Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Cara Menggunakan Kompor Gas Portable

Cara Menggunakan Kompor Gas Portable Yang Aman

Cara Menggunakan Kompor Gas Portable Yang Aman – Penggunaan kompor portable saat ini sedang populer untuk berbagai keperluan memasak, desainnya yang minimalis, bobot yang ringan, fitur yang praktis, dan serbaguna, membuat kompor portable ini mudah dibawa kemana-mana.

Hal itu menjadikan kompor portable sebagai pilihan memasak yang praktis serta cara menggunakan kompor gas portable terbilang cukup mudah. Biasanya penggunaan kompor portable untuk camping, hiking, travel, aktivitas di luar ruangan, atau yang sering kita jumpai di restoran dengan konsep all you can eat yang menggunakan konsep memasak sendiri.

Saat ini, tidak bisa dipungkiri bahwa kompor portable digunakan dalam berbagai aktivitas baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Karena mudah digunakan, kompor portable menjadi pelengkap dapur di segala aktivitas.

Cara menggunakan kompor gas portable yang terbilang mudah belum tentu mudah dilakukan. Bagi kamu yang baru mempunyai kompor jenis ini atau ingin punya tapi masih bingung dan khawatir bagaimana cara menggunakan kompor gas portable, simak artikel dibawah ini.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk mengetahui cara menggunakan kompor gas portable yang baik dan aman, karena cara menggunakan kompor gas portable ini berbeda dengan kompor gas lainnya. Berikut cara menggunakan kompor gas portable agar lebih mudah, aman, dan optimal digunakan, yang bisa dipraktikkan di semua aktivitas dapur tanpa khawatir lagi.

Cara Menggunakan Kompor Gas Portable

Pastikan kamu mengetahui cara menggunakan kompor gas portable dengan benar

1. Persiapkan kompor portable dan gas portable

Cara menggunakan kompor gas portable yang pertama adalah kamu perlu menyiapkan kompor portable dan gas portable untuk memasak.

2. Gunakan di area terbuka dan berventilasi baik.

Kompor portabel harus digunakan di area terbuka yang berventilasi baik untuk mencegah pengumpulan senyawa gas di dalam ruangan dan menimbulkan resiko terjadinya hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, pastikan untuk meletakan di tempat yang tidak tertutup supaya aman.

3. Jauhkan dari bahan mudah terbakar

Cara menggunakan kompor gas portable berikutnya menjauhkan dari bahan yang mudah terbakar. Selain meletakkan kompor portable di ruang terbuka yang berventilasi baik, pastikan juga tidak ada bahan yang mudah terbakar di dekat kompor portabel, hal ini bertujuan untuk meminimalkan risiko kebakaran kecil di dapur saat memasak.

4. Buka katup tempat penyimpanan gas portable

Setelah memastikan semua cara menggunakan kompor gas portable di atas sudah dilakukan dengan benar, langkah selanjutnya dalam menyalakan kompor portable yang adalah memastikan knop penekan gas dan knop pemantik api dalam posisi “off”, kemudian buka katup tempat penyimpanan gas portable.

5. Pasang gas portable

Setelah membuka katup penyimpanan, sesuaikan dan pasang tabung gas pada tempatnya. Jika kompor portable kamu menggunakan tipe lama, selanjutnya lepas penutup tabung gas portable dari tabungnya, pasangkan tabung gas portable ke bagian samping kompor, dan pastikan posisi pemasangan tabung sudah sesuai dengan petunjuk.

6. Tekan knop penekan ke posisi “lock”

Setelah tabung gas portabel terpasang dengan benar dan aman pada area penyimpanan, tutup katup tempat penyimpanan gas portabel. Kemudian pastikan posisi knop penekan dalam posisi “lock”.

Baca Juga : 5 Cara Pemasangan Penghisap Asap Dapur

7. Cek apakah kompor portable mengeluarkan api

Setelah gas portable terpasang dengan benar, cara menggunakan kompor gas portable selanjutnya adalah mengecek apakah kompor portable dapat menyala. Jika kompor portabel kamu memiliki keran gas untuk mengatur nyala api, putar keran gas tersebut hingga terdengar suara gas. Kemudian lanjutkan dengan memutar atau menekan pemantik kompor portabel.

8. Pakai kompor sesuai keperluan dan siap untuk memasak

Setelah mengikuti semua tata cara menggunakan kompor gas portable, kamu bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan. Ketika kamu selesai menggunakan kompor portabel, ingatlah untuk memutar atau menekan kembali kran gas pada kompor portable, hal ini bertujuan agar mematikan saluran gas sehingga kompor portable tidak menyala kembali.

Baca Juga : Nama Bagian Kompor Gas, Yuk Kenali!

Bagaimana mengenai cara menggunakan kompor gas portable diatas? Mudah, bukan? Jadi kamu tidak perlu khawatir tentang cara menggunakan kompor gas portable dengan benar dan aman. Mengingat kompor portable nyaman dan fleksibel digunakan, artinya banyak orang yang sering menggunakannya dalam berbagai aktivitas sehari-hari. Temukan kompor gas berkualitas dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI di Gascompsuperlock.com.