Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Jenis Jenis Oven Untuk Memanggang, Yuk Kenali!

Jenis Jenis Oven Untuk Memanggang, Yuk Kenali! – Jika kamu sebagai pemula dalam dunia baking, ada beberapa kue dan roti yang bisa dikukus, digoreng, atau dipanggang. Namun, metode yang paling sering digunakan dalam buku resep yaitu memanggang dengan oven.

Oleh karena itu,seorang baker wajib memiliki oven. Sebelum memulai proses baking, sangat penting bagi kamu untuk mengetahui jenis-jenis oven dan tips untuk memilih oven.

Ada banyak jenis oven, mulai dari oven kompor, oven listrik, oven gas, oven konvensional hingga oven hybrid. Setiap oven tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan dalam proses memanggangnya.

Gascomp membagikan beberapa tips untuk kamu sebelum membeli oven. Ada beberapa pertimbangan dalam memilih jenis oven yaitu dari bentuk, ukuran, fungsi, bahkan merek.

Jenis Jenis Oven

1. Oven Tangkring/Oven Kompor

Jenis oven ini terbuat dari besi atau aluminium. Ada dua versi jenis oven ini yaitu Oven yang mempunyai bagian atas lurus dan ada juga yang bagian atas cekung.

Keuntungan dari Oven Tangkring/Oven Kompor:

  • Harganya lebih murah dibandingkan jenis oven lainnya
  • Kapasitas serta kemampuan yang sangat memadai untuk pemula maupun pengusaha kelas menengah
  • Oven ini lebih cepat panas dibandingkan oven listrik.

Kekurangan dari Oven Tangkring/Oven Kompor:

  • Oven ini tidak memiliki termometer atau indikator suhu, sehingga kamu harus menebak suhunya.
  • Jika kamu menggunakan termometer, Maka harus sering melakukan pengecekan tingkat kematangan makanan.
  • Posisi pemasangan oven harus tepat di atas kompor dan ditopang secara seimbang. Berbeda kompor maka berbeda pula tatakannya. Sehingga, kamu harus membeli tatakan oven ini secara terpisah

Gascompsuperlock Home

2. Oven listrik

Salah satu jenis oven yang serbaguna dan praktis dengan mengandalkan sumber panas listrik. Tentu saja cara pemakaiannya, cukup colokkan pada sumber listrik, atur tombol suhu dan waktu, dan kamu bisa menunggu makanan matang sambil melakukan pekerjaan rumah tangga lainnya. Oven listrik ini memiliki kapasitas dan ukuran volume yang beragam, dari ukuran terkecil hingga 9 liter.

Keuntungan dari oven listrik:

  • Oven jenis ini memiliki pengaturan suhu dan waktu memanggang secara otomatis
  • Harganya juga cukup terjangkau sesuai dengan merknya
  • Oven ini memiliki pengaturan api atas dan bawah dan dapat digunakan secara terpisah maupun bersamaan. Sebagian merk lain juga sudah memiliki fungsi grill.

Kekurangan dari oven listrik:

Konsumsi daya oven listrik pasti berpengaruh kepada tagihan listrik, sehingga tagihan listrik bisa lebih tinggi dari biasanya.

3. Oven Gas

Jenis oven gas ini mempunyai kapasitas yang besar, dan menggunakan gas elpiji sebagai bahan untuk menghasilkan panas. Oven gas ini mempunyai fitur otomatis yang dilengkapi dengan sistem pemanasan di atas maupun dibawah. Oven jenis ini biasanya digunakan oleh pebisnis kelas menengah hingga atas.

Keuntungan kompor gas:

  • Kapasitas pemanggangan yang besar, sangat cocok bagi pelaku bisnis bakery
  • Kontrol suhu serta sistem pemanas atas dan bawah yang otomatis

Kekurangan dari oven gas:

  • Harga cukup mahal
  • Terlalu banyak gas yang terbuang
  • Kamu harus rajin mengecek gas untuk mewaspadai terjadinya kebocoran gas yang mudah terjadi apabila kamu tidak teratur merawatnya

Baca Juga : Cara Mencuci Panci Listrik Beserta Kelebihannya

4. Oven Konvensional

Jenis oven ini biasa ditemukan di rumah kelas menengah ke atas. Posisi oven ini menyatu dengan kompor gas yang terletak di bawah tungku. Ada dua jenis oven konvensional, yang menggunakan listrik dan yang menggunakan gas.

Keuntungan:

  • Memiliki bodi yang kuat dan kokoh, dan juga terdapat pengaturan suhu, waktu, dan lampu.
  • Memiliki kapasitas tampung yang besar

Kekurangan:

Proses pemanasan mungkin tidak merata.

5. Oven Konveksi

Sama seperti jenis oven konvensional, tetapi oven konveksi memiliki kipas di dalamnya. Kipas ini berfungsi untuk menyeimbangkan panas di dalam oven agar makanan matang lebih merata. Keunggulan dari oven ini adalah dapat menghemat waktu kamu hingga 20% dibandingkan dengan oven konvensional. Oven ini menghasilkan kue menjadi lebih renyah dan garing, maka kamu perlu memperhatikan suhu dan juga waktu memanggang karena oven konveksi menghasilkan makanan yang lebih kasar.

6. Oven Hybrid

Oven Hybrid mempunyai kombinasi dua metode berbeda yang disatukan. Oven ini merupakan kombinasi dari oven listrik dan oven gas. Biasa digunakan oleh pemilik toko roti, karena oven canggih ini memiliki isolator panas yang sangat baik, pengaturan suhu, waktu, termometer, lampu indikator,yang semuanya bekerja secara otomatis. Oven ini juga memiliki fungsi microwave yang digunakan sebagai pemanas makanan.

Gascompsuperlock Shopee

Tips memilih oven terbaik

Bagi pemula atau home baker, Oven yang sangat disarankan yaitu menggunakan oven listrik karena penggunaannya yang nyaman dan efisien. Seiring dengan semakin majunya industri bakery kamu, maka ada beberapa jenis oven yang cocok untuk usaha rumahan, menengah maupun profesional.

1. Kapasitas Tungku

Satu hal yang harus kamu pertimbangkan sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu adalah kapasitas tungku. Bagi pelaku usaha kamu harus memperhitungkan kapasitas produksi yang berbeda-beda untuk memilih oven mana yang akan kamu gunakan.

2. Daya Oven

Saat memilih kompor listrik, kamu harus memastikan oven yang kamu pilih sudah sesuai dengan daya rumah kamu. Fitur dan merk oven ini lah yang mempengaruhi daya oven. Maka dari itu, pilih merk kompor listrik yang sudah terkenal dan memiliki penilaian yang bagus.

Baca Juga : Ciri Ciri Kompresor Kulkas Rusak, Yuk Ketahui!

3. Material dan Fitur Oven

Yang sering diabaikan oleh pembuat roti adalah bahan dan karakteristik oven yang mereka gunakan. Stainless steel merupakan bahan yang sangat baik untuk oven. Karena tahan lama, ringan dan mampu menghantarkan panas secara merata. Lengkapi kebutuhan dapur kamu seperti kompor dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI, silahkan kunjungi Gascompsuperlock.com untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Gascompsuperlock Instagram