Gascomp Superlock

DAPATKAN PENAWARAN

Nama Bagian Kompor Gas

Nama Bagian Kompor Gas, Yuk Kenali!

Nama Bagian Kompor Gas, Yuk Kenali! – Kompor gas adalah salah satu peralatan memasak yang paling umum digunakan. Dahulu mungkin banyak yang menggunakan kompor minyak tanah, akan tetapi saat ini sudah banyak yang beralih menggunakan kompor gas.

Terdapat dua jenis kompor gas yaitu portable dan tanam. Kompor gas portable adalah kompor yang bisa dipindah-pindahkan, sedangkan kompor gas tanam adalah kompor yang ditanam pada meja kompor yang tidak dapat dipindahkan.

Kompor gas portable dan kompor tanam terdiri dari beberapa bagian sebagai satu kesatuan yang saling terkait satu sama lain tetapi memiliki fungsi yang berbeda.

Mengetahui komponen atau nama bagian kompor gas akan membantu kamu jika mengalami masalah dan ingin bagian tersebut diperbaiki atau diganti.

Dengan begitu, setidaknya kamu tidak akan kesulitan menyebut nama bagian kompor gas ketika ingin membeli atau mencari informasi terkait perbaikan komponen kompor gas yang rusak.

Nama Bagian Kompor Gas

Di bawah ini terdapat nama-nama bagian kompor gas portable dan tanam beserta fungsinya.

1. Body Kompor

Nama bagian kompor gas yang pertama adalah body kompor. Body kompor merupakan bentuk atau badan kompor yang berfungsi sebagai penopang serta tempat bagian-bagian kompor lainnya.

2. Front Panel

Nama bagian kompor gas selanjutnya adalah front panel. Front panel merupakan bagian depan badan kompor, digunakan pada kompor gas portabel untuk meletakan knop dan fitur lainnya (jika ada).

Bagian ini biasanya terdapat merek dan seri kompor. Sedangkan kompor tanam biasanya tidak memiliki front panel, karena kompor tanam hanya menampilkan bagian atas saja.

3. Top Plate

Nama bagian kompor gas berikutnya yaitu top plate. Top plate adalah bagian atas badan kompor. Untuk kompor portabel, komponen ini bisa dibuka dan ditutup yang berfungsi untuk memudahkan membersihkan mesin dan bagian dalam kompor.

4. Pan Suport

Nama bagian kompor gas yang keempat adalah pan support. Pan support merupakan area perapian yang berfungsi sebagai penyangga wadah memasak.

5. Burner Head

Burner adalah nama bagian kompor gas yang berfungsi sebagai alat pertemuan gas dan oksigen untuk menghasilkan nyala api, sedangkan burner head adalah tutup burner atau tutup tungku. Api biasanya keluar melalui lubang kecil atau sisi samping pada permukaan burner head.

Bentuk burner head pada umumnya bulat seperti donat dengan beberapa lubang kecil di permukaannya, dan sisi sampingnya didesain seperti cerobong asap sebagai jalan keluarnya api. Desain burner bervariasi dan biasanya memiliki permukaan yang berbeda di bagian atas dan samping.

Jenis kompor yang berbeda memiliki desain burner head yang berbeda juga. Desain head burner yang berbeda menghasilkan jenis api yang berbeda pula.

6. Simmer Burner

Simmer burner adalah tungku kecil yang berada di tengah-tengah burner, namun tidak semua kompor gas memiliki komponen ini. Simmer burner biasanya berfungsi sebagai tempat keluarnya jenis api lilin yang digunakan untuk memanaskan makanan. Simmer burner dapat dilepas dan diganti dengan cara yang sama seperti burner head.

Baca Juga : Cara Menggunakan Kompor Gas Portable Yang Aman

7. Sealed Burner

Nama bagian kompor gas berikutnya adalah sealed burner. Komponen ini berfungsi untuk mencegah masuknya kotoran dan tumpahan makanan ke dalam bodi kompor.

8. Grilling Burner

Nama bagian kompor gas selanjutnya yaitu grilling burner yang berfungsi sebagai tempat untuk memanggang makanan, namun tidak semua kompor gas dilengkapi dengan pemanggang.

9. Pematik Api (mesin kompor)

Pematik api terletak di dalam badan kompor yang berfungsi sebagai alat yang menyalurkan gas ke burner, penghubung antara knop dan burner, serta sebagai pemantik api.

10. Knob

Knob adalah alat atau tombol untuk menghidupkan atau mematikan kompor gas. Untuk kompor gas portable, umumnya terletak di body kompor bagian depan, sedangkan untuk kompor gas tanam, letaknya di body kompor bagian atas.

Baca Juga : Kelebihan Kompor Gas, Ketahui Sebelum Membeli

11. Rubber Leg

Nama bagian kompor gas yang terakhir adalah rubber leg. Bagian kompor gas ini berfungsi untuk menopang badan kompor dan mencegah kompor tergelincir.

Demikian penjelasan tentang beberapa nama bagian kompor gas portable dan tanam beserta fungsinya. Semoga bermanfaat. Temukan kompor gas berkualitas dan regulator gas terbaik yang sudah standar SNI di Gascompsuperlock.com.