Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Cara Menyimpan Bahan Makanan di Kulkas Supaya Awet dan Tahan Lama

Cara Menyimpan Bahan Makanan di Kulkas Supaya Awet dan Tahan Lama – Apakah kamu sering membuang bahan makanan karena tidak mengetahui cara menyimpannya di kulkas dengan benar? Padahal kulkas berfungsi untuk meningkatkan kualitas dan memperpanjang umur simpan bahan makanan.

Beberapa jenis bahan makanan mungkin memerlukan perlakuan khusus untuk menghindari terkontaminasi dengan bakteri di dalam kulkas. Oleh karena itu, tidak semua bahan makanan dapat disimpan di kulkas. Lantas bagaimana cara menyimpan bahan makanan di kulkas dengan benar? Yuk simak artikel di bawah ini.

6 Cara Menyimpan Bahan Makanan di Kulkas

1. Bahan Makanan Harus Bersih

Cara menyimpan bahan makanan di kulkas yang pertama adalah memastikan bahan makanan yang akan kamu simpan di kulkas sudah dicuci bersih dan dipotong-potong sesuai dengan kebutuhan.

Hal tersebut bertujuan untuk mempermudah kamu ketika ingin menggunakan bahan makanan di kemudian hari. Selain itu, bahan makanan yang lebih kecil akan mempercepat proses pendinginan.

Gascompsuperlock Home

2. Pisahkan Bahan Makanan Berdasarkan Jenis

Meletakkan bahan makanan berdasarkan jenis akan membuat kamu lebih mudah dalam memilih bahan makanan. Hal ini juga bertujuan untuk mencegah kontaminasi bahan makanan yang mudah rusak seperti daging, telur dan susu.

Kontaminasi dapat menyebabkan perubahan rasa dan tekstur bahan makanan. Disarankan untuk meletakkan bahan makanan yang mudah rusak di rak bawah supaya tidak mencemari bahan makanan lainnya yang ada di kulkas.

3. Gunakan Wadah Yang Benar

Pastikan bahan makanan yang kamu simpan di kulkas sudah dikemas dengan baik. Gunakan wadah penyimpanan makanan yang sesuai seperti kantong atau box.

Wadah plastik dan kaca lebih bagus dibandingkan bahan lain yang cenderung mudah bocor dan menimbulkan bau. Selain itu, pastikan wadah tertutup rapat supaya bahan makanan tidak terpapar oleh udara.

Baca Juga : Cara Menggunakan Panci Listrik Agar Masakan Kamu Menjadi Lezat

Jika ingin cara menyimpan bahan makanan di kulkas yang lebih praktis, kamu bisa menggunakan metode food prep yang berguna untuk membantu kegiatan dapur, khususnya memasak.

4. Jangan Menyimpan Masakan Matang

Hindari untuk menyimpan masakan yang baru matang. Makanan yang panas bisa menyebabkan kulkas bekerja lebih ekstra untuk menurunkan suhu di dalamnya.

Jika kondisi ini berlanjut, maka kulkas dapat mengalami malfungsi atau menjadi rusak. Selain itu, jika suhu kulkas mengalami peningkatan, maka bakteri dan mikroba bisa aktif kembali.

Tentunya hal tersebut dapat menyebabkan bahan makanan yang disimpan menjadi terkontaminasi atau menjadi rusak.

Gascompsuperlock Shopee

5. Bersihkan Kulkas Secara Rutin

Membersihkan kulkas secara rutin bisa membantu untuk mengurangi perkembangan bakteri, memperpanjang umur pemakaian kulkas dan juga memastikan kulkas berfungsi dengan baik.

6. Buang Bahan Makanan yang Sudah Kondisi Buruk

Makanan yang tidak segar atau sudah dalam kondisi busuk bisa kamu buang supaya tidak mencemari bahan makanan lainnya.

Agar bahan makanan tidak terbuang sia-sia. Kamu dapat membeli bahan makanan sesuai kebutuhan, tetapi jangan menyimpannya di kulkas lebih dari sebulan.

Baca Juga : Rice Cooker Berapa Watt? Ini Perhitungannya

Dengan menerapkan cara menyimpan bahan makanan di kulkas yang sudah dijelaskan, maka kamu dapat menyimpan bahan makanan lebih lama dan mempertahankan kualitasnya. Lengkapi kebutuhan dapur kamu seperti kompor dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI, silahkan kunjungi Gascompsuperlock.com untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Gascompsuperlock Instagram