Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Pemantik Kompor Tanam Tidak Menyala

Pemantik Kompor Tanam Tidak Menyala, Ini Cara Ampuh Mengatasinya!

Pemantik Kompor Tanam Tidak Menyala, Ini Cara Ampuh Mengatasinya! – Kompor tanam saat ini adalah salah satu teknologi peralatan dapur terbaru. Meskipun lebih maju daripada konvensional, tetapi masih memiliki masalahseperti pemantik mati. Berikut penyebab pemantik kompor tanam tidak menyala dan cara mengatasinya.

Karena bentuk dan pengoperasiannya sangat berbeda dengan kompor gas, masih banyak orang yang bingung saat terjadi masalah. Salah satu kejadian yang sering terjadi adalah pemantik kompor tanam tidak menyala. Daripada hanya menebak-nebak, silahkan baca penjelasan di bawah ini untuk mengetahui kemungkinan penyebabnya pemantik kompor tanam tidak menyala.

Penyebab Pemantik Kompor Tanam Tidak Menyala

1. Aliran Gas yang Tersumbat

Salah satu penyebab paling umum adalah aliran gas tersumbat sehingga menyebabkan pemantik tidak bisa menyala. Hal ini juga biasa terjadi pada kompor gas yang regulator atau selangnya rusak sehingga menimbulkan masalah.

Dalam hal ini regulator biasanya langsung diganti. Namun solusi ini hanya berlaku untuk kompor gas biasa. Kompor tanam punya solusi lain. Hal ini karena pengaliran panas api didistribusikan melalui listrik bukan dari gas.

2. Terjadi Masalah Pada Knop

Masalah selanjutnya yang mungkin terjadi adalah knop kompor. Dalam hal ini, nyala api akan menjadi tidak stabil, bisa saja api menjadi besar atau kecil sehingga kamu tidak akan bisa memasak dengan baik. Namun, masalah ini juga terjadi pada kompor gas.

Solusi untuk memperbaikinya adalah membuka bagian knop dengan tang. Bersihkan bagian spuyer dan pemutar hingga bersih. Kemudian coba pasangkan kembali. Kompor gas dijamin bisa menyala seperti semula. Nyala api akan stabil dan masakan kamu dapat matang dengan sempurna.

3. Kehabisan Gas

Penyebab pemantik kompor tanam tidak menyala berikutnya adalah kehabisan gas. Sebenarnya, ini adalah masalah yang sangat sederhana, tetapi sering dilupakan. Jika api sangat biru dan bau gas menguar dengan kuat, sebaiknya periksa ketersediaan gas.

Jika gas sudah habis, solusinya hanya mengganti gas. Jika sudah mengganti gas, kamu bisa menyalakan kembali kompor seperti biasa. Tanda yang paling umum adalah adanya bau menyengat yang menguar selama api menyala.

Baca Juga : Regulator Gas Otomatis Mati Sendiri, Kenali Cara Kerjanya!

4. Pemantik Tidak Mengeluarkan Api

Kondisi pemantik yang rusak juga bisa menjadi salah satu penyebab kompor bermasalah. Hal ini biasanya disebabkan oleh kotoran di ujung pemantik yang menyebabkannya tidak berfungsi dengan baik.

Jangan lupa bersihkan kotorannya sampai bersih. Jika ternyata keadaan aus, kamu dapat mengganti dengan komponen baru. Sehingga api kompor tetap menyala dengan sempurna.

Jangan lakukan Hal-Hal ini Jika Tidak Ingin Kompor Cepat Rusak

  • Tungku Kompor yang kotor dan tidak pernah dibersihkan
  • Membersihkan kerak dengan benda tajam
  • Membersihkan kompor dengan bahan kimia
  • Jangan meninggalkan masakan terlalu lama
  • Meninggalkan kotoran di atas kompor

Baca Juga : 9 Alat Dapur Yang Cocok Untuk Kado Pernikahan

Itulah beberapa informasi tentang penyebab pemantik kompor tanam tidak menyala. Tentunya tetap jaga kebersihan dan tidak meninggalkan kerak. Dapatkan regulator gas terbaik berkualitas tinggi dan sudah standar SNI di Gascompsuperlock.com. Hanya disini kamu akan menemukan berbagai macam regulator gas dan peralatan kompor gas berkualitas tinggi.