Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Ciri Ciri Kompresor Kulkas Rusak, Yuk Ketahui!

Ciri Ciri Kompresor Kulkas Rusak, Yuk Ketahui! – Apakah makanan yang kamu masukkan ke dalam kulkas tidak menjadi dingin? Masalah ini biasanya disebabkan oleh kompresor yang rusak. Yuk simak penjelasan dibawah ini ciri ciri kompresor kulkas rusak.

Kulkas merupakan salah satu perabotan sehari-hari yang sangat penting di dalam rumah. Pasalnya, kulkas dapat menyimpan, mendinginkan, dan mengawetkan makanan dalam waktu yang lama.

Namun masalah umum dapat terjadi, seperti kulkas tiba-tiba menjadi tidak dingin. Selalu perhatikan kulkas yang kamu punya agar makanan tidak menjadi basi.

Kerusakan kulkas bisa disebabkan oleh beberapa faktor, namun masih bisa diperbaiki. Untuk memperbaiki kulkas yang tidak dingin, kamu perlu mencari sumber masalahnya terlebih dahulu.

Salah satu masalah yang menyebabkan kulkas tidak dingin yaitu kerusakan kompresor. Kompresor merupakan bagian terpenting dari kulkas dan mempunyai fungsi sebagai berikut.

  • Menyedot cairan refrigeran.
  • Memberi tekanan gas ke refrigeran.
  • Memompa refrigeran.

Untuk mengetahui kerusakan kompresor, terdapat beberapa hal yang harus dilakukan. Pada artikel ini Gascomp akan berbagi informasi tentang ciri ciri kompresor kulkas rusak. Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Gascompsuperlock Home

5 Ciri Ciri Kompresor Kulkas Rusak

1. Mengeluarkan Suara Berisik

Salah satu ciri ciri kompresor kulkas rusak yaitu jika kamu mendengar suara yang sangat keras atau berisik. Apabila kamu mendengar suara ini yang berasal dari kulkas, kemungkinan kompresor kulkas kamu mengalami kerusakan.

Gejala tersebut biasanya disertai dengan lampu kulkas yang padam selama beberapa hari ke depan. Pada umumnya kerusakan kompresor disebabkan oleh usia yang sudah tua dan bagian internal yang sudah usang.

2. Terdengar Suara Berdengung

Suara kompresor yang rusak belum tentu berisik, namun bisa saja hanya berdengung. Penyebab dengungan ini berbeda dengan poin pertama.

Suara dengungan biasanya disebabkan oleh tegangan listrik yang terlalu rendah atau terlalu tinggi. Kondisi ini disertai dengan peningkatan ampere kompresor dan matinya mesin kompresor.

Baca Juga : Jenis Jenis Oven Untuk Memanggang, Yuk Kenali!

3. Tidak Dingin

Ciri ciri kompresor kulkas rusak yang mudah dikenali yaitu makanan tidak menjadi dingin walaupun sudah lama disimpan di dalam kulkas. Apabila dibiarkan begitu saja, maka makanan di dalamnya akan lebih cepat basi.

Coba juga periksa bagian freezer dengan cara membekukan air di dalam freezer. Apabila air tidak membeku setelah lama disimpan, maka ada kemungkinan kompresor kulkas kamu rusak.

4. Meningkatnya Daya Arus Listrik Kompresor

Salah satu cara untuk mengetahui apakah kompresor dalam keadaan baik atau rusak yaitu dengan ampere meter. Apabila arus listrik melebihi batas normal, mungkin itu pertanda kompresor rusak.

Apabila kamu masih tidak yakin, periksa tekanan freon pada kulkas kamu. Hal ini karena peningkatan arus listrik pada kulkas juga dapat dipengaruhi oleh tekanan freon.

Gascompsuperlock Lazada

5. Kompresor Mati

Ciri ciri kompresor kulkas rusak yang paling jelas yaitu kompresor tidak berfungsi sama sekali. Untuk memeriksanya, sambungkan pitting kulkas ke sakelar listrik.

Apabila kompresor tidak berfungsi, hal tersebut bisa menjadi indikasi pertama bahwa kompresor kulkas rusak.

Selanjutnya, periksa untuk melihat apakah relay PTC atau overload-nya putus atau tidak. Kemudian berikan tegangan listrik ke kompresor secara langsung. Jika kompresor tidak merespon sama sekali, sudah pasti kompresor rusak.

Baca Juga : Ukuran Meja Makan 4 Kursi Yang Ideal

Itulah ciri ciri kompresor kulkas rusak yang perlu kamu ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat. Lengkapi kebutuhan dapur kamu seperti kompor dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI, silahkan kunjungi Gascompsuperlock.com untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Gascompsuperlock Instagram