Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Perbedaan Kompor Minyak dan Kompor Gas

Perbedaan Kompor Minyak dan Kompor Gas

Perbedaan Kompor Minyak dan Kompor Gas – Peralatan masak yang sangat penting di dapur adalah kompor. Kompor memainkan peran penting, jadi kamu harus memilihnya dengan teliti sebelum membeli.

Ada beberapa jenis kompor yang bisa menjadi pilihan yaitu kompor gas, kompor minyak tanah, kompor listrik, kompor halogen, dan kompor induksi. Pada artikel ini akan dijelaskan perbedaan kompor minyak dan kompor gas yang saat ini banyak digunakan.

Perbedaan Kompor Minyak dan Kompor Gas

Kompor Gas

Faktanya, kompor gas hadir dalam beberapa jenis yaitu kompor freestanding, kompor portabel, dan kompor tanam. Namun secara umum, kompor gas yang diketahui oleh masyarakat hanya memiliki dua tungku. Dan bentuknya bahkan lebih besar dari kompor portable yang hanya memiliki satu tungku, keduanya terdapat selang yang terhubung ke tabung gas.

Mengingat banyaknya kejadian yang disebabkan oleh komponen kompor gas yang tidak berfungsi dengan baik, maka pemilihan kompor gas yang benar sangatlah penting. Kamu bisa mendapatkan regulator gas terbaik berkualitas tinggi dan sudah standar SNI di Gascompsuperlock.com. Hanya disini kamu akan menemukan berbagai macam regulator gas dan peralatan kompor gas berkualitas.

Jenis – Jenis Kompor Gas

  • Kompor Gas Portabel

Kompor gas portable adalah jenis kompor gas yang paling umum digunakan di dapur. Karena harganya yang sangat terjangkau serta komponennya dapat dengan mudah dibongkar pasang supaya bisa dipindahkan.

Biasanya kompor diletakkan di atas meja dapur, selang diletakkan di belakang meja, dan tabung gas diletakkan di bawah meja. Beberapa orang menginginkan kondisi dapur yang rapi, sehingga mereka membuat meja dapur khusus untuk kompor gas dengan bagian bawah tertutup.

  • Kompor Gas Freestanding

Kompor gas freestanding memiliki ukuran paling besar diantara jenis kompor gas lainnya. Kompor ini berdiri sendiri dan mempunyai pelindung khusus pada bagian belakang yang berfungsi untuk backsplash dapur.

Kompor gas jenis ini biasanya terdiri dari 4 atau 6 tungku dan memiliki oven di bagian bawah. Direkomendasikan untuk yang suka memasak dan membuat kue. Selain menghemat tempat, kamu juga tentu lebih menghemat biaya jika mengincar oven.

  • Kompor Gas Tanam

Kompor jenis ini dirancang menyatu dengan kitchen island. Karena sifatnya yang permanen, kamu perlu mempertimbangkan berbagai hal sebelum membuatnya. Terdapat 2 atau 4 tungku yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

  • Kompor Gas Komersil

Jika kompor gas umumnya berukuran sedang, kompor gas komersil ini berukuran besar dan terbuat dari besi cor. Api yang dihasilkan juga sangat besar. Maka dari itu kompor ini cocok untuk pemilik restoran.

Kompor gas komersil ini biasanya hanya terdiri dari satu tungku. Dengan menggunakan kompor gas komersil, Makanan yang dimasak akan cepat matang. Tamu kamu juga tidak perlu menunggu lama untuk makanan mereka.

Baca Juga : Api Kompor Berwarna Hijau, Perhatikan Hal Ini!

  • Kompor Gas Satu Tungku

Kompor gas satu tungku dapat digunakan pada dapur yang tidak terlalu besar. Direkomendasikan untuk yang masih tinggal sendiri dan sering makan di luar. Kompor gas ini sangat cocok untuk memanaskan air, menggoreng telur dan sosis, memasak makanan instan, serta menghangatkannya.

  • Kompor Gas Dua Tungku

Kompor gas 2 tungku merupakan kompor yang populer di kalangan ibu rumah tangga. Karena kamu bisa memasak dua hidangan sekaligus. Dengan menggunakan kompor pertama untuk membuat sup dan menggunakan kompor kedua untuk menumis sayuran supaya bisa menghemat waktu!

  • Kompor Gas Empat Tungku

Jenis kompor berikutnya lebih keren lagi karena memiliki empat tungku sekaligus. Kompor gas ini pada umumnya digunakan oleh orang yang hobi memasak atau koki profesional.

Berfungsi juga untuk memasak beberapa hidangan yang bahan-bahannya dimasak dengan cara yang berbeda dan selanjutnya dicampur pada waktu yang bersamaan.

Dalam hal ini, sebaiknya memiliki empat tungku yang menyala. Tidak hanya akan menghemat waktu, tetapi juga akan memberikan tekstur dan rasa yang tepat pada makanan.

Kompor Minyak Tanah

Kompor jenis ini sudah populer jauh sebelum munculnya kompor gas. Kompor berbahan bakar minyak tanah memiliki sumbu di sekeliling kompor bagian dalam, yang berfungsi untuk menyerap minyak tanah hingga bisa naik keatas.

Untuk menyalakannya cukup mudah dengan menggunakan batang lidi yang agak tebal dan panjang. Kemudian mencelupkannya ke dalam minyak tanah, kemudian lidi yang sudah dicelupkan sedikit dibakar, lalu disulutkan kesekeliling ujung sumbu.

Meski kompor ini banyak dipilih oleh masyarakat umum, namun tetap ada kekurangannya. Antara lain, kompor seringkali harus dibongkar dan dibersihkan akibat sisa sumbu yang terbakar. Karena ketiadaan minyak tanah, kompor jenis ini sekarang ditinggalkan.

Baca Juga : 5 Cara Memperbesar Api Kompor Gas

Itulah penjelasan tentang perbedaan kompor minyak dan kompor gas, baik kompor gas maupun kompor minyak tanah memiliki manfaat yang sama, jadi tergantung selera dan keinginan masing-masing. Dapatkan regulator gas terbaik berkualitas tinggi dan sudah standar SNI di Gascompsuperlock.com. Hanya disini kamu akan menemukan berbagai macam regulator gas dan peralatan kompor gas berkualitas.