Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Contoh Peralatan Kitchen Equipment, Yuk Kenali Apa Saja!

Contoh Peralatan Kitchen Equipment, Yuk Kenali Apa Saja! – Peralatan dapur semakin berkembang sesuai dengan fungsinya dari waktu ke waktu.

Untuk memenuhi kebutuhan memasak skala besar, tentunya kamu membutuhkan peralatan dapur yang canggih dan bisa menghasilkan makanan dalam jumlah besar dengan tetap menjaga kualitas dan rasa.

Peralatan dapur equipment umumnya digunakan dalam industri yang berhubungan dengan tata boga yaitu restoran, kafe, hotel, katering, bar, central kitchen, dll.

Peralatan dapur equipment ini sangat penting karena merupakan alat andalan koki dan juru masak untuk menyiapkan hidangan khusus para pelanggan.

Sebagian dari kamu mungkin belum banyak yang mengetahui nama dan fungsi peralatan kitchen equipment. Di antara sekian banyak alat dan berbagai jenis peralatan dapur, terdapat juga peralatan dapur dengan fungsi yang kompleks dan spesifik.

Apa itu Kitchen Equipment

Menurut pakar dan pegiat dapur yang dikutip dari website RealSimple, kitchen equipment merupakan peralatan dapur yang mencakup berbagai alat yang diperlukan untuk mendukung produktivitas yang berkelanjutan di dapur.

Peralatan Kitchen Equipment dan Fungsinya

Ada banyak jenis peralatan kitchen equipment, namun masing-masing peralatan memiliki kegunaannya masing-masing. Dirancang supaya kamu tidak terganggu saat bekerja di dapur yang dinamis dan selalu melayani pelanggan. Dan juga untuk mempersiapkan hidangan khas yang berkualitas.

Fungsi kitchen equipment itu sendiri yaitu untuk menyimpan perkakas, menyimpan bahan makanan (mentah/matang), dan melakukan kegiatan operasional dapur. Selain itu, selalu pastikan menggunakan peralatan kitchen equipment dengan bahan baja seperti baja hitam, baja stainless steel, serta alumunium.

Gascompsuperlock Home

1. Stove

Peralatan kitchen equipment berikutnya adalah stove. Penggunaan stove atau yang biasa dikenal dengan kompor ini sudah sangat jelas fungsinya dan masyarakat sudah tahu cara kerjanya.

Kompor digunakan untuk mengeksekusi makanan yang akan kamu masak. Bakan bakar kompor yang biasa digunakan yaitu gas ataupun listrik.

2. Potato Peeler

Penggunaan fungsional potato peeler ini pada dasarnya hanya untuk mengupas kentang saja, untuk hasil yang maksimal dan akurat (termasuk quality control di berbagai restoran). Terdapat juga panel kontrol yang mudah dipahami dan lapisan batu untuk mengupas kentang.

3. Meat Slicer & Grinder

Peralatan kitchen equipment ini merupakan alat untuk mencincang dan mencacah daging (meat grinder), serta untuk memotong dan mengiris daging (meat slicer).

Meat grinder digunakan sebagai alat penggiling daging untuk membuat bakso, beef, dll. Sedangkan meat slicer digunakan untuk memotong daging, sayuran, dan roti dengan hasil ketebalan dan presisi yang sama. Bahan bakar untuk sumber energi ini adalah listrik.

4. Salamander

Peralatan kitchen equipment selanjutnya adalah alat untuk menyempurnakan hasil pembakaran yang tidak sempurna. Sumber energi untuk alat ini adalah listrik, tetapi umumnya seperti menggunakan pemanggang arang atau charchoal grill, dengan menggunakan batu lava (lava rock).

Lava rock tidak hanya murah dan berfungsi dengan baik, tetapi juga sangat bagus dan efisien untuk mendapatkan hasil pembakaran yang sempurna dalam jangka panjang.

5. Rice Cooker

Alat ini merupakan tempat untuk memasak nasi yang sangat efisien. Biasa disebut magic com/magic jar. Untuk masakan rumahan, model sederhana seperti ini bisa memuaskan rasa lapar seluruh keluarga.

Baca Juga : Cara Memasang Gorden Kolong Dapur Supaya Terlihat Menarik

6. Work Table

Salah satu yang harus dimiliki di dapur adalah work table. Alat ini merupakan peralatan besar yang ada di dapur dengan kemampuannya yang sangat kompleks dan multifungsi.

Meja ini digunakan untuk berbagai aktivitas di dapur dan berfungsi sebagai tempat bekerja para chef dan asistennya meracik.

7. Cabinet (Table/ Wall)

Kamu tentunya sering melihat cabinet ini pada peralatan dapur. Cabinet atau yang biasa disebut dengan lemari, merupakan furniture dapur yang sangat penting. Jika tidak ada lemari, maka kamu akan kebingungan untuk menyimpan bahan makanan dan peralatan dapur.

Furnitur ini memiliki fungsi dan keunggulan sebagai tempat menyimpan segala sesuatu yang ada di dapur. Artinya, kamu dapat meletakkan berbagai peralatan dapur yang kamu gunakan.

8. Oven

Oven adalah peralatan kitchen equipment yang digunakan sebagai alat untuk memanggang produk. Bisa juga digunakan sebagai alat untuk roasting daging (roasted meat) dan pastry.

9. Deep Fryer

Deep fryer berfungsi untuk menggoreng semua kebutuhan memasak apa pun yang diharuskan untuk digoreng. Peralatan ini biasanya digunakan untuk menggoreng ayam, kentang, dll. Kenapa disebut deep fryer? Hal ini karena saat menggoreng, produk tersebut akan tenggelam sampai kedalam dan mendapatkan hasil yang merata sampai ke daging.

Gascompsuperlock Lazada

10. Freezer

Freezer atau yang biasa dikenal dengan kulkas memainkan peran penting pada sebagian besar dapur rumah, terutama dapur komersil. Freezer mempunyai unsur refrigerate yang diperlukan untuk menyimpan bahan dan resep pada suhu yang rendah.

Cara kerjanya pun juga praktis, cukup atur suhu yang diinginkan. Tentunya suhu di dalam freezer ini bisa mencapai hingga -21°C sampai berbentuk beku.

11. Sink Washtafel

Alat ini merupakan salah satu peralatan kitchen equipment yang harus dimiliki di ruang dapur. Fungsi washtafel digunakan untuk mencuci berbagai bahan makanan, membersihkan peralatan, dan lain sebagainya.

12. Kompor (Kwali Range)

Kwali range banyak digunakan di industri makanan dan minuman, hotel, kedai makan, dan restoran. Bahkan, peralatan kitchen equipment ini dapat meningkatkan kinerja juru masak yang menangani makanan agar lebih efisien dan praktis.

Secara umum, kompor gas Kwali Range berlaku untuk berbagai industri makanan dan minuman, seperti kedai makanan yang mengutamakan cita rasa unik. Memiliki tekanan panas api yang sangat tinggi sehingga memudahkan kamu saat bekerja di dapur.

Dengan peralatan kitchen equipment ini, tekanan dapat diatur menjadi 3 tekanan yang berbeda yaitu tekanan rendah (low pressure), tekanan sedang (medium pressure) dan bisa juga automatic air regulator yang secara otomatis mati dengan settingan yang telah ditetapkan.

Baca Juga : Cara Menggunakan Panci Listrik Agar Masakan Kamu Menjadi Lezat

13. Noodle Boiler

Peralatan kitchen equipment ini sangat ideal untuk hidangan yang mempunyai ciri khas berupa mie. Contohnya Japanese food, Korean food, Indian food dan lain-lain. Lengkapi kebutuhan dapur kamu seperti kompor dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI, silahkan kunjungi Gascompsuperlock.com untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Gascompsuperlock Instagram