahasia di sebagian rumah.

Baca Juga : 7 Penyebab Gas Cepat Habis Padahal Jarang Dipakai

Dapur Kering

Untuk dapur kering, kamu bisa menempatkannya di dekat ruang keluarga, karena tujuan dapur ini tidak jauh dari ruang tamu. Selain itu, memposisikan dapur kering lebih dekat dengan ruang keluarga memudahkan pemilik rumah menyiapkan makanan atau menyediakan ruang yang cukup untuk tamu. Oleh karena itu, dapur kering ini sebagai tempat yang lebih nyaman untuk berkumpul bersama keluarga dan teman.

4. Penggunaan Dapur Basah dan Dapur Kering

Dapur Basah

Kamu tentunya lebih banyak menghabiskan waktu di dapur basah karena menggunakannya untuk memasak. Karena bisa saja, dapur basah ini digunakan untuk memasak sekali atau dua kali sehari.

Dapur Kering

Sedangkan dapur kering tidak terlalu sering digunakan. Biasanya digunakan untuk menyajikan sarapan pagi atau menyiapkan makanan dan minuman untuk tamu.

Gascompsuperlock Lazada

5. Cara Perawatan Dapur Basah dan Dapur Kering

Dapur Basah

Dalam hal perawatan, tentunya dapur basah ini membutuhkan perawatan yang ekstra. Kamu harus membersihkan area dapur basah setelah selesai memasak. Sebab, jika membiarkan dapur basah begitu saja, maka akan membuatnya terlihat kotor dan kotoran semakin menumpuk.

Dapur Kering

Sedangkan dapur kering tidak membutuhkan perawatan yang ekstra. Kamu hanya perlu mengelapnya saat ada yang tumpah. Untuk membersihkannya, harap bersihkan seperti biasa layaknya ruangan umum lainnya.

Baca Juga : Cara Mencuci Panci Listrik Beserta Kelebihannya

Itulah perbedaan dapur basah dan dapur kering. Semoga membantu! Lengkapi kebutuhan dapur kamu seperti kompor dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI, silahkan kunjungi Gascompsuperlock.com untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Gascompsuperlock Instagram